BolaSkor.com - Adil atau tidak, sektor penyerang selalu lebih memantik atensi ketimbang posisi lainnya. Anggapannya, seorang striker adalah penentu dari hasil pertandingan. Padahal posisi lainnya seperti gelandang, bek bahkan kiper memiliki peran yang tak kalah penting daripada ujung tombak.

Selama sejarah sepak bola, telah lahir beberapa penyerang hebat yang tidak hanya mampu mencetak gol namun juga memiliki sederet gelar baik di level klub, negara maupun individu.

Mereka seolah-olah menjadi jawaban dari mimpi para suporter yang menginginkan timnya memenangi pertandingan. Dengan tendangan, sundulan, atau sekedar sentuhan bagian tubuh lainnya, bola berhasil dimasukkan ke dalam gawang dan suara gemuruh pun terdengar dari tribun.

Sangat sulit untuk mengurutkan lima penyerang terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Setiap penyerang memiliki kemampuan dan gaya permainan yang berbeda-beda. Namun, jika dianalisis lebih mendalam dengan memasukkan faktor gol dan torehan gelar, akan tersaring lima penyerang terbaik seperti berikut ini:

5. Ronaldo Luis Nazario de Lima

Ronaldo Luis Nazario de Lima (Sportskeeda)

Ronaldo adalah satu di antara penyerang terbaik sepanjang masa. Pada masa jayanya, Ronaldo menyabet tiga gelar pemain terbaik dunia FIFA dan dua trofi Ballon d'Or.

Ketika seorang pemain pernah membela Real Madrid, Barcelona, Inter Milan dan AC Milan, Anda pasti sudah dapat memperkirakan kemampuan dan kelebihannya. Ronaldo dikenal sebagai The Phenomenon yang memiliki kecepatan, akselerasi, dribel cepat dan penyelesaian akhir yang mematikan.

Bahkan, mantang penggawa Atletico Madrid dan Manchester United, Quinton Fortune, menilai Ronaldo adalah pemain terbaik yang pernah dilihatnya.

"Dia adalah bentuk dari kesempurnaan fisik dan tampak seperti sosok mistis. Saya menyukai Lionel Messi dan berkali-kali bermain bersama Cristiano Ronaldo, adapun Neymar dan Ronaldinho sangat luar biasa. Namun, jika Anda melihat mereka secara bersamaan, munkin Anda akan menempatkan Ronaldo pada musim 1996-1997 pada tempat teratas," ujar Fortune.

Akan tetapi, puncak karier Ronaldo harus terganggu dengan cedera. Ia mengalami dua cedera parah pada 1999 dan 2000. Setelah cedera tersebut, Ronaldo tidak terpuruk. Bahkan, sang pemain mampu membawa Brasil memenangi Piala Dunia 2002.

"Ada dua Ronaldo. Pertama, setelah kembali dari cedera jangka panjang pada 2002 dan tetap mencetak gol, namun versi terbaiknya adalah pada era 1990-an. Ketika itu, Ronaldo berada pada masa puncak di PSV, Barcelona dan Inter Milan. Bisa dibilang, dia adalah penyerang paling berbahaya yang pernah ada," kata Rob Smyth dari The Guardian.