BolaSkor.com - LaLiga 2022-2023 tidak hanya tentang kembali memanasnya rivalitas Real Madrid dan Barcelona. Persaingan untuk merebut gelar top skorer juga menarik untuk disimak.

Pada musim lalu, Karim Benzema sukses meraih gelar ini dengan relatif mudah. Penyerang milik Madrid itu mengoleksi 27 gol.

Jumlah tersebut terpaut cukup jauh dengan para pesaingnya. Peringkat kedua ditempati oleh Iago Aspas dengan koleksi 18 gol.

Baca Juga:

Barcelona Kelimpungan Cari Cara Daftarkan Pemain Baru

Baru Datang, Kessie dan Christensen Bisa Meninggalkan Barcelona secara Gratis

Carlo Ancelotti Tidak Berniat Cari Pelapis Karim Benzema

Namun Benzema dipastikan tidak bisa dengan mudah mempertahankan gelarnya tersebut. Kedatangan sejumlah bomber anyar membuat persaingan dipastikan semakin ketat.

BolaSkor.com telah memilih enam calon top skorer LaLiga 2022-2023. Berikut ini rinciannya:

1. Karim Benzema

Benzema layak tetap menjadi kandidat utama untuk meraih gelar top skorer. Ketajamannya memang tak terlihat menurun meski kini sudah menginjak usia 34 tahun.

Benzema juga masih menjadi tumpuan Madrid di lini depan. Faktor tersebut tentu memudahkannya untuk mencetak gol demi gol.

Satu kekhawatiran yang bisa membuat Benzema kehilangan gelar adalah kebugarannya. Dengan banyaknya pertandingan termasuk Piala Dunia 2022, dirinya akan sangat rentan mengalami cedera.


2. Robert Lewandowski

Pesaing utama Benzema untuk meraih gelar top skorer tidak lain adalah Robert Lewandowski. Penyerang berkebangsaan Polandia itu baru didatangkan Barcelona dari Bayern Munchen.

Barcelona tentu akan menjadikan Lewandowski sebagai tumpuan untuk mencetak gol. Sama seperti Benzema, naluri golnya masih tinggi meski sudah tidak muda lagi.

Apalagi reputasi Lewandowski sebagai pencetak gol ulung tak perlu diragukan. Tujuh gelar top skorer Bundesliga, satu top skorer Liga Champions, dan dua sepatu emas Eropa yang diraih sudah menjelaskan semuanya.


3. Vinicius Junior



Mesin gol Madrid tidak hanya Benzema. Vinicius Junior juga bisa menjadi kuda hitam dalam perburuan gelar top skorer LaLiga 2022-2023.

Musim lalu, Vinicius menduduki peringkat ketiga dengan koleksi 17 gol. Namun permainannya kini tentu semakin matang.

Tim-tim lawan Madrid hampir pasti memberikan pengawalan ketat kepada Benzema. Hal ini bisa dimanfaatkan Vinicius untuk mencetak banyak gol.


4. Pierre-Emerick Aubameyang

Kedatangan Lewandowski memang membuat Pierre-Emerick Aubameyang akan lebih banyak beroperasi dari sisi sayap. Namun hal itu tak membuatnya kehilangan kesempatan untuk mendulang banyak gol.

Aubameyang terbukti tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona. Terbukti ia mampu mencetak 11 gol dari 17 laga pada paruh kedua LaLiga musim lalu.

Bukan tidak mungkin Aubameyang akan semakin tajam pada musim baru ini. Apalagi Barcelona sudah kedatangan sejumlah bintang anyar untuk membantunya mencetak banyak gol.

Namun peluang Aubameyang untuk merebut gelar top skorer bisa tertutup sebelum kompetisi dimulai. Itu karena dirinya kini menjadi buruan utama Chelsea.


5. Gerard Moreno

Gerard Moreno layak dikedepankan untuk menjadi kuda hitam dalam perburuan gelar top skorer LaLiga 2022-2023. Pemain Villarreal tersebut tentu ingin membuktikan statusnya sebagai penyerang utama Timnas Spanyol saat ini.

Moreno musim lalu memang hanya mencetak 9 gol di LaLiga. Namun hal itu tak lepas dari kondisinya yang cedera sehingga hanya tampil 17 laga.

Andai kondisinya fit, Moreno merupakan salah satu bomber yang cukup mematikan. Bersaing dengan nama-nama besar seperti Benzema dan Lewandowski diprediksi membuat motivasinya berlipat.


6. Iago Aspas

Satu penyerang lain yang tidak boleh dilewatkan dalam daftar calon top skorer LaLiga 2022-2023 adalah Iago Aspas. Pemain Celta Vigo ini musim lalu bahkan menjadi pesaing utama Benzema.

Meski hanya bermain di klub semenjana, Aspas cukup konsisten mencetak gol. Selama tujuh musim terakhir LaLiga, ia mampu mengumpulkan dua digit gol per musim.