5 Pertemuan Jose Mourinho Melawan Mantan Klub, Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 04 Februari 2021
5 Pertemuan Jose Mourinho Melawan Mantan Klub, Chelsea
Jose Mourinho sudah 13 kali melawan Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Tottenham Hotspur akan memainkan Derby London melawan Chelsea di Tottenham Hotspur Stadium, Jumat (05/02) pukul 03.00 dini hari WIB pada pekan 22 Premier League. Jose Mourinho kembali berjumpa melawan mantan klubnya.

Performa Tottenham tengah menurun belakangan ini setelah sempat berada di empat besar dan jadi kuda hitam persaingan titel Premier League. Cedera yang baru-baru ini menimpa Harry Kane juga menambah masalah Tottenham.

Derby London nanti semakin menarik karena kedua tim mengoleksi poin yang sama (33 poin) dan ada di urutan enam serta tujuh klasemen, Chelsea memainkan satu laga lebih banyak ketimbang Tottenham.

Baca Juga:

Ikut Bersimpati, Jose Mourinho Berikan Pesan Menohok untuk Lampard

Rekor Kemenangan Terbesar dan Jumlah Gol Terbanyak di Premier League

3 Alternatif Taktik Tottenham untuk Melawan Chelsea Tanpa Harry Kane

Pertemuan melawan Chelsea sebagai lawan bukan kali ini saja terjadi kepada Mourinho, sosok yang pernah melatih The Blues selama dua periode (2004-2007 dan 2013-2015).

Total Mourinho sudah bertemu 13 kali melawan Chelsea dan rekornya tidak cukup bagus: hanya lima kali meraih kemenangan. Di antara laga-laga tersebut BolaSkor.com akan memilih lima laga yang cukup berkesan. Berikut ulasannya:

1. Inter 2-1 Chelsea (Liga Champions 2010)

Inter 2-1 Chelsea

Tahun bersejarah Inter Milan yang meraih treble winners di bawah arahan Jose Mourinho. Mourinho untuk kali pertama bertemu mantan timnya dan menang dengan skor 2-1 atas Chelsea yang diasuh Carlo Ancelotti.

Dua gol Inter di Giuseppe Meazza dicetak oleh Diego Milito dan Esteban Cambiasso, diperkecil oleh gol Salomon Kalou di menit 51. Hasil itu menambah keyakinan Inter hingga akhirnya menang 1-0 di leg dua 16 besar yang berlangsung di Stamford Bridge.

Kala itu Inter memang tak terbendung dengan pemain-pemain top seperti Wesley Sneijder, Esteban Cambiasso, Samuel Eto'o, Milito, Lucio, Maicon, dan Julio Cesar. Pada akhirnya Inter ke final dan menaklukkan Bayern Munchen dengan skor 2-0.

2. Chelsea 4-0 Man United (Premier League 2016)

Chelsea 4-0 Man United

Bukan salah satu hasil laga yang layak diingat Jose Mourinho. Datang ke Stamford Bridge sebagai manajer Man United, Mourinho harus menerima kenyataan pahit timnya dibantai mantan klub yang masih dilatihnya di tahun sebelumnya.

Red Devils kalah 0-4 dari gol yang dicetak Pedro, Gary Cahill, Eden Hazard, dan N'Golo Kante. Itu jadi penanda era baru Chelsea di bawah arahan Antonio Conte dan tiga bek andalannya.

3. Man United 0-1 Chelsea (Final Piala FA 2018)

Chelsea 1-0 Man United

Panggung sudah tersaji di Wembley untuk final Piala FA di antara dua tim besar Premier League, Manchester United dan Chelsea. Pertandingan berjalan ketat mengingat Conte dan Mourinho bukan pelatih yang terkenal dengan sepak bola menghibur mereka.

Laga berakhir 1-0 untuk kemenangan Chelsea dan cukup satu gol dari Eden Hazard via penalti di menit 22 jadi pembeda hasil akhir laga. Adanya Marcus Rashford, Alexis Sanchez, Romelu Lukaku, Anthony Martial, dan Paul Pogba tak mampu memecah kebuntuan MU.

Ironisnya itu jadi titel terakhir yang dipersembahkan Conte sebelum digantikan Maurizio Sarri di musim berikutnya. Conte dipecat dan disinyalir manajemen melakukannya karena sang pelatih terus mengkritik kebijakan klub dalam merekrut pemain.

4. Tottenham 2-0 Chelsea (Premier League)

Chelsea 2-0 Tottenham

Mourinho kini melatih Tottenham menggantikan Mauricio Pochettino dan Chelsea dilatih Frank Lampard, legenda klub sekaligus mantan anak asuh Mourinho. Reuni keduanya sebagai pelatih di area teknik jadi sorotan publik.

Sayangnya Mourinho tak punya banyak waktu menanamkan filosofi sepak bolanya hingga Spurs kalah 0-2 dari dua gol Willian (12' 45+4') dan Son Heung-min menerima kartu merah di menit 62.

Di pertemuan kedua pada Februari lagi-lagi Mourinho kalah dari muridnya itu dengan skor 1-2 di Stamford Bridge, melalui gol Marcos Alonso dan Olivier Giroud.

5. Tottenham 1-1 Chelsea (Piala Liga)

Chelsea 1-1 Tottenham

Berlangsung di musim ini pada putaran empat Piala Liga. Baik Tottenham dan Chelsea merotasi skuad di tengah jadwal padat dan situasi pandemi virus corona. Laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal.

Pertandingan berlanjut ke drama adu penalti dan Tottenham menang dengan skor 6-5. Pada akhirnya Tottenham arahan Mourinho mengalahkan Chelsea meski harus melewati drama adu penalti.

Breaking News Chelsea Tottenham Tottenham Hotspur Premier League Jose Mourinho Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan