BolaSkor.com - Ketika diminta menyebutkan nama pemain terbaik di dunia dalam 10 tahun terakhir, sebagian besar akan mengucapkan Lionel Messi. Dalam mencapai kesuksesannya tersebut, pemain 32 tahun itu tidak seorang diri.

Kehebatan Lionel Messi tidak perlu diragukan. Ia adalah pemain dengan koleksi penghargaan Ballon d'Or terbanyak. Messi unggul satu trofi dari Cristiano Ronaldo.

Baca juga:

5 Bintang yang Dicap Paling Mengecewakan di Serie A dan Nasibnya Kini

5 Pemain yang Bikin Inter Milan Bergelimang Uang

Selain prestasi individu, kapten Barcelona itu juga meraih banyak gelar pada level tim. Messi merasakan sejumlah titel seperti LaLiga, Copa del Rey, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Untuk mencapai tingkat seperti saat ini, Lionel Messi banyak mendapatkan bantuan. Messi punya orang-orang yang berjasa besar di sekelilingnya.

Berikut ini adalah lima sosok yang berjasa besar dalam karier Lionel Messi:

Xavi Hernandez

Xavi

Orang pertama yang berperan besar dalam karier Lionel Messi adalah Xavi Hernandez. Secara tidak langsung, Xavi mengajarkan Messi menjadi satu di antara gelandang terbaik di dunia.

Lionel Messi tidak hanya bisa berperan sebagai penyerang. La Pulga juga bisa digeser ke tengah, berada di belakang striker utama.

Kemampuan Messi tersebut ditempa bersama satu di antara gelandang terbaik yang pernah ada, Xavi. Aksi keduanya sering kali berakhir dengan gol.

Selain memberikan ilmu sebagai gelandang tengah, Xavi juga berkontribusi memberikan umpan matang kepada Messi yang berada di depan. Dengan bola dari Xavi, pekerjaan Messi membobol gawang lawan menjadi lebih mudah.

Bahkan, menurut mantan asisten Pep Guardiola di Barcelona, Torrent, Lionel Messi bisa bermain seperti Xavi jika ingin. Dengan begitu, Messi bisa sedikit menutupi kecepatannya yang tak seperti dahulu.

Andres Iniesta

Andres Iniesta

Selain Xavi, Lionel Messi juga mendapatkan banyak pelajaran dari Andres Iniesta. Kejeniusan Iniesta dalam membangun permainan memberikan banyak keuntungan untuk Messi.

Pada masa keemasannya, Andres Iniesta adalah otak serangan Barcelona. Sang gelandang banyak melakukan aksi individu untuk melewati lawan dan dikenal punya mobilitas tinggi.

Dalam sebuah wawancara, Messi mengaku kagum dengan aksi Iniesta. Sang megabintang banyak belajar soal bagaimana Iniesta bergerak.

"Iniesta dan saya mirip karena kami berdua sering menggunakan badan untuk menghindari lawan. Namun, dia selalu memiliki sesuatu yang membuat saya kagum," ulas Messi.

"Dia tidak terlalu cepat, namun mampu menjauh dari lawan dengan teknik yang dimilikinya."