5 Transfer Pemain Paling Mengejutkan Sepanjang Sejarah

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 03 Januari 2020
5 Transfer Pemain Paling Mengejutkan Sepanjang Sejarah
Cristiano Ronaldo (juventus.com)

BolaSkor.com - Memasuki Januari, perbincangan soal transfer pemain kembali marak. Beberapa nama pemain muncul sebagai bidikan klub-klub besar Eropa.

Sepanjang sejarah, berbagai rekor transfer berhasil terpecahkan. Tidak sedikit transfer mahal berbuah manis. Sebaliknya tidak jarang pemain yang dibeli murah justru sukses.

Dalam beberapa tahun terakhir, senang atau tidak sepak bola sudah menjadi bisnis. Siapa yang memiliki kekuatan finansial, mereka yang berpeluang mendapatkan pemain kelas atas.

Meski begitu, tidak jarang perpindahan pemain dirasa begitu mengejutkan. Berikut BolaSkor.com memilih lima transfer pemain paling mengejutkan sepanjang sejarah.

Baca Juga:

Skuat Terbaik Juventus dalam Satu Dekade Terakhir

Cristiano Ronaldo Beberkan Rencana Setelah Pensiun


Diego Maradona (Barcelona ke Napoli)

Kabar kepindahan Diego Maradona dari Barcelona ke Napoli pada 1984 menghasilkan gelombang kejutan di jagat sepak bola dunia kala itu.

Legenda Argentina saat itu memang berusaha keluar dari Barcelona menyusul berbagai masalah disiplin dan hubungan yang buruk dengan petinggi klub. Karena itulah, Maradona langsung menyambar kesempatan pertama yang datang.

Dunia terkejut karena Maradona bersedia bergabung dengan Napoli, klub yang saat itu sedang berjuang menghindari degradasi. Namun, bersama Maradona Napoli melesat dan meraih dua scudetti, plus Coppa Italia, Supercoppa Italia, dan Piala UEFA.

Maradona bertahan hingga 1992 sebelum hengkang ke Sevilla.


Sol Campbell (Tottenham ke Arsenal)

Kepindahan Sol Campbell dari Tottenham Hotspur ke Arsenal sangat mengejutkan mengingat rivalitas kedua klub. Bagi suporter Tottenham, ini merupakan pengkhianatan terbesar.

Setelah lulus dari akademi Spurs, Sol Campbell kemudian menjadi kapten klub hingga dia memutuskan untuk "berkhianat" setelah kontraknya berakhir pada 2001.

Artinya, Campbell pindah ke klub rival sementara Spurs tidak mendapatkan uang sama sekali karena Arsenal mendapatkannya secara gratis.

Tidak pelak, Campbell pun menjadi salah satu pemain yang paling dibenci dalam derby London Utara. Hingga kini fans Spurs tidak melupakan pengkhianatan Campbell.


Ronaldinho (Barcelona ke Milan)

Tidak ada yang menyangka Ronaldinho akan meninggalkan Barcelona. Pemain Brasil itu menjalani masa keemasan sejak bergabung dengan Barcelona dari Paris Saint-Germain pada 2003.

Ronaldinho menjadi pilar saat Barcelona kembali menjadi juara LaLiga. Ronaldinho juga dua kali meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA saat bersama Barca.

Namun hubungan Ronaldinho dengan Barcelona, khususnya pelatih, memburuk. Dinho dinilai tidak disiplin, sering bolos latihan, dan tertangkap berkeliaran di klub-klub malam.

Saat Pep Guardiola tiba pada 2008, Ronaldinho hengkang ke AC Milan setelah menolak tawaran dari Manchester City.


Luis Figo (Barcelona ke Real Madrid)

Jika ada pengkhianatan yang lebih dahsyat daripada yang dilakukan Sol Campbell, maka itu adalah kepindahan Luis Figo dari Barcelona ke Real Madrid.

Real Madrid, yang saat itu di era awal Florentino Perez sebagai presiden klub, bersedia mengeluarkan 62 juta euro untuk menggaet Luis Figo dari Barcelona pada 2000. Tidak pelak lagi, publik Barcelona pun meradang.

Sebelum kepindahan mengejutkan ini, Figo adalah idola Camp Nou. Figo berjasa membawa Barca dua kali menjadi kampiun LaLiga.

Tidak heran Figo mendapatkan sambutan buruk tiap kali menginjakkan kakinya ke Camp Nou saat berkostum Madrid. Tentu masih ingat bagaimana kali pertama Figo tampil di Camp Nou, saat suporter Barcelona meleparkan kepada babi ke arahnya.


Cristiano Ronaldo (Real Madrid ke Juventus)

Meski sudah ada tanda-tanda, tidak ada yang menyangka Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Real Madrid. Setelah banyak menyumbang gol dan trofi banyak yang menyangka Ronaldo akan mengakhiri karier bersama Madrid.

Namun pemain peraih lima Ballon d'Or itu memutuskan untuk hengkang. Dengan banderol fantantis 112 juta euro, Ronaldo hengkang ke Juventus pada musim panas 2018.

Trivia Sepak Bola Bursa transfer
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.068

Bagikan