BolaSkor.com - Chelsea akan menantang Liverpool pada laga final Piala FA 2021-2022, di Stadion Wembley, Sabtu (15/05). Laga tersebut memiliki setidaknya enam fakta menarik.

Chelsea dan Liverpool kembali berhadapan pada musim ini. Setelah drama adu tendangan penalti yang dimenangi The Reds pada final Piala Liga Inggris, kali ini Piala FA yang jadi panggungnya.

Tentunya, kedua tim punya tujuan yang sama yakni kemenangan. Bagi Liverpool, gelar Piala FA akan menjaga mereka tetap berada di jalur meraih quadruple pada musim ini. Sementara itu, Piala FA adalah satu-satunya gelar yang mungkin dimenangi Chelsea pada musim ini.

Baca Juga:

Posisi Thomas Tuchel di Chelsea Tidak Aman

Head to Head Jurgen Klopp vs Thomas Tuchel Jelang Final Piala FA

Pep Guardiola: Semua Orang dan Media di Inggris Dukung Liverpool Juara Premier League

Sebelum menyaksikan duel Mohamed Salah dan kawan-kawan versus Romelu Lukaku dan kawan-kawan, kami akan mengajak Sobat BolaSkor untuk menilik sejumlah fakta menarik duel final seperti di bawah ini:

1. Hanya untuk kedua kalinya, dua tim sama-sama berhadapan di final Piala Liga Inggris dan Piala FA dalam satu musim (Chelsea Vs Liverpool). Satu yang pertama adalah pada musim 1992-1993 di mana Arsenal mengalahkan Sheffield di kedua final.

2. Liverpool selangkah lagi mengulangi kesuksesan pada musim 2000-2001 di mana berhasil meraih trofi pada Piala Liga Inggris dan Piala FA di musim yang sama. Sementara itu, tim terakhir yang kalah pada dua final tersebut di musim yang sama adalah Middlesbrough (1996-1997).

3. Ini adalah pertemuan keempat antara Chelsea dan Liverpool pada musim ini dengan tiga di antaranya berakhir imbang (Piala Liga Inggris Liverpool menang via penalti). Terakhir kali dua tim Inggris empat kali berhadapan dan selalu imbang dalam satu musim adalah duel Arsenal versus Chelsea (2017-2018).

4. Chelsea dan Liverpool pernah berhadapan satu kali pada final Piala FA (2012). Saat itu, Chelsea keluar sebagai pemenang setelah unggul 2-1 berkat gol Ramires dan Didier Drogba.

5. Ini adalah final ke-16 Chelsea dan final ke-15 Liverpool di Piala FA. Kedua tim tersebut secara berurutan ada di peringkat ketiga dan keempat di bawah Manchester United (20 final) dan Arsenal (21 final).

6. Ini adalah final ketiga beruntun Chelsea di Piala FA. Namun, pada dua laga sebelumnya, The Blues selalu kalah (2019-2020 Vs Arsenal) (2020-2021 Vs Leicester City). Kini, The Blues menghindari menjadi tim berikutnya setelah Newcastle United yang gagal dalam tiga final beruntun Piala FA.