BolaSkor.com - Timnas Indonesia telah menjalani dua laga FIFA A Match melawan Timor Leste di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1) dan Minggu (30/1).

Hasilnya Skuat Garuda dua kali melibas Timor Leste. Di pertemuan pertama, Timnas Indonesia menang 4-1. Selanjutnya, Ricky Kambuaya dkk. menang 3-0 di pertemuan kedua.

Dari dua laga ini, ada enam debutan yang dimainkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

Baca Juga:

Daftar 7 Pemain Timnas Indonesia yang Positif COVID-19

Gayung Bersambut, Shin Tae-yong Bersedia Bertemu Pelatih Klub Liga 1

1. Sani Rizky Fauzi

Sani Rizky Fauzi
Aksi Sani Rizky Fauzi saat menghadapi Timor Leste sekaligus menjalani debutnya di Timnas Indonesia. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Pemain Bhayangkara FC ini melakoni debut bersama Timnas Indonesia saat menang 4-1 atas Timor Leste. Ia bermain selama 90 menit di posisi bek kanan.

Meski posisi aslinya gelandang, Sani Rizky Fauzi bermain apik sepanjang laga. Pemain berumur 24 tahun itu layak mendapat apresiasi.

2. Terens Puhiri

Terens Puhiri
Aksi Terens Puhiri lawan Timor Leste. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Pemain sayap milik Borneo FC ini melakoni debut saat Timnas Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste. Ia masuk di pertengahan babak kedua.

Namun tajinya baru terlihat saat Timnas Indonesia menang 3-0. Ia mencetak gol pembuka Skuat Garuda pada menit kelima.

3. Achmad Figo

Achmad Figo
Achmad Figo saat dilatih Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Bek Arema FC ini menjadi salah satu wajah baru di Timnas Indonesia. Pemain berumur 20 tahun itu melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia saat menang 4-1 atas Timor Leste. Ia masuk di penghujung babak kedua menggantikan Rachmat Irianto.

4. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh
Aksi Ronaldo Kwateh melawan Timor Leste. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Ronaldo Kwateh melakoni debutnya saat Timnas Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste. Ia masuk di jeda babak kedua menggantikan peran Ramai Rumakiek.

Pemain Madura United itu pun mencatatkan diri menjadi debutan termuda sepanjang sejarah Timnas Indonesia, yakni dalam umur 17 tahun, 3 bulan dan 8 hari. Memecahkan rekor Asnawi Mangkualam dengan 17 tahun, 5 bulan dan 17 hari saat Timnas Indonesia melawan Myanmar pada 21 Maret 2017.

Ronaldo berkontribusi memberikan assist kepada Ricky Kambuaya untuk mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-65.

Selanjutnya, Ronaldo menjadi starter dan bermain hampir sampai menit ke-80 saat Timnas Indonesia menang 3-0 atas Timor Leste di laga kedua.

5. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan
Marselino Ferdinan ketika menghadapi Timor Leste. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Pemain muda Persebaya Surabaya ini melakoni debut saat Timnas Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste. Ia menggantikan peran Evan Dimas pada menit ke-66.

Marselino Ferdinan pun menjadi pemain kedua termuda sepanjang sejarah Timnas Indonesia yang melakoni debut, yakni dalam usia 17 tahun , 4 bulan, dan 18 hari.

Di pertandingan kedua saat Timnas Indonesia menang 3-0 atas Timor Leste, ia bermain sebagai starter.

6. Bayu Fiqri

Bayu Fiqri
Bayu Fiqri. (PSSI)

Bek kanan Persib Bandung ini melakoni debut saat Timnas Indonesia menang 3-0 atas Timor Leste di pertandingan kedua. Pemain berumur 21 tahun ini tampil ngotot dan impresif sepanjang laga.