BolaSkor.com - Mencari pemain muda berbakat merupakan salah satu tugas utama pencari bakat klub-klub top Eropa. Para pemain tersebut menjanjikan investasi jangka panjang dan potensi untuk jadi bintang serta tulang punggung tim.

Tak ayal tim-tim seperti Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, Borussia Dortmund, Olympique Lyonnais, hingga Lille menjadi klub-klub yang sering dipantau karena acapkali menelurkan atau mengembangkan bakat pemain-pemain muda.

Lille bahkan dalam beberapa musim terakhir mampu menghasilkan 150 juta euro hanya dari dua penjualan pemain, yakni Nicolas Pepe (80 juta euro) dan Victor Osimhen (70 juta euro). Dengan cara itu Lille bisa tetap 'hidup' dari segi finansial klub.

Baca Juga:

6 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui dari Rekrutan Anyar Napoli, Victor Osimhen

5 Wonderkid Ligue 1 yang Paling Mencuri Perhatian di Musim 2019/20

5 Pemain Termahal LaLiga Saat Ini

Para pemain muda itu bisa jadi sadar sulit meraih trofi jika bertahan di Lille hingga hengkang ke klub lain yang berpotensi mewujudkan impian mereka. Termasuk Pepe dan Osimhen, berikut BolaSkor.com merangkum total lima penjualan pemain bertalenta yang pernah bermain di Lille.

1. Eden Hazard - 35 Juta Euro

Eden Hazard

Tak ada yang tidak mengenal namanya saat ini. Bintang di timnas Belgia dan juga Eropa yang bermain di Real Madrid sejak 2019. Eden Hazard ke Madrid usai tujuh tahun membela Chelsea dan dibeli seharga 100 juta euro lebih.

Chelsea membelinya pada 2012 dari Lille sekiranya 35 juta euro. Eden Hazard jebolan asli akademi Lille periode 2005-2007 dan bermain di tim utama dari 2007 hingga 2012.

Penyerang sayap lincah itu memiliki kelebihan dribel bola untuk melewati lawan, membuka peluang bagi rekan setim, visi bermain bagus, dan dapat mencetak gol. Hazard telah memenangi dua titel Premier League, satu Ligue 1, satu LaLiga, dan dua titel Liga Europa dalam kariernya.

2. Nicolas Pepe - 80 Juta Euro

Nicolas Pepe

Arsenal memecahkan rekor transfer klub kala memboyong Nicolas Pepe dari Lille pada musim panas 2019 sebesar 80 juta euro. Pada musim 2018-19 pemain berusia 25 tahun menjadi pemain kunci Lille dengan torehan 22 gol dan 11 assists.

Tidak jauh berbeda dari Hazard, Pepe yang berposisi sebagai penyerang sayap juga berbahaya dalam duel satu lawan satu, mendribel bola, mencetak gol, serta memberikan assists. Musim ini dia masih beradaptasi dengan gaya main Arsenal di bawah arahan Mikel Arteta.

3. Rafael Leao - 23 Juta Euro

Rafael Leao

Namanya tidak setenar Hazard atau Pepe, tetapi Rafael Leao memiliki bakat yang masih bisa dikembangkan hingga maksimal mengingat kini usianya baru berumur 21 tahun. Semusim bermain dengan Lille (2018-19) pasca merekrutnya gratis dari Sporting Lisbon, Leao kini membela AC Milan.

Il Rossoneri mengontrak striker asal Portugal selama lima tahun dan sejauh ini dia sudah mencetak enam gol plus tiga assists dari total 32 laga di seluruh kompetisi.

4. Thiago Mendes - 22 Juta Euro

Thiago Mendes

Datang dari Sao Paulo pada 2017 seharga sembilan juta euro, Thiago Mendes bermain sebanyak 65 laga selama dua tahun membela Lille hingga harganya meningkat 13 juta euro. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu kemudian pindah ke Olympique Lyonnais di musim panas 2019.

Thiago saat ini ada di usia prima pesepak bola Eropa (28 tahun) dan menjadi tulang punggung lini tengah Lyon selepas kepergian Tanguy Ndombele ke Tottenham Hotspur.

5. Victor Osimhen - 70 Juta Euro

Victor Osimhen

70 juta euro plus variabel mencapai 10 juta euro (total 80 juta euro). Itulah jumlah uang yang dikeluarkan Napoli di musim panas 2020 untuk membeli penyerang berusia 21 tahun, Victor Osimhen dari Lille.

Lille mengembangkan bakatnya selama semusim sejak direkrut dari Charleroi pada 2019. Dengan 13 gol dari 27 pertandingan musim ini banderol penyerang asal Nigeria meningkat drastis sebesar 24,5 juta euro.