5 Penyerang Terbaik di Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 22 Desember 2022
5 Penyerang Terbaik di Piala Dunia 2022
Kylian Mbappe dan Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Dinanti empat tahun dan hanya dalam kurun waktu enam pekan berakhir. Ya, itulah event empat tahunan dalam kalender FIFA yakni Piala Dunia dan Piala Dunia tahun ini baru-baru ini berakhir di Qatar.

Banyak drama dan kejutan yang terjadi, dengan klimaks berakhirnya penantian gelar Piala Dunia Argentina sejak 1986 (32 tahun lalu) dan jadi titel dunia ketiga mereka. Argentina menang 4-2 di final via drama adu penalti lawan Prancis setelah laga berakhir imbang 3-3.

Piala Dunia 2022 Qatar unik dan akan selalu diingat karena dihelat di waktu yang tidak lazim, yakni pada Desember yang seyogyanya adalah agenda liga-liga top Eropa bergulir. Sederhananya, Piala Dunia dimainkan di kala musim tengah berlangsung (tentu saja liga memasuki jeda kala Piala Dunia dihelat).

Baca Juga:

Tiba di Argentina, Lionel Messi Cs Disambut Lautan Manusia

5 Gelandang Terbaik Piala Dunia 2022

Tidak ke Final Piala Dunia 2022, Timnas Maroko Tetap Juara di Hati Rakyat

Setiap pemain menampilkan performa terbaik di Piala Dunia dan satu posisi yang jadi sorotan adalah penyerang, dengan tugas mencetak gol. Siapa saja penyerang-penyerang terbaik selama Piala Dunia 2022?

1. Kylian Mbappe

Mencetak delapan gol dan jadi top skorer Piala Dunia 2022 hingga menerima penghargaan Sepatu Emas. Catatan itu spesial karena Mbappe juga menorehkan hat-trick gol di final dan jadi pemain pertama yang melakukannya dalam sejarah 92 tahun Piala Dunia.

Total Mbappe sudah 14 kali bermain di Piala Dunia dan memiliki catatan 12 gol serta dua assists. Layak diingat usianya baru 23 tahun dan ia sudah memenangi Piala Dunia pada 2018 di Rusia.

Catatan statistik itu seyogyanya sudah memperlihatkan kualitas penyerang PSG. Mbappe cepat, lincah, dan memiliki naluri mencetak gol tinggi. Sudah sewajarnya ia disegani lini belakang lawan.

2. Lionel Messi

Tidak lagi muda tapi menyempurnakan kariernya dengan trofi Piala Dunia pada usia 35 tahun. Lionel Messi kelak akan pensiun dengan tenang karena sudah meraih segalanya termasuk Liga Champions, LaLiga, Ligue 1, dan tujuh Ballon d'Or.

La Pulga berposisi sebagai penyerang sayap tapi seiring bertambahnya usia, permainannya berubah dan lebih aktif sebagai gelandang serang. Visi bermain, kualitas teknik masih dimiliki Messi, begitu juga dengan kemampuan menyelesaikan peluang.

3. Olivier Giroud

Enam penampilan dan mencetak empat gol di Piala Dunia 2022 dengan timnas Prancis. Olivier Giroud mematenkan tempatnya sebagai top skorer sepanjang masa Prancis, melewati Thierry Henry, dan ia melakukannya di usia 36 tahun.

Giroud tidak selincah atau punya kualitas teknik seperti Henry, atau pergerakan seperti Karim Benzema, tapi ia penyerang klasik nomor 9 yang selalu ada di kotak penalti lawan dan siap menerima bola dari rekan setim (target man).

Tidak hanya membantu rekan setim bergerak Giroud juga bisa mencetak gol jika ada peluang.

4. Julian Alvarez

Kartu AS bagi timnas Argentina di lini depan. Pergerakan bagus Alvarez dengan atau tanpa bola memudahkan Messi bergerak bebas, apalagi Alvarez juga mengombinasikannya dengan etos kerja bagus dan kemampuan merebut bola.

Empat gol ditorehkannya di Piala Dunia 2022 dari tujuh penampilan. Baru berumur 22 tahun, Julian Alvarez sudah ada dalam sejarah emas kesuksesan Argentina juara Copa America dan Piala Dunia. Masa depan striker Manchester City sangat cerah.

5. Cody Gakpo

Belanda tidak punya penyerang handal seperti Ruud van Nistelrooy, Marco van Basten, Robin van Persie, Dennis Bergkamp, atau Ruud Gullit, tetapi di Piala Dunia 2022 mereka punya penyerang serba bisa yakni Cody Gakpo.

Penyerang berusia 23 tahun menorehkan tiga gol dari lima laga dan mencetak tiga gol tersebut dengan kaki kiri, kanan, dan tandukkan kepala. Louis van Gaal menempatkannya sebagai penyerang tengah dan Gakpo berkembang dalam membaca permainan di posisi tersebut.

Pemain PSV Eindhoven sedianya penyerang sayap tapi kini ia juga dapat bermain sebagai penyerang tengah. Kabarnya ia diburu Manchester United yang tengah mencari pengganti Cristiano Ronaldo.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Kylian Mbappe Messi Lionel Messi Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan