BolaSkor.com - Berakhir sudah saga transfer Luis Suarez pada musim panas ini. Bomber berkebangsaan Uruguay itu resmi hengkang dari Barcelona menuju Atletico Madrid.

Masa depan Suarez di Barcelona menjadi gelap seiring kedatangan pelatih anyar, Ronald Koeman. Arsitek berkebangsaan belanda itu memilih membuang sejumlah pemain senior termasuk dirinya.

Padahal, Suarez masih merupakan salah satu tumpuan Barcelona dalam membobol gawang lawan. Musim lalu, penyerang berusia 33 tahun itu mencetak 21 gol di semua kompetisi meski sempat absen panjang karena cedera.

Baca Juga:

Luis Suarez, Striker Versi Upgrade dari Alvaro Morata di Atletico Madrid

Tinggalkan Barcelona dengan Tangisan, Luis Suarez ke Atletico dengan Mahar 6 Juta Euro

4 Persamaan Perpindahan Luis Suarez ke Atletico Madrid dengan Transfer David Villa

"Atletico Madrid dan FC Barcelona telah mencapai kesepakatan atas transfer Luis Suarez, subyek akan melewati tes medis dan menyetujui serta meresmikan kontrak pemain Uruguay itu dengan klub kami," bunyi pernyataan resmi Atletico Madrid.

Ironisnya, Atletico hanya mengeluarkan uang sebesar 6 juta euro untuk mendapatkan Suarez. Sebuah harga yang sangat murah untuk seorang predator kotak penalti.

Suarez total membela Barcelona selama enam musim. Ia diboyong dari Liverpool pada musim panas 2014 dengan harga sekitar 81 juta euro.

Fans Barcelona mayoritas menyesali kepergian Suarez. Mereka menilai sang pemain masih bisa memberikan kontribusi maksimal untuk tim pujaannya.

Namun nasi sudah menjadi bubur, Suarez sudah resmi menjadi milik Atletico. Fans Barcelona hanya bisa mengenang aksi-aksi menawan Suarez.

Berikut lima warisan peninggalan Luis Suarez yang layak dikenang fans Barcelona:

1. Personel Trio MSN

Luis Suarez, Neymar, dan Lionel Messi

Kedatangan Suarez pada musim panas menyempurnakan lini depan Barcelona. Sebelumnya, Blaugrana sudah memiliki Lionel Messi dan Neymar.

Ketiga pemain ini kemudian tampil memukau saat diandalkan sebagai trio di lini depan Barcelona. Mereka kemudian dijuluki sebagai trio MSN yang berasal dari nama depan masing-masing.

Trio MSN pernah sangat ditakuti di Eropa. Musim perdananya dilewati dengan torehan 122 gol.

Jumlah tersebut bertambah menjadi 131 gol pada musim berikutnya. Jika ditotal, trio ini menyumbang 368 gol selama tiga musim sebelum Neymar hengkang ke Paris Saint-Germain pada 2017 silam.


2. Treble Winners

Luis Suarez

Keganasan trio MSN berbanding lurus dengan performa Barcelona. Klub asal Catalunya itu mampu meraih treble winners pada musim 2014-2015.

Torehan tersebut memang bukan treble winners pertama dalam sejarah Barcelona. Namun dari cara meraihnya, mereka terlihat sangat superior.

Tim yang saat itu ditangani Luis Enrique seperti tidak memiliki kelemahan. Kontribusi Suarez bersama trio MSN tak bisa dipisahkan dari kesuksesan tersebut.


3. 13 Trofi bergengsi

Suarez total menpersembhahkan 13 trofi bergengsi selama enam tahun memperkuat Barcelona. Jika di rata-rata, ia minimal memenangi dua gelar setiap musimnya.


13 trofi itu terdiri dari empat gelar LaLiga, empat Copa del Rey, dua Piala Super Spanyol, satu trofi Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Dunia Antarklub. Sebuah torehan yang sangat lengkap.


4. Peringkat ketiga top skorer Barcelona

Reputasi Suarez sebagai mesin gol Barcelona terukir dalam buku sejarah. Ia kini menempati peringkat ketiga dalam daftar top skorer sepanjang sejarag klub.

Suarez total telah mencetak 198 gol. Andari terus bertahan, ia sebenarnya berpeluang menggeser peringkat kedua yang ditempati Cesar Rodriguez dengan 232 gol.


5. Top skorer Eropa

Lionel Messi memang menjadi tumpuan lini depan Barcelona selama hampir satu dekade terakhir. Namun kehadiran suarez mampu membagi tugas megabintang Argentina tersebut.

Suarez bahkan sempat meraih trofi sepatu emas Eropa pada musim 2015-2016. Koleksi golnya tak mampu disaingi bomber-bomber lain di benua biru.

Pada musim itu, Suarez mampu mencetak 59 gol di semua kompetisi. Sebanyak 40 di antaranya tercipta di ajang LaLiga yang mengantarnya meraih salah satu gelar individu paling bergengsi tersebut.