BolaSkor.com – Permainan Timnas Indonesia saat ini masih jauh dari kata memuaskan. Ini terlihat ketika para pemain bermain di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) beberapa waktu yang lalu.

Belum lagi penurunan performa yang diperlihatkan oleh pemain Indonesia. Ketika bermain di level umur para pemain Indonesia mampu tampil dengan baik, namun ketika berada di level senior kemampuan seperti hilang.

Memang ada beberapa perbaikan dari Timnas Indonesia selama ditangani oleh manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Salah satu perbaikan di kondisi fisik pemain, yang kini mampu bertanding selama 90 menit.

Baca Juga:

PSSI Bertemu Virtual dengan Shin Tae-yong Bahas Roadmap

Pelatih Timnas Shin Tae-yong Isi Libur dengan Menjadi Komentator Olimpiade

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto menilai ada enam hal yang masih perlu diperbaiki oleh pemain Indonesia untuk bisa lebih baik lagi. BolaSkor.com pun coba menjabarkan enam hal yang dikatakan oleh Nova Arianto, berikut penjelasanya:

1. Attitude

Pemain Timnas Indonesia harus memiliki tingkah laku baik di dalam dan luar lapangan. Beberapa pemain memang dinilai masih belum memiliki tingkah laku yang baik. Bahkan Shin Tae-yong pernah mencoret pemain karena tingkah lakunya yang kurang baik.

2. Tanggung Jawab

Pemain harus memiliki tanggung jawab menjalankan tugas di lapangan sesuai instruksi pelatih. Tanggung jawab pemain akan lebih berat jika dipanggil ke Timnas Indonesia.

3. Motivasi

Pemain seharusnya memiliki semangat tinggi dalam diri masing-masing untuk jadi yang terbaik saat pemusatan latihan atau training camp (TC), termasuk dalam pertandingan. Dengan ingin menunjukan yang terbaik maka kemampuan yang mereka miliki akan keluar dengan maksimal.
Ryuji Utomo saat TC Bersama Timnas Indonesia (PSSI)


4. Disiplin

Disiplin menjadi hal utama yang harus dimiliki pemain. Pemain harus rutin berlatih dan menjaga kondisi fisik, juga menjaga pola makan. Salah satu pemain yang patut dicontoh untuk kedisiplinan adalah Ryuji Utomo.
Ryuji bisa dibilang merupakan role model yang harus diikuti oleh pemain-pemain di Indonesia. Ryuji sangat disiplin dalam menjaga kondisinya terlihat dari bentuk tubuhnya saat ini.

5. Sikap Tak mudah menyerah

Pemain harus berani menghadapi lawan siapapun, jangan merasa kalah sebelum bertanding. Ketika menghadapi musuh yang lebih kuat terkadang pemain sudah terlebih dahulu takut, hal ini lah yang perlu dihilangkan dan Shin Tae-yong pun terlihat sedang memperbaiki masalah ini.

6. Respect

Menghormati kawan dan lawan adalah hal yang paling dasar yang perlu ada. Dengan menghormati lawan, maka lawan pun akan melakukan sebaliknya kepada pemain dan kedewasaan pemain pun terlihat dari respect kepada lawan.