5 Tim Kuda Hitam Spanyol yang Pernah Jegal Manchester United di Eropa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 16 Agustus 2020
5 Tim Kuda Hitam Spanyol yang Pernah Jegal Manchester United di Eropa
Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Ambisi Manchester United untuk menjuarai Liga Europa 2019-2020 mendapat tantangan dari Sevilla. Kedua tim akan saling berhadapan pada semifinal Liga Europa 2019-2020 di RheinEnergie Stadion, Senin (17/8) dini hari WIB.

Di atas kertas, Manchester United tentu lebih diunggulkan untuk melaju ke final. Sebabnya, materi pemain yang dimiliki tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer lebih mentereng ketimbang Sevilla.

Namun Sevilla tentu bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan. Apalagi Los Nervionenses punya rekor mentereng di ajang Liga Europa dengan mengoleksi lima gelar juara.

Baca Juga:

Prediksi Sevilla Vs Manchester United: Ujian Sulit Kontra Langganan Juara

Sevilla Vs Manchester United, Semifinal Bersahabat untuk The Red Devils

Robin van Persie Ragu Manchester United Bisa Kalahkan Sevilla

Selain itu, Manchester United juga punya rekor buruk saat berjumpa wakil-wakil Spanyol. Dari 55 pertandingan, mereka hanya mampu menang 13 kali, 20 kali kalah, dan 22 sisanya berakhir imbang.

Dari jumlah tersebut, Manchester United memang lebih sering bertemu Real Madrid dan Barcelona. Namun Setan Merah juga kerap kesulitan ketika berjumpa tim-tim Spanyol berstatus kuda hitam.

Tak jarang langkah Manchester United di Eropa terhenti di tangan tim-tim kuda hitam asal Spanyol. Mereka seperti alergi dengan gaya sepak bola Negeri Matador.

Berikut lima tim kuda hitam Spanyol yang pernah menjegal langkah Manchester United di kompetisi Eropa:


1. Valencia

Skuat Valencia 1982-1983

Pada musim 1982-1983, Manchester United harus mengakhiri kiprahnya di ajang Piala UEFA secara prematur. Mereka langsung tersingkir di babak pertama.

Valencia menjadi penyebab hal itu terjadi. Los Ches menaklukkan Manchester United dengan agregat 2-1.

Pada pertemuan pertama yang berlangsung di Old Trafford, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Sementara ketika bertandang ke markas Valencia, Manchester United takluk dengan skor 1-2 meski sempat unggul lebih dulu lewat gol Bryan Robson.


2. Atletico Madrid

Skuat Atletico Madrid 1991-1992

Atletico Madrid pernah hadirkan mimpi buruk untuk Manchester United. Hal tersebut terjadi pada ajang Piala Winners 1991-1992.

Saat itu, langkah Manchester United yang berstatus juara bertahan terhenti pada babak 16 besar. Atletico lah klub yang menjegal mereka.

Manchester United bahkan harus dipermalukan dengan skor 0-3 saat bertandang ke markas Atletico pada pertemuan pertama. Sementara mereka hanya mampu menang 1-0 ketika menjamu lawan yang sama di Old Trafford.


3. Deportivo La Coruna

Deportivo La Coruna merupakan salah satu tim kuda hitam Spanyol pada Liga Champions 2001-2002. Reputasi itu dibuktikan mereka dengan mengalahkan Manchester United pada fase grup.

Tak tanggung-tanggung, Deportivo mampu menaklukkan Manchester United dalam dua pertemuan. Mereka menang 2-1 di kandangnya dan 3-2 di Old Trafford.

Namun Manchester United mampu membalas dendam ketika bertemu kembali di babak perempat final. Kali ini mereka menyapu bersih dua laga kandang-tandang dengan kemenangan.

Semusim kemudian, Manchester United dan Deportivo kembali bertemu di fase grup. Kali ini kedua tim mampu saling mengalahkan.


4. Athletic Bilbao

Athletic Bilbao pernah membuat Manchester United seperti layaknya tim medioker. Momen itu terjadi pada babak 16 besar Liga Europa 2011-2012.

Manchester United yang terlempar dari ajang Liga Champions di luar dugaan tak berdaya di hadapan Bilbao. Mereka kalah dalam dua pertemuan dengan agregat 5-3.

Bilbao yang saat itu ditangani Marcelo Bielsa tampil dominan dalam dua pertemuan. Padahal secara materi pemain, Manchester United jelas lebih baik.

Manchester United takluk 1-2 di pertemuan pertama. Ambisi mereka melakukan comeback pada pertemuan kedua hancur lebur karena Bilbao kembali menang dengan skor 3-2.


5. Sevilla

Sevilla juga punya sejarah menjegal langkah Manchester United di Eropa pada musim 2017-2018. Hal itu terjadi di ajang Liga Champions.

Kedua tim bertemu di babak 16 besar. Manchester United lebih diunggulkan karena berstatus juara grup sehingga mendapat keuntungan melakoni leg kedua di kandangnya.

Misi Manchester United melaju ke fase selanjutnya seperti mendekati kenyataan saat berhasil menahan imbang Sevilla dengan skor 0-0 pada pertemuan pertama. Saat itu David De Gea tampil sebagai pahlawan dengan melakukan sejumlah penyelamatan gemilang.

Namun mereka justu takluk 1-2 di Old Trafford. Dua gol Wissam Ben Yedder hanya mampu dibalas sekali oleh Romelu Lukaku.

Kekalahan tersebut tentu menjadi peringatan bagi Paul Pogba dan kawan-kawan. Jika tak waspada, bukan tidak mungkin hal itu akan terulang kembali.

Manchester United Sevilla Atletico Madrid Valencia Athletic Bilbao Deportivo la coruna Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan