BolaSkor.com - Perseteruan antar pemain dalam sebuah pertandingan sepak bola merupakan hal yang jamak terjadi. Namun masalah serupa juga sering terjadi dalam sebuah sesi latihan.

Salah satu contoh terbaru menimpa skuat Arsenal. Dani Ceballos dan David Luiz dikabarkan saling adu jotos saat menjalani game internal.

Luiz dikabarkan tak senang dengan perilaku Ceballos yang bermain keras cenderung kasar saat latihan. Sebagai pemain yang lebih senior, ia pun menegur gelandang berkebangsaan Spanyol tersebut.

Baca Juga:

3 Hal yang Bisa Diraih Guardiola hingga Akhir Kontrak

5 Transfer Terbaik Pep Guardiola di Manchester City

5 Fakta yang Jarang Diketahui soal Pelatih Spesialis Liga Europa, Unai Emery

Entah siapa yang memulai, kedua pemain justru berkelahi di lapangan. Akibat insiden tersebut, Ceballos dikabarkan mengalami luka di hidungnya.

Perseteruan antar rekan setim sebenarnya tidak boleh terjadi. Hal ini bisa berdampak dengan kesolidan satu tim keseluruhan.

Namun hal ini juga bisa dimaklumi karena para pemain berasal dari negara dan budaya yang berbeda-beda. Adanya perbedaan sifat atau karakter merupakan hal yang normal.

Selain Ceballos dan Luiz, dunia sepak bola juga pernah digemparkan oleh perseteruan para pemain bintang lain dalam sesi latihan. Berikut lima di antaranya yang paling terkenal:

1. Freddie Ljungberg vs Olof Mellberg (Timnas Swedia, 2002)

Olof Mellberg dan Freddie Ljungberg

Persiapan Timnas Swedia menuju Piala Dunia 2002 terganggu dengan perkelahian dua bintang utamanya kali itu, Freddie Ljungberg dan Olof Mellberg. Keduanya saling pukul dalam sebuah sesi latihan terbuka jelang turnamen.

Insiden berawal dari tekel berbahaya Mellberg kepada Ljungberg, Pemain yang saat itu tengah bersinar bersama Arsenal tak teruma dan mencengkram leher rekan setimnya tersebut.

Kedua pemain kemudian bergelut hingga berguling-guling di lapangan sebelum dipisahkan oleh rekan setimnya yang lain. Swedia sendiri melaju hingga babak 16 besar pada turnamen yang berlangsung di Korea Selatan dan Jepang tersebut.


2. Joey Barton vs Ousmane Dabo (Manchester City 2007)

Joey Barton

Reputasi Joey Barton sebagai tukang bikin onar tak perlu diragukan. Sejumlah pemain baik kawan maupun lawan pernah terlibat konfrontasi dengannya.

Salah satu yang paling terkenal tentu perkelahian Barton dengan Ousmane Dabo. Momen itu terjadi dalam sebuah sesi latihan Manchester City pada Mei 2007.

Akibat insiden tersebut, Dabo harus dilarikan ke rumah sakit. Sementara Barton diperiksa oleh kepolisian setempat.

Sebulan pasca insiden, Barton pergi dari Manchester City menuju Newcastle United. Sebelumnya, ia juga dijatuhi hukuman denda yang cukup besar meski terhindar dari hukuman penjara karena mengaku bersalah.


3. Mario Balotelli Vs Micah Richards (Manchester City, Desember 2011)

Micah Richards dan Mario Balotelli

Saat memperkuat Manchester City pada periode 2010 hingga 2013, Mario Balotelli gemar bikin ulah. Salah satu yang paling diingat tentu perseteruannya dengan Micah Richards dalam sebuah sesi latihan pada Desember 2011.

Balotelli dan Richards beradu mulut yang berujung perkelahian. Para pemain Manchester City lain kesulitan melerai keduanya.

Kabarnya insiden tersebut berawal dari ulah Balotelli yang menghina Richards. Namun hubungan keduanya kembali membaik tak lama kemudian.


4. Zlatan Ibrahimovic vs Oguchi Onyewu (AC Milan, November 2010)

Zlatan Ibrahimovic dan Oguchi Onyewu

Sebuah sesi latihan AC Milan pada November 2010 berubah menjadi panggung adu jotos yang melibatkan Zlatan Ibrahimovic. Penyerang berkebangsaan Swedia itu berseteru dengan rekan setimnya, Oguchi Onyewu.

Perseteruan kedua pemain ini dikenal sebagai salah satu yang terpanas. Ibrahimovic dan Onyewu benar-benar saling baku pukul secara intens hingga akhirnya dilerai oleh pemain Milan yang lain.

Dalam buku biografinya, Ibrahimovic mengaku terpancing dengan hinaan Onyewu. Ia kemudian melakukan tekel brutal yang menjadi pemicu perkelahian.

Ibra menyebut perkelahian dirinya dengan Onyewu layaknya duel hidup mati. Akibat insiden tersebut, beberapa tulang rusuknya juga patah.


5. Neymar vs Nelson Semedo (Barcelona, Juli 2017)

Perseteruan Neymar dan Nelson Semedo

Sebelum meninggalkan Barcelona pada musim panas 2017, Neymar sempat terlibat perseteruan dengan rekan setimnya, Nelson Semedo. Momen itu terjadi dalam sebuah sesi latihan pramusim di sela-sela turnamen International Championship Cup.

Perseteruan keduanya berawal dari tekel keras Semedo kepada Neymar. Bintang asal Brasil itu lalu marah dan terlibat adu mulut yang cukup sengit.

Para pemain lain kemudian mencoba melerai. Namun Neymar tetap ngotot meminta penjelasan dari Semedo dengan berteriak.

Perseteruan keduanya berakhir usai Neymar meninggalkan sesi latihan dengan raut muka yang masih emosi. Beberapa hari kemudian, mantan pemain Santos itu hengkang ke Paris Saint-Germain dengan memecahkan rekor transfer dunia.