6 Bintang Samba Terbaik Pendahulu Coutinho di Barca

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 09 Januari 2018
6 Bintang Samba Terbaik Pendahulu Coutinho di Barca
Philippe Coutinho (Zimbio)

BolaSkor.com - Philippe Coutinho sudah diperkenalkan secara resmi kepada publik Camp Nou. Ini bukanlah kali pertama dalam sejarah Barcelona bintang asal Brasil ada dalam acara seperti ini.

Beberapa bintang Negeri Samba pernah ada di posisi Coutinho saat ini. Tak sedikit pendahulu Coutinho yang menjadi pahlawan Barca. Berikut enam pemain Brasil terbaik yang menjadi pendahulu Coutinho di Barcelona


ROMARIO (1993-1995)

Meski hanya setahun setengah bersama Barcelona, Romario meninggalkan kesan mendalam. Dalam periode tersebut Romario membuat 30 gol dalam 33 penampilan. Romario berkontribusi besar ketika Barca menjadi juara La Liga 1993-94.

Sukses bersama Barca tersebut membawanya menjadi Pemain Terbaik FIFA. Fans Barca masih ingat hat-trick Romario saat Barca melibas Real Madrid 5-0. Namun, bersama Barca pula Romario dikenal dengan ulahnya. Salah satunya saat dia harus menjalani hukuman lima laga setelah meninju Diego Simeone. Ulah seperti ini yang membuat Barca melepasnya saat musim 1994-95 baru setengah jalan.


RONALDO (1996-1997)

Lepas dari Romario, Barcelona kembali merekrut mesin gol Brasil. Barcelona harus membayar 15,5 juta euro, yang kala itu merupakan transfer termahal dunia, untuk menggaet Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Bersama Blaugrana, Ronaldo ikut menyumbang Copa del Rey, Piala Winners, Piala Super Spanyol selama semusim di Camp Nou. Dia mengoleksi 47 gl dalam 51 laga bersama Barca. Sama seperti Romario, Ronaldo juga menjadi Pemain Terbaik FIFA saat berkostum Barca.

Ronaldo yang lebih sukses bersama Madrid itu pernah menasihati Coutinho untuk tak bergabung dengan Barca. Karena menurut Ronaldo Barcelona selalu memperlakukan pemain Brasil dengan buruk.


RIVALDO (1997-2002)

Rivaldo menjadi pemain Brasil ketiga yang mendapat penghargaan Pemain Terbaik FIFA. Tak hanya itu, Rivaldo melengkapi pencapaiannya itu dengan mendapatkan Ballon d'Or pada 1999.

Bersama Barcelona Rivaldo mencetak 136 gol dalam 253 penampilan. Dia membantu Barca menjuarai LaLiga (2 kali), Copa del Rey, dan Piala Super Eropa. Meski begitu, bersama Rivaldo Barcelona tak pernah merasakan tampil di final kompetisi Eropa.


RONALDINHO (2003-2008)

Tak dimungkiri lagi, pencapaian serta dampak Ronaldinho di Barcelona lebih besar daripada Romario, Ronaldo, dan Rivaldo. Saat berkostum Blaugrana, Ronaldinho dua kali menjadi Pemain Terbaik FIFA, dan juga meraih Ballon d'Or pada 2005.

Ronaldinho berandil besar ketika Barca dua kali menjadi kampiun LaLiga dan menjuarai Liga Champions. Salah satu jasa terbesar Ronaldinho bersama Barca adalah saat dia menjadi mentor bagi seorang pemain muda jebolan La Masia bernama Lionel Messi.


DANI ALVES (2008-2016)

Di antara pemain Brasil lain yang pernah memperkuat Barca, Dani Alves merupakan pengoleksi gelar terbanyak. Bek kanan ini adalah salah satu pilar saat Barca enam kali menjuarai LaLiga, empat kali memenangi Copa del Rey, dan merebut Piala Super Spanyol.

Tentu saja pencapaian terbesar saat membantu Barcelona menjadi kampiun Liga Champions tiga kali, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.


NEYMAR (2013-2017)

Bersama Messi dan Luis Suarez, Neymar membentuk trisula maut MSN. Tiga penyerang yang sangat menakutkan di tanah Spanyol dan Eropa. Bersama Barca, Neymar menyumbang 105 gol dalam 186 penampilan.
Neymar ambil bagian saat Barca menjadi juara Liga Champions, La Liga (dua kali), Copa del Rey (tiga kali), Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antraklub. Namun hubungan Neymar dengan Barca menjadi pahit setelah dia memilih hengkang ke Paris Saint-Germain.

Barcelona Philippe Coutinho
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan