6 Fakta Menarik Thomas Doll, Pelatih Baru Persija Jakarta

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 26 April 2022
6 Fakta Menarik Thomas Doll, Pelatih Baru Persija Jakarta
Thomas Doll. (Twitter)

BolaSkor.com - Persija Jakarta resmi menunjuk Thomas Doll sebagai manajer pelatih untuk musim depan. Bahkan, juru taktik asal Jerman tersebut langsung mendapat kontrak selama tiga tahun sampai 2025.

Keputusan Persija memberikan kontrak jangka panjang kepada Thomas Doll diyakini sebagai upaya tim Ibu Kota untuk membangun tim yang tangguh dalam waktu yang lama.

Apalagi Thomas Doll juga diberikan tugas sebagai manajer pelatih. Artinya, Doll tidak hanya fokus dari sisi teknis yang berkaitan dengan strategi atau pertandingan.

Baca Juga:

Profil Thomas Doll: Pelatih Anyar Persija yang Akrab dengan Pemecatan

Persija Resmi Lepas Eks Juventus dan Timnas Italia Marco Motta

Jika bicara soal nama besar, Thomas Doll tentu tidak sepopuler pelatih Jerman lainnya, seperti Jurgen Klopp, Ralf Rangnick, atau Jurgen Klinsmann.

Namun, ada enam fakta menarik yang berkaitan dengan eks gelandang serang Timnas Jerman tersebut.

Berikut 6 fakta menarik soal Thomas Doll:

Pelatih Jerman Pertama di Persija

Thomas Doll menjadi pelatih asal Jerman pertama yang menukangi Persija sepanjang tim ibu kota tersebut berdiri. Persija memang cukup akrab dengan pelatih-pelatih asal Eropa, tapi orang Jerman pertama yang mengarsiteki Persija adalah Thomas Doll.

Sebelumnya, Persija pernah dilatih oleh Albert Fafie asal Belanda, lalu Ivan Kolev dan Atanas Georgiev dari Bulgaria, Arcan Iurie (Moldova), Julio Banuelos (Spanyol), dan Angelo Alessio (Italia).

Filosofi Sepak Bola Menyerang

Saat menjalani sesi interview dengan direksi Persija, Thomas Doll menyebut dirinya sebagai pelatih yang berorientasi dengan gaya sepak bola menyerang.

Hal ini tentu bukan sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, ketika masih aktif bermain, Thomas Doll adalah seorang gelandang serang

Tak Asing dengan Jakarta

Thomas Doll teryata pernah menyambangi Indonesia, tepatnya ke Jakarta. Itu terjadi pada 2007 saat tim yang diasuhnya, Borussia Dortmund, bertanding dengan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 19 Desember 2007.

7 Trofi

Thomas Doll mencapai puncak karier melatih saat menangani klub Hungaria, Ferencvaros. Di sana, Doll berhasil mempersembahkan enam gelar, yaitu Liga Hungaria (2016), Piala Hungaria (2015,2016,2017), Piala Liga Hungaria (2015), dan Piala Super Hungaria (2015). Selain itu, Thomas Doll juga sempat memberikan gelar juara Piala Intertoto untuk Hamburger SV pada 2005.

Koleksi 224 Kemenangan

Dalam karier kepelatihannya, Thomas Doll sudah menangani tujuh tim utama. Dimulai dari Hamburgers SV, Borussia Dortmund, Genclerbirligi, Al-Hilal, Ferencvaros, Hanover 96, dan APOEL Nikosia. Dari seluruh klub itu, ia meraih 224 kemenangan, 102 hasil imbang, dan 118 kekalahan.

Final Piala Eropa 1992

Saat masih aktif sebagai pemain, pencapaian terbaik Thomas Doll adalah membawa Timnas Jerman ke final Piala Eropa 1992. Sayangnya, Doll gagal menjadi juara setelah Jerman kalah oleh Denmark, 0-2. Secara keseluruhan, Thomas Doll mencatatkan 47 caps bersama Der Panzer.

Trivia Sepak Bola Persija jakarta Thomas Doll Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.257

Bagikan