BolaSkor.com - Elkan Baggott menjadi salah satu nama baru yang diuji manajer pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Keikutsertaannya di pemusatan latihan Timnas U-19 di Jakarta mendapat sorotan, mengingat statusnya.

Elkan Baggott merupakan pemain keturunan. Darah Indonesia berasal dari ibunya, sementara darah Inggris dari ayah.

Apalagi Elkan Baggott kini tercatat sebagai bagian klub Inggris, Ipswich Town. Ia tentu sudah memiliki bekal bagus untuk bisa membantu Timnas Indonesia U-19 di level internasional.

Elkan Baggott sendiri dipanggil Shin Tae-yong karena memiliki postur tinggi. Ia dianggap cocok untuk mengawal lini pertahanan Garuda Muda di Piala Asia U-19 2020, bahkan Piala Dunia U-20 2021.

Namun postur tinggi tidak cukup. Seorang bek juga dituntut memiliki kecepatan menghalau pergerakan lawan yang lincah, serta kemampuan membaca bola.

Setidaknya ada lima striker yang berpotensi memberi ujian, bahkan hingga merepotkan Elkan Baggott di Piala Asia U-19 2020 terutama di fase grup. Siapa saja?

Baca Juga:

5 Pelatih yang Layak Menggantikan Mario Gomez di Arema FC

5 Sosok Asal Brasil yang Sukses bersama Persija Jakarta

1. Lim Pisoth

Lim Pisoth. (Istimewa)

Lim Pisoth merupakan salah satu striker Timnas Kamboja U-19. Ia punya ketenangan di depan gawang serta aksi individu yang bagus.

Dalam laga kontra Kep. Mariana Utara di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 tahun lalu, Lim Pisoth menunjukkan penyelesaian apik.

Ia juga dengan lincah mengelabui kiper dan pemain belakang lawan sebelum mencetak gol. Akurasi tembakannya juga bagus dan terlihat saat Kamboja melawan Brunei.

2. Sieng Chanthea

Sieng Chanthea dikawal ketat Thailand. (FFC)

Penggawa Boeung Ket merupakan potensi baru di sepak bola Kamboja. Sebagai seorang striker, ia punya finishing bagus di depan gawang.

Ia cukup lincah, terlihat kala Kamboja menghadapi Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-19, dengan mengecoh dua bek sebelum menaklukan kiper lawan.

Sieng Chanthea juga telah membela Timnas Senior. Ia melakukan debut dalam kemenangan 2-0 atas Pakistan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 6 Juni 2019, sekaligus mencatatkan diri sebagai pemain termuda mencetak gol untuk Kamboja dan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia pada usia 16 tahun.

3. Aria Barzegar

Aria Barzegar. (tasnimnews)

Barzegar merupakan salah satu striker yang diandalkan Timnas Iran U-19. Ia punya andil lolosnya Iran dari babak kualifikasi. Dua gol berhasil dicatatkan.

Jasa Aria Barzegar masih terus dipakai. Ia dipanggil mengikuti persiapan.

Selain Aria Barzegar, Timnas Iran U-19 juga punya gelandang Yasin Salmani, yang juga berpotensi merepotkan lini belakang skuat Garuda.

Baca Juga:

3 Lawan Adu Taktik Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di Piala Asia U-19 2020

11 Pelatih yang Juga Tak Tuntas di Arema Sebelum Mario Gomez

4. Muzaffar Olimjonov

Selebrasi gol Muzafaar Olimjonov. (istimewa)

Muzaffar Olimjonov menjadi sosok asal Uzbekistan yang perlu mendapat perhatian. Ia punya kemampuan memaksimalkan sekecil apapun peluang, sekaligus penyelesaian yang baik.

Hal itu setidaknya ditunjukkan dalam masa persiapan Uzbekistan di luar negeri, termasuk saat uji coba.

5. Ulugbek Khoshimov

Ulugbek Khoshimov. (championat.asia)

Striker Uzbekistan kelahiran Januari 2021 ini pintar mencari posisi. Umpan-umpan jauh pun kerap dilepaskan kepadanya. Ia juga kuat di depan gawang.