BolaSkor.com - Ada lima perwakilan Asia yang akan bermain di Piala Dunia 2018. Kelima negara itu adalah Arab Saudi, Iran, Australia, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel). Sayang, tidak ada negara yang berasal dari Asia Tenggara (ASEAN).

Semenjak Korsel mencapai semifinal di Piala Dunia 2002, tidak ada lagi negara dari Asia yang melaju sejauh itu. Meski begitu, partisipasi mereka jelas bukan semata sebagai penghibur alias numpang lewat untuk meramaikan persaingan grup. Kelima negara Asia tersebut jelas ingin dapat bertahan selama mungkin.

Menarik untuk dinanti, negara Asia mana yang dapat bertahan paling lama di Piala Dunia 2018. Sebelum melihat kiprah mereka, alangkah baiknya melihat serba-serbi unik mengenai pemain di kelima negara tersebut yang mungkin tidak Anda ketahui.

Anda tidak akan memercayainya. Ada kiper yang benar-benar mengalami kesulitan tingkat tinggi dalam kariernya, sampai dia harus bekerja di tempat cuci mobil. Ada juga pemain yang harus memberi hormat ketika lagu kebangsaan diputar karena mereka terdaftar dalam wajib militer.

Penasaran? Tenang. BolaSkor.com akan memberikan ulasannya kepada Anda. Mengutip dari BBC Sports (14/6), berikut penjabarannya.

1. Yuto Nagatomo

Apa yang Anda ketahui tentang Yuto Nagatomo? Paling tidak hal umum yang diketahui darinya adalah dia pemain Inter Milan. Nagatomo juga telah mengemas 103 caps untuk timnas Jepang dan mencetak gol. Usianya kini telah berumur 31 tahun.

Namun, tahukah Anda, apabila Nagatomo melamar istrinya, Airi Taira, pada tahun 2016 dengan cara yang unik? Tidak banyak yang tahu pastinya (kecuali fans Inter, mungkin). Nagatomo menjadi pemandu tur Taira di Giuseppe Meazza dan melamarnya tepat di tengah lapangan pertandingan. Sungguh romantis.

Piala Dunia 2018 bisa jadi yang terakhir untuknya. Nagatomo akan coba membantu Jepang keluar dari penyisihan grup H yang berisikan Senegal, Kolombia, dan Polandia.