5 Veteran Sepak bola yang Tampil Apik di Rimba Persaingan Premier League

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 03 November 2020
5 Veteran Sepak bola yang Tampil Apik di Rimba Persaingan Premier League
Gianluca Vialli (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League dikenal sebagai rimba persaingan ketat karena tingginya intensitas sepak bola di sana. Selain itu ke-20 tim yang bersaing juga menghadirkan pertarungan sengit tiap kali bertanding: seluruh tim bisa saling mengalahkan.

Tim-tim kecil atau promosi bahkan bisa mengalahkan klub-klub besar atau di Premier League dikenal sebagai big six (enam besar) seperti Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

Tingginya intensitas bermain di Inggris menjadikan Premier League sebagai liga yang 'tidak bersahabat' bagi pemain-pemain veteran (berusia 30 tahun atau lebih). Ketimbang Premier League liga-liga dengan tempo bermain yang lebih lambat seperti LaLiga dan Serie A lebih cocok untuk mereka yang veteran.

Baca Juga:

Merapat ke Stamford Bridge, Thiago Silva Hadirkan Pengalaman di Lini Belakang Chelsea

Inggris Lockdown Lagi, Premier League Tetap Lanjut

Sepak Bola Jadi Beda dan Kurang Menarik, Marcelo Bielsa Kangen Penonton

Meski begitu tidak semua pemain uzur atau veteran bermain di Premier League untuk senang-senang saja atau menghabiskan karier sebelum pensiun, ada beberapa pemain veteran yang tampil bagus ketika bermain di Premier League di usia senja. Siapa saja?

1. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic

Datang ke Manchester United pada usia senja pada 2016 dan bermain hingga 2018. Meski Zlatan Ibrahimovic pergi di tahun terakhir dari United dengan membawa rekor cedera, musim pertamanya bersama United arahan Jose Mourinho sangatlah positif.

Ibrahimovic memberikan efek besar di suasana ruang ganti United dan berkontribusi di lapangan dengan kualitas dan pengalamannya. Ibra memenangi Community Shield, Piala Liga, dan Liga Europa di sana. Kini efek yang sama juga diberikannya untuk AC Milan.

2. Gianluca Vialli

Gianluca Vialli

Datang menjelang usia 32 tahun pada 1996 ke Chelsea dari Juventus. Gianluca Vialli tidak sekedar menjadi turis di Chelsea karena ia salah satu dari trio Italia di klub bersama Roberto Di Matteo dan Gianfranco Zola.

Selama tiga musim lebih Vialli bermain untuk Chelsea dia mencetak 40 gol dan tampil 88 kali, membantu The Blues memenangi Piala FA. Setelahnya Vialli sempat menjadi pemain-manajer untuk Chelsea.

3. Didier Drogba

Didier Drogba

Periode pertama dengan Chelsea dilalui Didier Drogba dengan fantastis. Drogba mencetak 157 gol dari 341 penampilan, memenangi tiga titel Premier League, empat Piala FA, dan tiga Piala Liga serta membawa Chelsea juara Liga Champions 2012.

Pada 2014 Drogba kembali dan usianya sudah berumur 34 tahun. Akan tapi hal itu tak menghentikannya tampil hebat dengan tujuh gol dari 40 laga, membantu Chelsea memenangi titel Premier League lainnya dan Piala Liga.

4. Gary McAllister

Gary McAllister

Selepas kesuksesannya dengan Leicester City, Leeds United, dan Coventry City Garry McAllister pindah ke Liverpool pada 2000 pada usia 35 tahun. McAllister hanya dua musim memperkuat The Reds namun perannya sangat penting untuk tim.

McAllister membantu Liverpool memenangi Piala Liga, Piala FA, dan Piala Eropa (format lama Liga Champions). Saking hebatnya penampilan McAllister di usia senja Gerard Houllier - manajer Liverpool - menyebutnya sebagai inspirasi tim.

5. Edwin van der Sar

Edwin van der Sar

Usia 30 tahunan merupakan umur yang relatif muda bagi ukuran penjaga gawang, tapi catatan itu berlaku apabila sang kiper sudah bertahan lama di satu klub. Tak ayal ketika Manchester United merekrut Edwin van der Sar pada 2005 dari Fulham bak perjudian.

Usia Van der Sar sudah berumur 34 tahun. Tak disangka kiper asal Belanda bukan sekedar kiper pelapis di MU karena selama enam musim jadi penjaga gawang utama United, tampil di 266 laga, serta mencatatkan 139 clean sheets.

Legenda sepak bola Belanda juga membantu United memenangi double winners titel Liga Champions dan Premier League klub pada 2008. Itu double winners kedua setelah pertama meraihnya bersama Ajax Amsterdam.

Breaking News Trivia Sepak Bola Premier League Zlatan Ibrahimovic Edwin van der sar Gianluca Vialli Didier Drogba
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan