BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 akan segera dimulai. Piala Dunia kali ini akan dihelat di Qatar dari November hingga Desember 2022 dan pertama di Asia sejak 2002, ya, di saat liga-liga top Eropa menjalankan musim 2022-2023.

Tentu saja, saat Piala Dunia 2022 dimulai liga-liga top Eropa akan memasuki fase rehat atau libur sementara. 32 tim akan saling bersaing untuk jadi yang terbaik di dunia termasuk sang juara bertahan, timnas Prancis.

Menilik 32 tim yang berpatisipasi ada lima tim yang dianalisis BolaSkor.com akan menjadi tim kuda hitam turnamen. Meski dalam sejarahnya jarang ada tim kuda hitam yang menjuarai Piala Dunia, tetapi mereka, dalam hal ini, cukup banyak yang melaju ke fase gugur, menyingkirkan tim kuat, dan melaju di luar prediksi.

Baca Juga:

Respons Sergio Ramos yang Tak Kunjung Dipanggil Timnas Spanyol Lagi

Sergio Ramos yang Seharusnya Pimpin PSG, Bukan Kylian Mbappe atau Lionel Messi

Piala Dunia 2022: Sergio Ramos Gantungkan Harapan kepada Luis Enrique

Berikut calon tim-tim kuda hitam yang diprediksi BolaSkor bisa 'berbicara' banyak di Piala Dunia 2022:

1. Belgia

Pelatih: Roberto Martinez
Kapten: Eden Hazard
Peringkat FIFA: 2

Meski berstatus tim peringkat dua pada peringkat FIFA, timnas Belgia akan selalu jadi tim kuda hitam di turnamen, sebab secara tradisi mereka tak punya catatan bagus jadi juara. Belgia dinilai overrated (berlebihan) karena bintang-bintang yang ada dalam skuad tim.

Belgia finish di urutan satu klasemen grup E pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan catatan enam kemenangan, dua hasil imbang. Romelu Lukaku, Eden Hazard, Kevin De Bruyne jadi pemimpin di dalam skuad dan punya profil top di Eropa.

2. Senegal

Pelatih: Aliou Cisse
Kapten: Kalidou Koulibaly
Peringkat FIFA: 18

Juara Piala Afrika 2021 dan menyingkirkan Mesir yang diperkuat Mohamed Salah di putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika. Senegal memiliki keseimbangan dalam skuad mereka.

Dalam skuad besutan Aliou Cisse ada nama-nama top yang bermain di Eropa seperti Sadio Mane, Kalidou Koulibaly, Edouard Mendy, Ismaila Sarr, dan Idrissa Gueye. Tim berjuluk Lions of Teranga dapat jadi ancaman di Piala Dunia 2022.

3. Denmark

Pelatih: Kasper Hjulmand
Kapten: Simon Kjaer
Peringkat FIFA: 10

Denmark besutan Kasper Hjulmand lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai pemuncak klasemen grup F kualifikasi, dengan catatan sembilan kemenangan, satu kekalahan, mencetak 30 gol dan kebobolan tiga gol.

Itu melanjutkan kegemilangan Denmark usai lolos ke semifinal Piala Eropa 2020. Kolektivitas bermain jadi kekuatan Denmark, terlebih beberapa pemain mereka juga berpengalaman main di liga top Eropa seperti Andreas Christensen, Christian Eriksen, Kasper Schmeichel. Kiprah Denmark layak dinanti.

4. Serbia

Pelatih: Dragan Stojkovic
Kapten: Dusan Tadic
Peringkat FIFA: 25

Serbia punya sejarah dalam buku sepak bola dunia, khususnya ketika di masa lalu masih bersatu di dalam Yugoslavia. Kendati setelah berganti nama jadi Serbia, tim tidak bisa berbicara banyak di panggung utama, skuad mereka cukup punya kekuatan merata di tiap lini.

Di lini depan Serbia punya Aleksandar Mitrovic, Luka Jovic, dan Dusan Vlahovic. Di tengah ada Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Tadic, dan Filip Kostic, lalu di belakang ada Nikola Milenkovic dan Stefan Mitrovic.

Serbia arahan Dragan Stojkovic lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai pemuncak klasemen grup A kualifikasi, finish di atas Portugal dengan raihan 20 poin: enam kemenangan dan dua kali imbang.

5. Kroasia

Pelatih: Zlatko Dalic
Kapten: Luka Modric
Peringkat FIFA: 15

Runner-up Piala Dunia 2018 dan juga lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai pemuncak klasemen grup H di kualifikasi. Skuad Kroasia besutan Zlatko Dalic memiliki kekuatan merata di tiap lini, tidak banyak pemain dengan kualitas di atas rata-rata yang menonjol.

Beberapa pemain yang berkualitas dan berpengalaman itu seperti Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic. Bahkan di lini belakang Kroasia masih mengandalkan bek berusia 33 tahun, Domagoj Vida.

Kroasia tak punya penyerang bagus pasca Mario Mandzukic pensiun, tapi itu justru membuat permainan Kroasia sulit diprediksi dan dengan semangat bermain ciri khas Negara Balkan, Kroasia tak bisa diremehkan.