BolaSkor.com - Borussia Dortmund melanjutkan kegemarannya mengumpulkan pemain muda berbakat untuk diasah menjadi bintang. Terbaru, Die Borussen meresmikan kedatangan gelandang berusia 17 tahun, Jude Bellingham.

Dortmund membeli Bellingham dari Birmingham City dengan biaya 25 juta poundsterling. Harga tersebut menahbiskannya sebagai remaja termahal di Eropa saat ini.

Untuk mendapatkan Bellingham, Dortmund harus bersaing dengan sejumlah klub Eropa lain termasuk Manchester United. Sang pemain diganjar kontrak berdurasi lima tahun.

Baca Juga:

Lagi, Buruan Manchester United Lepas ke Borussia Dortmund

Wonderkid Birmingham Merapat ke Dortmund, Man United Alami Kasus 'Haaland' Jilid II

Borussia Dortmund Bajak Wonderkid Incaran Manchester United

"Saya benar-benar bersemangat untuk bergabung dengan salah satu klub terbesar di Eropa. Reputasi Dortmund dalam membantu pemain muda untuk berkembang membuat keputusan ini sangat mudah bagi saya secara pribadi dan seluruh keluarga saya," kata Bellingham dilansir dari Goal.

Dortmund memang menjadi salah satu opsi terbaik bagi para pemain muda untuk mengembangkan kariernya. Nama-nama seperti Mario Gotze, Robert Lewandowski, Erling Haaland, Jadon Sancho dan Achraf Hakimi menjadi contohnya.

Bellingham sangat berpeluang mengikuti jejak para pemain di atas. Dengan postur tubuh ideal dan skill mumpuni, ia punya modal kuat untuk menjadi seorang bintang.

"Bellingham memiliki potensi besar yang ingin kami kembangkan bersama dengannya di tahun-tahun mendatang. Dia sudah memiliki sejumlah kualitas dan mental yang kuat," kata direktur olahraga Dortmund, Michael Zorc.

Nama Bellingham tentu masih terdengar asing bagi para pecinta sepak bola. BolaSkor.com coba merangkum beberapa fakta menarik terkait pemain kelahiran 29 Juni 2003 tersebut di bawah ini:

1. Berposisi sebagai gelandang

Banyak pihak menilai Dortmund membeli Bellingham untuk menjadi pengganti Sancho yang diburu Manchester United. Padahal kedua pemain ini memiliki posisi dan karakter permainan yang berbeda.

Sancho berposisi sebagai winger yang gemar menyisir sisi lapangan mengandalkan kecepatannya. Sementara Bellingham lebih sering dimainkan sebagai gelandang tengah.

Bellingham memang tidak secepat dan selincah Sancho. Namun ia punya postur ideal dengan kaki yang panjang serta didukung kemampuan olah bola di atas rata-rata.

Musim ini, Bellingham tampil sebanyak 40 kali di Championship. Ia mampu mencetak empat gol dan tiga assist.


2. Masuk dalam daftar talenta muda terbaik Inggris

Pada Februari tahun lalu, nama Bellingham masuk dalam daftar 50 remaja paling berbakat di sepak bola Inggris versi Four Four Two. Padahal saat itu usianya baru menginjak 15 tahun.

Bellingham memang hanya menempati peringkat ke-49. Namun ia merupakan pemain termuda kedua dalam daftar tersebut.

Sejak saat itu, namanya mulai mencuri perhatian. Apalagi Birmingham berani memberinya kesempatan untuk tampil di tim senior.

Bellingham bahkan kini memegang dua rekor dalam sejarah Birmingham. Ia menjadi pemain termuda yang melakoni debut dan sekaligus pencetak gol termuda.

Bellingham menjadi salah satu langganan untuk memperkuat timnas junior Inggris. Ia sudah pernah membela Timnas U-15 hingga U-17.


3. Pernah datang ke pusat pelatihan Manchester United dan bertemu Sir Alex ferguson

Manchester United yang tertarik kepadanya coba mencuri start. Mereka mengundang Bellingham datang ke Carrington untuk melihat pusat pelatihan klub pada Maret lalu.

Sang pemain juga bertemu para petinggi Setan Merah termasuk Ole Gunnar Solskjaer dan Sir Alex Ferguson. Bellingham mengaku terkesan dengan jamuan tersebut.

Hal inilah yang membuat Bellingham disebut akan hengkang ke Manchester United. Namun pada akhirnya ia lebih memilih Dortmund.


4. Bakatnya mengalir dari sang ayah

Ayah Jude Bellingham yang bernama Mark memang berprofesi sebagai aparat kepolisian. Namun ia punya rekam jejak menjadi pesepak bola yang disegani di ajang Non-liga atau kompetisi amatir.

Mark Bellingham disebut pernah membela 15 klub amatir dan mencetak 700 gol dari sekitar 850 penampilan. Sebuah catatan yang fantastis meski layak diperdebatkan.


5. Penggemar Lionel Messi

Dalamm sebuah unggahan di Twitter, Jude Bellingham memproklamirkan diri sebagai penggemar Lionel Messi. Ia tak ragu menyebut bintang Barcelona itu sebagai yang terbaik sepanjang masa.

Bellingham dan Messi memang memiliki posisi bermain yang berbeda. Namun keduanya punya kemampuan skill individu di atas rata-rata.

Mungkin hal ini juga yang membuatnya enggan memperkuat Manchester United. Rival sekota Manchester City itu memang identik dengan Cristiano Ronaldo yang merupakan rival utama Messi.


6. Kapten di tim junior

Jude Bellingham nampaknya memiliki karakter untuk menjadi seorang pemimpin. Ia sering dipercaya menjadi kapten bahkan di level tim nasional.

Bellingham pernah menjadi kapten Timnas U-17 Inggris saat berlaga di ajang Piala Syrenka, tahun lalu. Hasilnya ia mampu mempersembahkan gelar juara dan meraih penghargaan pemain terbaik.