BolaSkor.com - Laga akbar akan tersaji saat Italia bertemu Spanyol pada semifinal Piala Eropa 2020. Kedua tim punya cerita panjang dalam sejarah turnamen ini.

Italia dan Spanyol menjadi dua tim unggulan yang masih bertahan di Piala Eropa 2020. Pertemuan kedua tim menjanjikan sebuah pertandingan yang berkualitas.

Namun Italia sedikit lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan. Hal itu tak lepas dari performa tim asuhan Roberto Mancini sejak fase grup.

Baca Juga:

Rekor Adu Penalti Italia Vs Spanyol: Siapa Paling Jago?

Susunan Pemain Terbaik Campuran Timnas Italia dan Spanyol

Prediksi Italia Vs Spanyol: Melawan 'Ketidakadilan' di Wembley

Italia menyapu bersih tiga laga di fase grup dengan kemenangan. Gawang Gianluigi Donnarumma juga tak kebobolan.

Italia menunjukkan mental juaranya saat mengalahkan Austria lewat perpanjangan waktu pada babak 16 besar. Penampilan Gli Azzurri kian tak terbendung usai menyingkirkan Belgia di perempat final.

Sementara Spanyol menuju semifinal dengan kurang meyakinkan. Tumpulnya lini depan menjadi masalah utama tim ini.

Meski begitu, tidak ada jaminan Italia mampu mengalahkan Spanyol dengan mudah. Apalagi rekor pertemuan kedua tim di putaran final Piala Eropa cukup berimbang.

Berikut ini rangkuman pertemuan Italia dan Spanyol sepanjang sejarah bergulirnya Piala Eropa:

1. Spanyol 0-0 Italia (Fase grup Piala Eropa 1980)

Pertemuan perdana Spanyol dan Italia di Piala Eropa terjadi pada edisi 1980. Ketika itu kedua tim tergabung di grup 2 bersama Belgia dan Inggris.

Spanyol dan Italia langsung bertemu pada laga perdana fase grup. Duel kedua tim berlangsung di Giuseppe Meazza.

Italia yang bermain di kandang sendiri lebih diunggulkan. Apalagi tim asuhan Enzo Bearzot diperkuat sederet bintang seperti Dino Zoff, Marco Tardelli dan Claudio Gentile.

Namun Spanyol faktanya mampu memberikan perlawanan sengit. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0.


2. Italia 1-0 Spanyol (Fase grup Piala Eropa 1988)

Delapan tahun berselang, Italia dan Spanyol kembali tergabung di grup yang sama pada Piala Eropa 1988. Kedua tim harus saling bunuh dengan Jerman Barat dan Denmark untuk melaju ke semifinal.

Kali ini kedua tim bertemu pada laga kedua grup 1 di Waldstadion, Frankfurt. Sebelumnya, Italia bermain imbang kontra Jerman Barat sementara Spanyol menang tipis atas Denmark pada laga perdana.

Spanyol yang dimotori Andoni Zubizarreta dan Emilio Butragueno percaya diri menatap laga kontra Italia. Hasil imbang setidaknya akan menjaga peluang mereka untuk lolos ke fase gugur.

Italia yang tampil di bawah tekanan pada akhirnya mampu bangkit. Gol tunggal Gianluca Vialli membuat Negeri Pizza menang dengan skor 1-0.

Kemenangan itu membuat kondisi kedua tim berbalik. Italia pada akhirnya mampu lolos ke semifinal sedangkan Spanyol harus tersingkir karena finis di peringkat ketiga.


3. Italia 0-0 (2-4 pen) Spanyol (Perempat final Piala Eropa 2008)

Salah satu pertemuan Italia dan Spanyol di Piala Eropa tersaji pada edisi 2008. Kala itu babak perempat final menjadi panggungnya.

Spanyol yang tampil impresif di fase grup lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan. Gaya tiki-taka yang kental dengan Barcelona berhasil ditularkan ke skuat La Furia Roja asuhan Luis Aragones.

Namun permainan umpan-umpan pendek Spanyol menemui jalan buntu di pertahanan Italia. Tim asuhan Roberto Donadoni tampak sudah sangat siap untuk mengantisipasinya.

Kedua tim pun bermain imbang 0-0 hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Laga terpaksa dilanjutkan ke adu penalti.

Pada adu tos-tosan, Spanyol terlihat lebih siap. Dari lima eksekutor penalti, hanya Daniel Guiza yang gagal menjalankan tugasnya usai tembakannya ditepis Gianluigi Buffon.

Sementara dua eksekutor Italia yaitu Daniele De Rossi dan Antonio Di Natale juga gagal menaklukkan Iker Casillas. Spanyol menutup laga dengan kemenangan 4-2.


4. Spanyol 1-1 Italia (Fase grup Piala Eropa 2012)

Untuk ketiga kalinya, Spanyol dan Italia tergabung di grup yang sama pada Piala Eropa 2012. Namun Tim Matador berstatus sebagai juara bertahan.

Kedua tim langsung bertemu pada laga perdana. Yang mengejutkan Italia mampu memberi perlawanan sengit kepada Spanyol.

Italia bahkan unggul lebih dulu lewat aksi Antonio Di Natale pada menit ke-61. Namun Spanyol hanya butuh waktu tiga menit untuk menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Cesc Fabregas.

Skor 1-1 menutup duel kedua tim. Italia dan Spanyol pada akhirnya mampu lolos ke fase gugur.


5. Spanyol 4-0 Italia (Final Piala Eropa 2012)

Setelah bertarung sengit di fase grup, Spanyol dan Italia kembali bertemu pada laga final edisi 2012. Pertandingan ini diprediksi akan berjalan sengit.

Namun pada kenyataannya, Spanyol mampu tampil sangat dominan. Tim asuhan Vicente del Bosque seolah sudah mempelajari kesalahannya saat bertemu di fase grup.

Spanyol mampu mengalahkan Italia dengan skor 4-0 lewat gol-gol David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata. Mereka pun sukses mempertahankan gelar juara yang direbut empat tahun sebelumnya.


6. Italia 2-0 Spanyol (16 Besar Piala Eropa 2016)

Italia dan Spanyol harus bertemu secara dini pada babak 16 besar Piala Eropa 2016. Ini merupakan ulangan final edisi sebelumnya.

Italia yang kalah memalukan empat tahun sebelumnya mampu membalas dendam. Tim asuhan Antonio Conte mengalahkan Spanyol dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Italia dicetak oleh Giorgio Chiellini dan Graziano Pellè. Hasil ini juga seolah meruntuhkan dominasi Spanyol dalam delapan tahun terakhir.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini