BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memberikan poin penting terkait penyelenggaraan kompetisi profesional di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Zainudin mengundang tiga cabang olahraga (cabor) yang memiliki kompetisi profesional.

Menpora mengundang Ketua Umum sejumlah induk olahraga, yaitu KONI, NOC/KOI, FORMI, PSSI (sepak bola), PBVSI (voli), PERBASI (basket), LIB (liga sepak bola), ProLiga (liga voli), dan IBL (liga basket).

Kegiatan tersebut berlangsung di lantai 10 Gedung Kemenpora RI. Acara dimulai pukul 15.00 WIB dan berlangsung selama kurang lebih tiga jam.

Setelah acara selesai, Zainudin menyampaikan lima poin untuk ketiga cabor yang memiliki kompetisi profesional. Kelima poin tersebut merupakan hasil diskusi selama kurang lebih tiga jam.

Baca Juga:

Menpora dan MenPUPR Akan Ikut FIFA Tinjau Venue Piala Dunia U-20 2021

Terkait Virus Corona, Menpora Serahkan Semua ke Masing-masing Cabor

“Pertama adalah memperhatikan pernyataan WHO tentang penyebaran virus corona covid 19 yamg telah menjadi pedemi dan perkembangan virus corona di tanah air telah meluas,” ujar Zainudin.

“Selanjutnya adalah Kemenpora mengimbau kepada masyarakat tetap aktif walaupun ada penyebaran virus, aktivitas secara fisik, berolahraga, silakan dilanjutkan. Demi menjaga keselamatan umum, Kemenpora mengimbau kegiatan yang melibatkan orang banyak disarankan memperhatian situasi di tempat kegiatan.”

“Selanjutnya, kebijakan tentang keberlangsungan kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan baik di dalam maupun luar negeri diserahkan ke induk olahraga masing-masing. Kemenkes dan Kemenpora bersama dengan stakeholder olahraga akan segera merumuskan protokol penanganan corona,” lanjut Zainudin.

Dengan demikian, Menpora tidak memberikan larangan kompetisi profesional berhenti. Seluruh keputusan diserahkan kepada induk organisasi masing-masing.