Bolaskor.com - Sirkuit Buriram atau yang juga dikenal Chang International Circuit, Thailand bakal jadi tempat lomba putaran ke-15 MotoGP 2019, akhir pekan ini, setelah tahun lalu juga diselenggarakan di lokasi yang sama pada tanggal 7 Oktober 2018.

Pada lomba MotoGP Thailand, nama Marc Marquez bakal jadi sorotan utama. Karena ia berpeluang mengunci titel juara dunia MotoGP 2019. Dia hanya perlu meraih dua poin lebih banyak dari rival terdekatnya, Andrea Dovizioso.

Baca Juga:

Alasan Pembalap MotoGP Suka Berlatih Motocross

Analisis Mick Doohan soal Marc Marquez Satu-satunya Pembalap Honda yang Kompetitif

BolaSkor.com pun telah mengumpulkan fakta dan data mengenai lomba di sirkuit ini.

1. Asal Mula Nama Sirkuit

Trek memiliki dua nama yaitu Sirkuit Buriram dan Chang bukan tanpa alasan. Chang sendiri diambil dari sponsor utama trek yaitu Chang Beer, yang merupakan merk minuman beralkohol. Karena pada beberapa negara tidak diperbolehkan mempublikasi perusahaan alkohol, maka disiapkan nama Buriram, seperti lokasi sirkuit ini berada.

2. Trek Dibuka Tahun 2014

Sirkuit kali pertama dibuka pada tahun 4 Oktober 2014. Trek memiliki panjang lintasan 4,554 km dan 12 tikungan. Karakteristik Buriram sendiri memiliki banyak sektor lurus panjang, sehingga bertipe sirkuit cepat. Pembangunan sirkuit ini membutuhkan biaya sebesar 2 miliar bath atau sekitar Rp 740 miliar.

Marc Marquez dan Andrea Dovizioso
Persaingan Andrea Dovizioso dan Marc Marquez pada Lomba MotoGP Thailand 2018 (Zimbio)

3. Kontrak 3 Tahun jadi Tuan Rumah MotoGP

Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports sudah menandatangani kontrak tiga tahun dengan Sirkuit Buriram untuk menggelar Kejuaraan Dunia Balap Motor terhitung sejak musim 2017. Selain MotoGP, Buriram juga jadi tempat lomba Kejuaraan Dunia Superbike.

4. Grade 1 FIA dan Grade A FIM Pertama di Thailand

Sirkuit Buriram sudah mendapatkan sertifikasi Grade A dari Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan sertifikasi Grade 1 dari Federasi Automobil Internasional (FIM). Jadi sirkuit ini tidak hanya bisa menggelar MotoGP, tapi juga ajang Kejuaraan Dunia Formula seperti F1 atau FE.

5. Didesain oleh Herman Tilke

Hermann Tilke adalah desainer Sirkuit Buriram. Nama Tilke memang berstatus desainer top trek balap di dunia. Bisa dibilang, lebih dari 50 persen sirkuit yang masuk kalender F1 maupun MotoGP dirancang oleh pria asal Jerman ini.

6. Duel Marquez Vs Dovizioso

MotoGP Thailand 2018 merupakan debut Buriram menggelar event Kejuaraan Dunia Balap Motor. Jalannya lomba sendiri menampilkan persaingan ketat antara Marc Marquez versus Andrea Dovizioso. Marquez akhirnya finis pertama setelah memenangkan duel di lap terakhir dengan selisih hanya 0,115 detik.* (Shyanne Gunawan)