5 Solusi Krisis Bek Tengah Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 25 November 2020
5 Solusi Krisis Bek Tengah Barcelona
Cedera Gerard Pique (Twitter)

BolaSkor.com - Musim yang padat di tengah pandemi virus corona meningkatkan potensi cedera pemain karena kelelahan. Tak heran jika musim ini sudah banyak klub-klub top Eropa yang kekurangan pemain karena badai cedera.

Selain Liverpool dan Real Madrid, FC Barcelona juga merasakannya. Blaugrana tidak hanya dihadapkan pada masalah internal dengan isu tidak betahnya Lionel Messi bertahan, namun juga krisis bek tengah.

Ronald Araujo, Samuel Umtiti, dan teranyar Gerard Pique cedera, menyisakan Clement Lenglet sebagai satu-satunya bek tengah senior yang tersedia. Situasi itu jelas tak ideal karena jika Lenglet juga cedera maka krisis di jantung pertahanan semakin besar.

Baca Juga:

Jadi Cadangan, Antoine Griezmann Tidak Sedang Dihukum Barcelona

Pique Cedera, Barcelona Coret Depay dari Daftar Belanja

Ronald Koeman Beri Kode Barcelona Beli Bek Baru

Situasi tersebut menjadi ujian bagi Ronald Koeman. Akan tapi selalu ada solusi di tiap masalah. Pun demikian BolaSkor.com menuturkan solusi yang dapat digunakan Barcelona untuk mengatasi krisis bek tengah tersebut. Berikut uraiannya:

1. Solusi Darurat: Frenkie de Jong

Frenkie de Jong

Ronald Koeman paling memahami karakteristis Frenkie de Jong dari timnas Belanda. Kontra Dynamo Kyiv di Camp Nou Koeman menempatkan De Jong sebagai bek tengah dan sang pemain cukup bagus memerankannya, meski posisi aslinya gelandang tengah.

Pada awal kariernya di Ajax Amsterdam De Jong memang berperan sebagai bek. Jadi jika Barcelona butuh solusi sementara selagi menunggu kepulihan bek-bek senior lainnya atau bursa transfer musim dingin, mereka bisa memainkan De Jong sementara di posisi bek tengah.

2. Pemain Gratisan

Ezequiel Garay

Tak perlu menanti bursa transfer musim dingin jika Barca ingin bek tengah baru saat ini. Solusi itu bisa datang dari pemain gratisan alias tak memiliki klub (free agents). Ada dua bek tengah berpengalaman dan berkualitas yang dapat coba direkrut Barca saat ini.

Kedua bek itu adalah Ezequiel Garay dan Ashley Williams. Dibanding Williams (36 tahun) yang notabene eks kapten timnas Wales, Garay bisa jadi opsi karena pengetahuannya bermain di LaLiga. Bek asal Argentina sebelumnya bermain di Real Madrid dan Valencia.

3. Saatnya Produk La Masia Beraksi

Oscar Mingueza

Buat apa memiliki salah satu akademi sepak bola terbaik dunia jika klub tak bisa memanfaatkan talenta yang lahir dari sana. La Masia selalu melahirkan talenta-talenta berbakat dan mereka punya Oscar Mingueza untuk posisi bek tengah.

Oscar Mingueza bermain kala Barcelona menang 4-0 atas Dynamo Kyiv di Liga Champions. Itu bisa jadi pertanda bagus bagi bek tengah berusia 21 tahun dengan catatan clean sheets tersebut.

4. Menanti Eric Garcia

Eric Garcia

Sudah dari musim panas 2020 Barcelona berniat memulangkan produk akademi mereka yang bermain di Manchester City, Eric Garcia. Bek tengah berusia 19 tahun juga sudah mengutarakan ingin pulang ke Barcelona.

Man City besutan Pep Guardiola juga tak ingin menahan pemain yang sudah tidak kerasan lagi di klub. Jadi peluang hengkang Eric Garcia ke Barcelona cukup besar terjadi, meski semuanya bergantung kepada Barca untuk menanti Januari 2021.

5. Sabar Menanti Kepulihan Pemain Cedera

Ronald Araujo

Sama saja seperti tidak melakukan apapun. Ya memang benar demikian, tapi Barcelona bisa jadi menantikan kepulihan Araujo atau Umtiti karena Pique baru ini cdedera dan masih butuh waktu pemulihan.

Jika perlahan mereka sembuh dari cedera maka Barcelona bisa lebih tenang bermain, tidak lagi terlalu mengandalkan Clement Lenglet untuk terus bermain di tiap laganya.

Breaking News Barcelona FC Barcelona Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan