BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 Qatar hanya tinggal hitungan bulan. Untuk menyambut gelaran akbar itu, BolaSkor akan mengungkapkan siapa saja pemain dengan catatan gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 akan dilangsungkan pada 20 November 2022. Pada duel pertama, tuan rumah Qatar akan menantang Ekuador.

Dengan tingkat eksklusivitasnya yang hanya berlangsung empat tahun sekali, tidak banyak pemain yang bisa menempatkan diri dalam daftar pencetak gol sepanjang sejarah Piala Dunia. Bahkan, belum ada pemain yang bisa mengemas lebih dari 20 gol dalam kariernya di Piala Dunia.

Berikut ini adalah lima top skor Piala Dunia sepanjang masa:

Pele

Pele menjadi satu di antara legenda sepak bola Brasil yang moncer di Piala Dunia. Ia pernah membawa Tim Samba juara Piala Dunia 1970 usai menumbangkan Italia di laga final.

Sejak muda, Pele dikenal sebagai striker yang komplet. Tidak hanya kakinya, ia juga memiliki kekuatan dalam duel udara.

Pria yang mengoleksi tiga titel Piala Dunia itu membukukan 12 gol dan delapan assist dalam 14 pertandingan Piala Dunia. Torehan itu menempatkan Pele pada posisi kelima di daftar ini.

Just Fontaine

Apa yang dilakukan Just Fontaine adalah anomali di gelaran Piala Dunia. Kendati hanya mengikuti satu putaran final Piala Dunia (1958), ia mampu berada di urutan keempat sebagai pencetak gol terbanyak.

Pemain yang pensiun dini pada usia 29 tahun karena cedera itu menorehkan 13 gol dalam enam pertandingan. Ia selalu mendulang gol pada pertandingan Prancis di Piala Dunia 1958.

Pada laga perebutan tempat ketiga kontra Jerman Barat, Fontaine menorehkan empat gol dan membantu Les Bleus menang 6-3.

Gerd Muller

Gerd Muller dikenal dengan reputasi gemilangnya bersama Bayern Munchen. Namun, rupanya ia juga bersinar ketika membela tim nasional Jerman Barat.

Sepanjang kariernya, Muller membawa Jerman Barat juara Piala Dunia edisi 1974. Empat tahun sebelumnya, ia juga sudah menjadi bagian Jerman Barat.

Dalam dua kesempatan itu, Gerd Muller mencatatkan 14 gol dan enam assist dalam 13 pertandingan. Gol pamungkasnya di Piala Dunia dicetak ketika Jerman Barat menekuk Belanda 2-1 pada final Piala Dunia 1974.

Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazario merupakan fenomena langka di dunia sepak bola. Bahkan, tidak sedikit yang menempatkannya sebagai pemain paling hebat sepanjang sejarah.

Satu di antara pencapaian yang membuat Ronaldo mendapatkan label pemain terbaik adalah aksinya di Piala Dunia. Ronaldo membawa Brasil dua kali juara yakni pada edisi 1994 dan 2002.

Ronaldo juga tampil produktif. Ia menorehkan 15 gol dan lima assist hanya dalam 19 pertandingan. Kini, Ronaldo telah gantung sepatu dan menjabat sebagai pemilik Real Valladolid.

Miroslav Klose

Miroslav Klose yang telah pensiun dari dunia sepak bola internasional pada 2014 masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Pada empat edisi dari 2002 hingga 2014, mantan pemain Lazio itu menorehkan 16 gol dan lima assist. Ia mencatatkannya dalam 24 pertandingan.

Catatan terbaik Klose tentunya membawa Jerman juara Piala Dunia 2014. Pada edisi itu, Klose turut menyumbang satu gol ketika Jerman membantai Brasil 7-1 pada duel semifinal.