5 Sosok Asal Brasil yang Sukses bersama Persija Jakarta

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Senin, 10 Agustus 2020
5 Sosok Asal Brasil yang Sukses bersama Persija Jakarta
Empat sosok Brasil yang ada di Persija Jakarta. (Media Persija)

BolaSkor.com - Brasil merupakan salah satu pemasok pemain terbanyak di dunia, termasuk di Indonesia. Hampir setiap klub di Indonesia memiliki pemain Brasil untuk menopang penampilannya dalam kompetisi, Persija Jakarta pun demikian.

Macan Kemayoran sepertinya juga berjodoh dengan pelatih atau pemain dari negeri Samba tersebut. Bahkan ada beberapa pemain dan pelatih dari Brasil yang berhasil mengantarkan Persija meraih gelar juara mulai dari tahun 2001 dan gelar juara terakhir pada 2018 silam.

Sebenarnya tidak hanya dua tahun itu saja Persija memiliki pemain dan pelatih asal Brasil. Klub kebanggan Ibu Kota ini juga pernah memiliki beberapa sosok dari Brasil lainnya yaitu pada tahun 2003, 2016, dan terakhir pada 2019 lalu.

Baca Juga:

Sowan ke Bupati Bantul, Persija Singgung soal Rencana Latihan

Persija Jakarta Dapat Restu Bupati Bantul untuk Gunakan Stadion Sultan Agung

Jika melihat dari dua gelar juara tersebut terhitung ada lima sosok dari Brasil yang menjadi kunci dari keberhasilan Persija meraih gelar juara. BolaSkor.com mencoba menjabarkan kelima sosok tersebut.

Stefano Cugurra

Pelatih yang kerap disapa Teco ini datang ke Persija pada tahun 2017 lalu. Di awal kedatangannya, Teco memang kurang meyakinkan dan gagal mengambil hati para The Jakmania. Namun perlahan sentuhan magis Teco terlihat, ketika itu Persija mampu meraih empat kemenangan beruntun dan membawa Persija berada di papan atas Liga 1 2017.

Pada 2017, Teco juga berhasil membawa Persija bermain di kompetisi AFC. Macan Kemayoran pun berhasil sampai di babak semifinal zona ASEAN. Tahun berikutnya, kemampuan Teco dalam meracik tim akhirnya terlihat, ia pun berhasil meraih dua gelar bergengsi bersama Persija.

Pelatih yang kini menangani Bali United itu memberikan gelar juara Piala Presiden 2018 dan Juara Liga 1 2018 untuk Persija. Teco pun layak disebut sebagai sosok penting kebangkitan persija jakarta.

Stefano Cugurra (Istimewa)

Luciano Leandro

Tahun 2001 bisa dikatakan menjadi tahun emas bagi Macan Kemayoran. Saat itu Persija mendatangkan pemain-pemain berkualitas, salah satunya ialah Luciano Leandro. Kepindahannya dari PSM Makassar memang dinilai sangat tepat karena saat itu Luciano langsung menyatu dengan permainan Persija.

Pemain yang saat itu menggunakan nomor 10 berhasil memberikan gelar untuk Persija Jakarta. Meski demikian, karier Luciano tidak bertahan lama di Persija. Tiga tahun berselang, Luciano memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola.

Luciano Leandro. (Istimewa)

Antonio Claudio

Pria yang kerap disapa Toyo ini menjadi sosok yang paling beruntung. Ketika bermain ia berhasil meraih gelar juara bersama Persija pada tahun 2001. Ketika menjadi pelatih pada tahun 2018 lalu Toyo berhasil mengantarkan Persija menjadi juara tahun 2018.

Karier kepelatihan Toyo di Persija berjalan sampai musim 2019. Ketika itu Toyo datang untuk mendamping tiga pelatih Persija, dari mulai Ivan Kolev, Julio Banuelos, sampai yang terakhir Edson Tavares. Toyo pun berhasil membuat Persija terhindar dari zona degradasi.

Antonio Claudio (Media Persija)

Trivia Sepak Bola Persija jakarta Stefano Cugurra Antonio Claudio Renan Silva Jaimerson da Silva Xavier Luciano Leandro Liga 1
Posts

4.871

Bagikan