6 Keuntungan dan Kerugian MU Rekrut Kembali Cristiano Ronaldo

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 31 Agustus 2021
6 Keuntungan dan Kerugian MU Rekrut Kembali Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo dengan fans MU (Twitter)

BolaSkor.com - Megabintang asal Portugal Cristiano Ronaldo menjadi transfer kejutan Manchester United jelang deadline bursa transfer musim panas 2021. Pemain berusia 36 tahun jadi rekrutan ketiga United setelah Jadon Sancho dan Raphael Varane.

Kedatangan Ronaldo cukup mengejutkan dan terjadi dalam hitungan jam. Sesaat setelah pemenang lima ballon d'Or memutuskan hengkang dari Juventus Ronaldo sedianya dikaitkan dengan Manchester City.

Itu memancing United untuk bergerak dan dengan adanya partisipasi Sir Alex Ferguson, mantan manajer United, Red Devils sukses mendapatkan mantan pemain yang pernah memperkuat tim dari medio 2003-2009 itu.

Baca Juga:

5 Alasan Juventus Tak Perlu Meratapi Kepergian Cristiano Ronaldo

Meski Memiliki Ronaldo, MU Masih Tertinggal dari Tim-tim Rival

Terungkap, Man United Langsung Jadikan Ronaldo Pemain Bergaji Tertinggi

"Manchester United dengan senang hati mengonfirmasi bahwa klub telah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk transfer Cristiano Ronaldo, sepakat dengan kesepakatan personal, visa, dan medis," demikian pernyataan di laman resmi United.

"Cristiano, pemenang Ballon d'Or lima kali, sejauh ini telah memenangkan lebih dari 30 trofi utama selama kariernya, termasuk lima gelar Liga Champions UEFA, empat Piala Dunia Antarklub FIFA, tujuh gelar liga di Inggris, Spanyol dan Italia, dan Piala Eropa untuk negara asalnya Portugal."

Ronaldo direkrut dengan mahar 20 juta euro lebih plus bonus dan kontrak berdurasi dua tahun. Kembalinya sang legenda disambut antusias fans hingga para legenda yang pernah bermain dengannya.

Akan tapi tidak semua hal mengenai kabar kedatangan Ronaldo merupakan berita positif untuk United. Kehadirannya memberikan keuntungan untuk klub, tapi juga kerugian. Merangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkapnya:

Kerugian

1. Bom Waktu

Patut diingat usia Ronaldo tahun depan akan berumur 37 tahun dan ia tak lagi sama seperti di masa lalu pada masa prima. Nama besar Ronaldo tidak berubah, tapi kehadirannya justru bisa jadi bom waktu untuk United, apa maksudnya?

Jika Ole Gunnar Solskjaer tak pintar menangani skuadnya serta pendekatan personal tidak bagus, atmosfer ruang ganti pemain bisa memanas.

Ronaldo bukan pemain yang suka berulah, tetapi dengan adanya Jadon Sancho, Paul Pogba, Edinson Cavani, Bruno Fernandes, Raphael Varane, tidak akan mudah bagi Solskjaer menangani ego pemain-pemain top yang selalu ingin bermain.

Bahkan sampai saat ini gelandang asal Belanda, Donny van de Beek yang pernah jadi bintang di Ajax Amsterdam tak banyak mendapatkan waktu bermain. Ronaldo akan selalu ingin bermain, tapi usianya tak lagi muda, menarik melihat bagaimana Solskjaer mengatasinya.

2. Mengurangi Jam Bermain Pemain Lain

Mason Greenwood

Memilih pemain bukan perkara mudah bagi pelatih, begitu juga Solskjaer. Ronaldo kini sudah kembali gabung United dan jika ia bermain otomatis satu slot akan diisinya, maka ini akan menggusur pemain lain ke bangku cadangan.

Mason Greenwood tengah on fire mencetak gol di awal musim 2021-2022 dan ia berpotensi dicadangkan jika Ronaldo bermain dengan Sancho, Fernandes, dan Cavani di lini depan. Jika bukan Greenwood maka Sancho akan dicadangkan.

Cukup disayangkan jika pemain-pemain muda yang seharusnya banyak bermain untuk menambah pengalaman digusur ke bangku cadangan karena Ronaldo. Lagi, Solskjaer harus cerdas merotasi skuadnya.

3. Cristiano Ronaldo yang Berbeda

Nostalgia indah fans Man United akan hari-hari kejayaan klub dengan Ronaldo pada medio 2003-2009 akan selalu diingat, tetapi jangan lupa juga Ronaldo saat ini berbeda. 12 tahun berlalu sejak ia pergi meninggalkan Old Trafford.

Usianya kini sudah berumur 36 tahun. Bahkan Zlatan Ibrahimovic banyak absen membela AC Milan karena cedera mendekati usia 40 tahun. Jadi Solskjaer tak bisa lagi memainkannya tiap pekan dan melihat Ronaldo bak dahulu kala dilatih Sir Alex Ferguson.

Keahlian Solskjaer akan dinanti dalam hal tersebut. Ronaldo - tentunya - ingin bermain, tetapi Solskjaer harus dapat memberinya pengertian akan usianya dan dengan bijak memainkannya.

Misalnya, Ronaldo bisa bermain pada 15 atau 30 menit terakhir laga dari bangku cadangan atau starter namun tidak bermain penuh 90 menit. Kualitasnya tak perlu diragukan lagi dan bisa jadi pembeda laga, tetapi Ronaldo saat ini mendekati penghujung kariernya dan Solskjaer sedianya bijak memainkannya.

Keuntungan

4. Contoh bagi Pemain-pemain Muda

Marcus Rashford, Greenwood, Scott McTominay, Donny van de Beek, dan pemain muda United lainnya dapat belajar dari Madrid yang meninggalkan warisan besar di Real Madrid tersebut.

Kehadiran Ronaldo dapat mengubah mentalitas dan atmosfer di ruang ganti pemain yang sudah memiliki pemain-pemain top seperti Cavani, Pogba, Fernandes, Varane, dan David De Gea.

5. Adaptasi Singkat

Meski pelatih United bukan lagi Ferguson melainkan Solskjaer yang pernah berada di satu tim bersama Ronaldo, tetapi adaptasi Ronaldo diprediksi tidak akan membutuhkan waktu panjang. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya.

Ronaldo sudah mengenal kultur sepak bola Inggris, kemudian dalam skuad United ada nama-nama yang tidak asing lagi dengannya. Diogo Dalot dan Fernandes kompatriotnya di timnas Portugal, sementara Varane mantan rekan setimnya di Madrid.

Belum lagi Solskjaer dan asistennya Michael Carrick sangat dikenal Ronaldo. Selain itu Ronaldo kini bisa sewaktu-waktu bertemu dengan Ferguson yang sudah dianggapnya seperti ayah sendiri.

6. Keuntungan Meningkat

Baru saja diumumkan comeback ke Man United, Ronaldo sudah meningkatkan saham nilai pasar yang meroket menjadi 212 juta poundsterling. Sementara di Instagram kabarnya akun resmi United mengalami peningkatan lebih dari 2,5 juta pengikut.

Jika Ronaldo memberikan sukses raihan trofi untuk United maka pendapatan klub juga akan terdongkrak. Di satu sisi berbeda, United kini juga akan dianggap sebagai kandidat peraih titel dengan kedatangannya.

Breaking News Cristiano Ronaldo Manchester United Trivia Sepak Bola Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan