5 Protokol Premier League pada Hari Pertandingan yang Patut Diketahui

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 12 Juni 2020
5 Protokol Premier League pada Hari Pertandingan yang Patut Diketahui
Premier League (Twitter)

BolaSkor.com - Protokol kesehatan telah disusun Premier League jelang bergulir kembali pada 17 Juni mendatang. Menariknya, beberapa aturan pada hari pertandingan berbeda dengan yang diterapkan Bundesliga.

Seperti diketahui, Bundesliga merupakan kompetisi elite Eropa pertama yang bergulir kembali di tengah pandemi virus corona. Hal itu bisa terjadi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Protokol ini mengatur berbagai aturan baik saat latihan, pertandingan hingga ketika berada di rumah. Semua pihak yang terlibat wajib menjalankannya tanpa terkecuali.

Baca Juga:

Klub Premier League Siapkan Jersey Khusus untuk Apresiasi Tenaga Medis dan Kampanye Anti Rasisme

Anthony Taylor, Wasit Kelahiran Manchester Pimpin Laga Man City Vs Arsenal

Mikel Arteta Semringah Arsenal Hadapi Manchester City Tanpa Penonton

Tak heran banyak liga lain yang meniru protokol kesehatan Bundesliga. Terbukti, langkah serupa diikuti oleh liga elite lain seperti Premier League, LaLiga, hingga Serie A.

Namun Premier League sedikit memodifikasi protokol saat bertanding. Hal ini dipengaruhi dengan kondisi geografis dan fasilitas yang sedikit berbeda dengan Jerman.

Berikut lima protokol kesehatan Premier League pada hari pertandingan yang patut diketahui:

1. Tidak wajib menggunakan masker

Premier League tidak mewajibkan para pemain dan staf pelatih memakai masker pada hari pertandingan. Hal ini bertolak belakang dengan yang diterapkan Bundesliga.

Saat Bundesliga melakoni comeback, seluruh anggota klub diwajibkan menggunakan masker sejak turun dari bus. Para pemain cadangan juga harus terus memakainya selama pertandingan berlangsung.

Premier League hanya mewajibkan pemakaian masker kepada wasit keempat, Dokter tim, dan fisioterapi. Sementara para pemain hanya diminta menaati aturan physical distancing.

Pemain juga diwajibkan mencuci tangan sebelum dan sesudah pertandingan. Mereka juga dilarang meludah sembarangan.


2. Tidak ada ball boy

Premier League sangat membatasi jumlah orang yang berada di area lapangan. Salah satu caranya adalah meniadakan ball boy atau anak gawang.

Total, area lapangan hanya boleh diisi oleh 110 orang. Jumlah itu sudah termasuk para personel kedua tim yang bertanding.

Peran ball boy sebenarnya cukup penting untuk melancarkan jalannya pertandingan. Sebagai gantinya, Premier League akan mensterilkan pergantian bola.


3. Membagi area stadion ke dalam tiga zona

Pemier League membagi area stadion ke dalam tiga zona warna yaitu merah, amber (oranye kekuningan) dan hijau. Pembagian ini untuk membatasi jumlah orang di masing-masing area

Zona hijau meliputi area luar stadion. Tingkat pengawasan di sini tidak terlalu ketat meski jumlahnya tetap dibatasi.

Sementara zona amber berada di area dalam stadion. Zona ini diisi oleh awak media, dan pejabat klub.

Zona merah merupakan area lapangan yang hanya boleh diisi oleh 110 orang yang terdiri dari para pemain, staf pelatih, perangkat pertandingan, dan kru televisi. Untuk bisa berada di sini, seseorang harus mengantungi hasil tes negatif virus corona.


4. Melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap peralatan pertandingan

Berbagai peralatan seperti bendera sepak pojok, tiang gawang, papan pergantian pemain, hingga bola akan disemprot cairan disinfektan. Aktivitas ini dilakukan sebelum dan sesudah pertandingan.

Khusus untuk papan pergantian pemain dan bola mungkin akan disemprotkan cairan disinfektan setiap habis digunakan. Hal ini juga diterapkan di Bundesliga.


5. Minimalisir menginap di hotel

Klub-klub Premier League yang melakoni laga tandang diminta melakukan perjalanan di hari pertandingan dengan pesawat. Lalu langsung kembali ke kota asalnya setelah pertandingan.

Klub tidak disarankan menginap di hotel. Namun aturan ini hanya berstatus himbauan.

Setiap klub akan tiba di stadion menggunakan lebih dari satu bus demi menjalankan aturan physical distancing. Kedua tim tidak akan keluar bersamaan menuju lapangan seperti yang biasa terlihat.

Premier League Virus Corona Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan