5 Pertandingan Paling Seru Barcelona Vs PSG di Eropa

Arief HadiArief Hadi - Senin, 15 Februari 2021
5 Pertandingan Paling Seru Barcelona Vs PSG di Eropa
Barcelona kontra PSG di Final UEFA Cup Winners' Cup 1996-1997 (Twitter)

BolaSkor.com - Salah satu hasil undian 16 besar Liga Champions 2020-2021 mempertemukan Barcelona kontra PSG. Blaugrana akan terlebih dahulu jadi tuan rumah di leg satu (17/02) dini hari WIB, sebelum gantian PSG menjamu Barca di Les Parisiens pada leg dua (11/03) dini hari WIB.

Di atas kertas dari segi kualitas individu dari kedua skuad laga PSG vs Barcelona berimbang. Barcelona punya megabintang peraih enam Ballon d'Or Lionel Messi, sementara PSG punya Neymar, Kylian Mbappe, dan Angel Di Maria.

Nama-nama bintang bercokol di PSG namun dari sisi sejarah di Eropa, PSG adalah 'tim kecil' jika dibandingkan dengan sejarah besar Barcelona.

Baca Juga:

Neymar Terancam Batal Reuni dengan Barcelona di Camp Nou

Jelang Hadapi Barcelona, Pochettino Redam Spekulasi Masa Depan Messi

Asam dan Manis, Debut Ilaix Moriba Bersama Barcelona

Ketika Barcelona membangun popularitas melalui tradisi dan budaya La Masia serta sepak bola ofensif, PSG membangun skuad dengan kekuatan finansial pemilik klub, mencari kesuksesan instan dengan mengoleksi bintang.

Dalam beberapa musim terakhir Barca juga melenceng ke jalur itu kala merekrut Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, dan Antoine Griezmann, tetapi budaya La Masia masih ada saat ini di era Ronald Koeman.

Barcelona dan PSG cukup sering bertemu di Eropa. Kali ini BolaSkor.com akan menjabarkan lima pertemuan paling seru Barcelona vs PSG di Eropa, berikut ulasannya:

1. PSG 2-1 Barcelona - Perempat Final Liga Champions 1994-1995

George Weah di laga PSG vs Barcelona

Pertemuan pertama Barcelona dengan PSG di Eropa. Barcelona imbang 1-1 kontra PSG di Camp Nou pada leg pertama, lalu di leg kedua membayar mahal kegagalan memaksimalkan laga kandang tersebut.

PSG besutan Luis Fernandez mengejutkan sepak bola Eropa dengan mengalahkan Barca, dengan dream team mereka di bawah arahan Johann Cruyff.

PSG menang 2-1 atas Barcelona yang berisikan pemain seperti Pep Guardiola, Ronald Koeman, Txiki Begiristain, Gheorghe Hagi, Romario, dan Hristo Stoichkov. Dua gol PSG dicetak Rai dan Vincent Guerin yang dibalas Bakero, PSG menang agregat gol 3-2.

PSG melaju ke semifinal tapi langkah mereka dihentikan oleh AC Milan. PSG tak dapat mencetak gol dan kalah agregat gol total 0-3 dari Il Rossoneri.

2. Barcelona 1-0 PSG - Final UEFA Cup Winners' Cup 1996-1997

Barcelona juara UEFA Cup Winner's Cup

Final UEFA Cup Winner's Cup atau Piala Winner UEFA. Barcelona menantang PSG di final yang berlangsung di Feijenoord Stadion, Rotterdam pada 14 Mei 1997. Barcelona dibesut pelatih dari Inggris Bobby Robson, PSG oleh pelatih dari Brasil Ricardo Gomes.

Barcelona mengobati luka dua tahun silam di Belanda. Satu gol tunggal kemenangan Barca yang masih diperkuat Guardiola itu dicetak oleh Ronaldo di menit 38 (penalti). Gol dari Ronaldo (bukan Cristiano Ronaldo) jadi pembeda laga.

Barcelona juga memiliki nama-nama baru dalam skuadnya seperti Vitor Baia, Fernando Couto, Luis Figo, Ronaldo, Ivan de la Pena, dan Luis Enrique.

3. PSG 2-2 Barcelona - Perempat Final Liga Champions 2012-2013

PSG 2-2 Barcelona

Era baru sepak bola modern. PSG sudah berbeda dari masa lalu dan sudah memiliki bintang-bintang di dalam skuadnya, dibesut oleh Carlo Ancelotti. Barcelona juga mengalami peralihan dari era keemasan Pep Guardiola dan dilatih (mendiang) Tito Villanova.

Akan tapi Barca masih memiliki pengalaman besar dalam skuadnya dengan pemain seperti Messi, Xavi, Andres Iniesta, Dani Alves, Sergio Busquets, melawan PSG yang isinya Zlatan Ibrahimovic, David Beckham, Thiago Silva.

Leg satu di Paris ini berlangsung ketat. Barca memberikan perlawanan sengit dan mencetak dua gol dari Messi dan Xavi, sedangkan dua gol PSG dicetak Ibrahimovic dan Blaise Matuidi. Skor 2-2 dan Barca punya agresivitas gol tandang.

Pada leg kedua PSG mencetak satu gol tapi begitu juga dengan Barcelona. Skor berakhir 1-1 dan Barca lolos dengan agresivitas gol tandang dalam agregat 3-3.

4. PSG 3-2 Barcelona - Fase Grup Liga Champions 2014-2015

PSG menang 3-2 atas Barcelona di Parc des Princess

Kali ini situasinya berbeda dan tidak ditentukan dengan sistem dua leg di fase gugur, sebab Barcelona dan PSG bertemu di fase grup Liga Champions. PSG memulai laga grup melawan Barcelona dengan awalan yang bagus di Parc des Princess.

Disaksikan Beckham dengan dua penyanyi kondang, Jay-Z dan Beyonce di dalam stadion, PSG bak kumpulan all stars yang memenangi laga dengan skor 3-2 atas Barcelona.

David Luiz, Marco Verratti, dan Matuidi jadi pencetak gol PSG, dibalas oleh Messi dan Neymar (nama yang kemudian jadi pemain PSG). Selepas itu di Camp Nou laga berakhir imbang 1-1 dan keduanya lolos ke-16 besar Liga Champions.

5. Barcelona 6-1 PSG - Perempat Final Liga Champions 2016-2017

Remontada di Camp Nou

Salah satu remontada atau comeback terbaik di Eropa. Barcelona dilumat PSG 0-4 di leg satu yang berlangsung di Paris. Harapan lolos seolah sudah tertutup bagi Barca karena mereka harus mencetak lima gol untuk lolos di leg dua.

Akan tapi Barca ada dalam kategori salah satu tim yang dapat melakukan momen keajaiban tersebut. Dengan dukungan suporter di Camp Nou, Barcelona terus mencetak gol dan pada akhirnya menang dengan skor 6-1.

Luis Suarez, Layvin Kurzawa (gol bunuh diri), Messi, Neymar (dua gol), Sergi Roberto adalah nama pencetak gol di pertandingan ikonik itu, sementara satu gol tunggal PSG datang dari Edinson Cavani. PSG tersingkir dengan agregat gol 5-6 ketika sudah unggul di leg pertama.

Breaking News Liga Champions Trivia Sepak Bola Barcelona FC Barcelona PSG
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan