BolaSkor.com - Megabintang Los Angeles Lakers, LeBron James, sukses memimpin timnya lolos ke Final NBA 2019-2020. Menariknya, sejumlah rekor dicetak oleh James.

Sejatinya James datang ke Lakers pada musim lalu. Namun, saat itu dia bahkan gagal sekadar memimpin skuat ungu dan emas lolos ke Playoff NBA.

Perubahan besar terjadi di musim kedua James bersama Lakers. Pelatih berpengalaman, Frank Vogel, didatangkan bersama pemain bintang kedua, Anthony Davis.

Baca Juga:

Final Wilayah Barat NBA: LeBron Triple Double, Lakers ke Final

Final Wilayah Timur NBA: Celtics Kejar Heat

Harga yang dibayar untuk Davis tidaklah murah. Lakers harus melepas hampir semua aset mereka demi mendapat Davis, termasuk sejumlah draft pick.

Akan tetapi, perubahan tersebut dibayar dengan lunas. Mulai dari musim reguler James dan Lakers mampu tampil impresif dengan memuncaki Wilayah Barat NBA.

Pada fase playoff pun James memimpin Lakers melewati lawan-lawan sulit. Mulai dari Portland Trail Blazers, Houston Rockets, hingga terbaru, Denver Nuggets.

Sejumlah rekor dicatatkan oleh James dalam perjalanannya memimpin Lakers ke Final NBA. Berikut ini BolaSkor.com merangkum lima torehan pebasket berusia 35 tahun tersebut:

  1. LeBron James menjadi pemain Lakers pertama sejak James Worthy pada 1988 yang mampu mencetak lebih dari 35 poin dan 15 rebound triple double di playoff.
  2. LeBron James menjadi pemain keempat yang minimal 10 kali lolos ke Final NBA. Sebelumnya terdapat Bill Russell, Sam Jones, dan Kareem Abdul-Jabbar.
  3. LeBron James menorehkan empat triple doubled di Playoff NBA musim ini. Pertama kali sejak Magic Johnson pada 1991 ada pemain Lakers yang mampu melakukannya.
  4. LeBron James merupakan satu-satunya pebasket yang bisa menorehkan rataan 25 poin per pertandingan di NBA Playoff bersama tiga tim berbeda (Cleveland Cavaliers, Miami Heat, Los Angeles Lakers).
  5. Sepanjang kariernya, LeBron James menorehkan 27 triple double di Playoff NBA. Jumlah itu hanya tertinggal tiga dari Magic Johnson yang merupakan pemain dengan triple double terbanyak di Playoff NBA.