6 Fakta Menarik Tentang Jamal Musiala, Pencetak Gol Termuda Bayern Munchen yang Pernah Hadapi Garuda Select

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 19 September 2020
6 Fakta Menarik Tentang Jamal Musiala, Pencetak Gol Termuda Bayern Munchen yang Pernah Hadapi Garuda Select
Jamal Musiala (Twitter)

BolaSkor.com - Bayern Munchen mengawali perjalanannya di Bundesliga 2020-2021 dengan berpesta delapan gol ke gawang FC Schalke 04. Namun fakta tersebut bukan satu-satunya hal menarik yang tersaji dalam laga ini.

Dalam laga yang berlangsung di Allianz Arena, Sabtu (19/9) dini hari WIB, Munchen tampil perkasa dan mengalahkan Schalke dengan skor 8-0. Serge Gnabry menyumbang tiga gol di antaranya.

Wajar jika mantan pemain Arsenal itu cukup disorot dalam kemenangan ini. Hal yang sama juga berlaku untuk Leroy Sane yang ikut menyumbang satu gol pada laga debutnya.

Baca Juga:

Bayern Munchen Buka Bundesliga dengan Pesta 8 Gol ke Gawang Schalke

Terkait Negosiasi Thiago Alcantara, Liverpool Bikin Kemajuan Pesat

Liverpool dan Manchester United Dituding Peras Bayern Munchen dalam Saga Transfer Thiago Alcantara

Meski begitu, sorotan juga tertuju kepada Jamal Musiala. Wonderkid berusia 17 tahun itu menutup pesta gol Munchen lewat tendangan spektakuler pada menit ke-81.

Gol itu ia cetak saat usianya 17 tahun 205 hari. Hal tersebut membuatnya secara resmi memegang rekor sebagai pencetak gol termuda munchen di ajang Bundesliga.

Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Roque Santa Cruz sejak tahun 1999. Penyerang berkebangsaan Paraguay itu melakukannya ketika berusia 18 tahun 12 hari.

Nama Musiala tentu masih jarang terdengar di telinga pecinta sepak bola. BolaSkor.com coba memberikan sejumlah fakta menarik terkait calon bintang Munchen tersebut:

1. Lahir di Jerman

Jamal Musiala lahir di Jerman pada 26 Februari 2003, tepatnya di kota Stuttgart. Di sanalah dirinya pertama kali mengenal sepak bola.

Musiala diketahui sempat memperkuat tim lokal bernama TSV Lehnerz hingga berusia delapan tahun. Setelah itu, ia pindah ke Inggris mengikuti kedua orang tuanya.


2. Punya darah Kongo dari sang Ayah

Jamal Musiala kecil dan keluarga

Jamal Musiala merupakan nama yang tak lazim untuk orang Jerman. Ternyata, dirinya memang bukan asli keturunan bangsa Arya.

Dalam tubuh Musiala, mengalir darah Kongo dari sang ayah. Sementara darah Jerman berasal dari ibunya.


3. Jebolan Akademi Chelsea

Jamal Musiala (paling kanan)

Meski lahir di Jerman, Musiala mulai meniti karier sepak bolanya secara serius saat tinggal di Inggris. Ia sempat berlatih di Southampton sebelum diboyong Chelsea.

Bersama Chelsea, kualitas Musiala mulai terasah. Ia bahkan dipromosikan ke tim U-18 saat baru berusia 15 tahun.

Hal itu menunjukkan bahwa kemampuan Musiala di atas rata-rata. Posisi favoritnya sejak junior adalah gelandang serang.


4. Diperebutkan Inggris dan Jerman

Bakat Musiala nyatanya tengah diperebutkan Inggris dan Jerman. Federasi kedua negara sempat memanggilnya untuk memperkuat timnas kelompok umur.

Musiala pertama kali dipanggil memperkuat Timnas Inggris U-15 pada 2016 silam ketika usianya baru 13 tahun. Setelah itu ia naik kelas ke timnas U-16.

Pada tahun 2018, federasi sepak bola Jerman memanggil Musiala untuk memperkuat Timnas U-16. Ia sempat tampil dua kali bersama skuat Bavarian.

Musiala saat ini kembali memperkuat Timnas Inggris di level U-17. Namun ia masih bisa berganti negara lagi hingga melakoni debut di level senior.


5. Bukan target utama Bayern Munchen

Bayern Munchen mendatangkan Musiala dari akademi Chelsea pada 2019 silam. Namun sang pemain saat itu bukanlah target utama Die Roten.

Munchen menjalin komunikasi dengan Chelsea untuk membajak Callum Hudson-Odoi. Pemain berusia 19 tahun itu ingin dijadikan sebagai pengganti Arjen Robben yang pensiun.

Namun rencana Munchen menemui kegagalan. Hudson-Odoi memilih menandatangani kontrak jangka panjang bersama Chelsea dan saat ini masih menjadi bagian tim asuhan Frank Lampard.

Disela-sela negosiasi Hudson-odoi itulah Munchen juga memberikan tawaran kepada Musiala. Menariknya, Chelsea ternyata tak berniat melepas sang pemain dengan memberikan tawaran kontrak jangka panjang juga.

Namun berbeda dengan hudson-odoi, Musiala justru menerima pinangan Munchen. Ia pun kembali ke negara tempat dirinya lahir.


6. Pernah hadapi Garuda Select

Para pemain muda Indonesia yang tergabung dalam skuat Garuda Select angkatan pertama pernah mencicipi kehebatan Musiala. Momen itu terjadi ketika Garuda Select berhadapan dengan Chelsea U-16 pada Mei 2019 silam.

Dalam pertandingan itu, Musiala menunjukkan kualitasnya. Ia bermain penuh dan mencetak hat-trick untuk membawa Chelsea menang 7-2.

Laga kontra Chelsea menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk para pemain garuda Select. Dua bulan kemudian, Musiala menerima pinangan Munchen.

Bayern munchen Jamal Musiala Trivia Sepak Bola Sosok Bundesliga Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan