5 Statistik Menarik untuk Fans Chelsea Mengenai Mkyhaylo Mudryk

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 18 Januari 2023
5 Statistik Menarik untuk Fans Chelsea Mengenai Mkyhaylo Mudryk
Mykhaylo Mudryk (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea sudah menghabiskan uang mencapai 100 juta euro lebih pada bursa transfer musim dingin (Januari 2023) ini untuk merekrut pemain. Lima pemain direkrut dan salah satu di antaranya pemain pinjaman.

Kelima rekrutan anyar itu adalah David Datro Fofana, Benoit Badiashile, Andrey Santos, Joao Felix, dan Mykhaylo Mudryk. Felix dipinjam dari Atletico Madrid, tiga nama pertama direkrut untuk investasi jangka panjang karena masih muda dan minim pengalaman.

Sementara untuk Mudryk, Chelsea mengalahkan Arsenal dalam perburuannya dan mengeluarkan total 100 juta euro untuk memboyongnya dari Shakhtar Donetsk. Menilik usia yang baru berumur 22 tahun, Mudryk juga investasi jangka panjang.

Baca Juga:

Resmi Jadi Amunisi Baru Chelsea, Mykhaylo Mudryk Kibarkan Bendera Ukraina di Stamford Bridge

Mykhaylo Mudryk dan Perjalanan 8 Pemain Ukraina di Premier League

Transfer Belum Berakhir, Chelsea Bidik Dua Mantan Pemain Asuhan Graham Potter

Chelsea memang membutuhkan penyerang karena kesulitan mencetak gol dan sejauh ini baru mencetak 21 gol di liga dari 19 laga, serta berada di urutan 10 klasemen dengan 28 poin. Mudryk dan Felix diharapkan dapat menjadi solusi.

Karier Mudryk belum banyak diketahui publik karena ia bermain di Shakhtar dan baru terlihat penampilannya di Liga Champions. Oleh karenanya BolaSkor, merangkum dari WhoScored, coba memberikan lima statistik menarik mengenainya. Berikut ulasannya:

1. Kunci bagi Shakhtar di Liga Domestik

Kendati Mudryk tidak lagi membantu Shakhtar kala liga berlangsung kembali pasca jeda musim dingin, Mudryk tetap meninggalkan catatan berupa tujuh gol di Premier League Ukraina musim ini.

Catatan itu sudah menjadi 24,1 persen dari total gol Shakhtar pada musim 2022-2023 dengan total 29 gol dari 13 laga liga. Mudryk bermain sebagai penyerang sayap kiri dan bergerak dengan fleksibel di lini depan.

Kehadirannya di Chelsea bisa memberikan alternatif bermain bagi tim arahan Graham Potter, terutamanya karena Christian Pulisic cedera dan Mason Mount serta Kai Havert tak bisa bermain di kiri. Pada posisi itulah Mudryk diharapkan dapat menjadi solusi bagi Chelsea.

2. Kontribusi di Liga Champions

Shakhtar pada akhirnya gagal melaju ke 16 besar Liga Champions di grup F yang berisikan Real Madrid, RB Leipzig, dan Celtic. Meski sempat menang 4-1 atas Leipzig di laga pertama, Shakhtar tak mampu menang di lima laga berikutnya.

Kendati demikian dari total delapan gol yang diciptakan di fase grup, Mudryk mencatatkan tiga gol dan total terlibat dalam proses lima gol Shakhtar. Itu memperlihatkan Mudryk bisa menjadi pencetak gol atau kreator serangan.

3. Determinasi

Tipikal permainan yang disukai fans, Mudryk pun demikian. Ia penyerang sayap modern yang suka mengambil risiko berusaha melewati lawan, serta mempertahankan bola. Ia punya kualitas teknik untuk melakukannya.

Terbukti, Mudryk ada di peringkat tujuh total dribel bola (34 kali) terbanyak di Liga Champions musim ini, meski hanya 10 yang berhasil melewati lawan. Meski jumlah ketidaksusesannya banyak sebanyak 24 kali, kegigihan Mudryk bisa membangkitkan gairah fans Chelsea.

Pada usia 22 tahun dan determinasi tersebut, Mudryk masih bisa berkembang di masa depan dan kedewasaan mainnya kian terasah.

4. Menarik Perhatian Lawan

Selayaknya menghadapi penyerang sayap, para bek berusaha mematikan mereka sebisa mungkin dengan meminimalisir pergerakan. Mudryk pun tidak pengecualian, mengingat ia punya tiga gol dan dua assists di enam laga Liga Champions, jelas ia jadi ancaman pertahanan lawan.

Tidak heran apabila Mudryk dilanggar lebih sering (9 pelanggaran) dibanding pemain Shakhtar lainnya di fase grup. Di masa lalu, Chelsea juga punya pemain yang memicu lawan untuk sering melanggarnya, yakni Eden Hazard.

5. Ruang untuk Berkembang

Bak berlian muda yang perlu diasah, Mudryk pun demikian. Masih ada waktu baginya untuk berkembang pada usia 22 tahun, apalagi ia sudah menjadi bagian dari timnas Ukraina.

Masih ada beberapa aspek permainannya yang masih perlu dikembangkan, seperti timing atau momen untuk melepas bola ketika dia membawanya pada posisi ofensif.

Akurasi kesuksesan operan 81,1 persen dari 22 operan per laga Liga Champions tidak buruk bagi pemain pada posisi winger, tapi hanya Petkovic (27 kali) yang lebih sering kehilangan bola ketimbang Mudryk (19 kali) di fase grup. Artinya, Mudryk acapkali terlalu memaksakan diri memainkan bola ketika bola itu seharusnya dioper ke rekan setimnya.

Trivia Sepak Bola Mykhaylo Mudryk Chelsea Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan