BolaSkor.com - Vietnam menjadi negara ASEAN yang sudah berjalan sepak bolanya. Sejauh ini setidaknya sudah ada enam kompetisi yang diputar.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mulai menjalankan roda kompetisi menyusul terkendalinya penyebaran virus corona (COVID-19). Sejak akhir April, pemerintah Vietnam sudah menarik pembatasan sosial.

VFF mulai menyusun agenda kompetisi sejak awal Mei. Itu setelah selama 20 hari sejak 16 April sampai 6 Mei tak ditemukan kasus baru virus corona.

1. Piala Nasional

Suporter Nam Dinh. (Dantri)

Piala Nasional menjadi ajang yang pertama digelar di Vietnam pasca pandemi virus corona. Laga pertama babak kualifikasi menampilkan Duoc Nam Ha Nam Dinh melawan Hoang Anh Gia Lai (HAGL) di Stadion Thien Truong pada 23 Mei.

Lebih dari 10 ribu penonton hadir dalam laga tersebut. Kehadiran suporter menjadi sorotan, terlebih di negara lain menerapkan laga tanpa penonton.

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo turut hadir di stadion karena memang sudah dijadwalkan memantau para pemain timnas, termasuk yang kemungkinan direkrutnya ke skuat Golden Stars.

Baca Juga:

Ada Potensi Piala AFF 2020 Berubah Format dan Vietnam Menjadi Tuan Rumah

Jadwal Partai Sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 Timnas Indonesia Menemui Kejelasan

2. Kejuaraan Futsal Nasional

Laga Futsal. (VOV/VFF)

Ajang ini digelar mulai 1 Juni. Di hari pertama fase pertama kualifikasi, tiga laga digelar, artinya enam tim tampil. Babak kualifikasi digelar hingga 9 Juni, sementara fase kedua 14 Juni hingga 5 Juni.

3. Kejuaraan Putri U-19 Nasional

Liga Putri U-19 Vietnam. (VFF)

Kompetisi untuk putri U-19 Vietnam dimulai 1 Juni. Ada tiga pertandingan digelar di Pusat Pelatihan Sepak Bola Usia Muda Vietnam di Hanoi.

Kompetisi dibuka secara resmi oleh VFF yang diwakili Ketua Tran Quoc Tuan, Wakil Ketua Pham Thanh Hung, dan anggota Exco serta Kepala Sepak Bola Putri Pham Ngoc Tuan. Kejuaraan ini diikuti enam tim.

4. Kejuaraan Putra U-19 Nasional

Laga Kejuaraan U-19 2020. (VFF)

Kompetisi untuk putra U-19 juga digulirkan mulai 1 Juni. Laga yang dijalankan merupakan partai putaran kedua. Putaran pertama sudah berakhir pada Maret 2020 lalu.

Tiga laga Grup A digelar di Pusat Pelatihan Sepak Bola Usia Muda. Hanya dua pertandingan di Grup B, Grup C, Grup E diselenggarakan masing-masing di Stadion Tu Do, Pusat Pelatihan Ham Rong, dan Pusat Olahraga Thanh Long.

Kompetisi kembali digelar 3, 5, 6 Juni. Sementara Kejuaraan U-17 dilaporkan baru digelar pada pertengahan Juli hingga awal Agustus.

Baca Juga:

Kalah dalam Voting Terfavorit dari Stadion Utama GBK dan Bukit Jalil, Rajamangala Siap Menjadi Nomor Satu

FAM Rencanakan Pemusatan Latihan dengan Sistem Karantina untuk Timnas Malaysia

5. V-League 1

Selebrasi Viettel melawan Nam Dinh. (Vietnamnet)

Adapun kompetisi kasta tertinggi yakni V-League mulai digulirkan pada 5 Juni. Tiga laga digelar, masing-masing mempertemukan Hai Phong melawan Ho Chi Minh, Duoc Nam Ha Nam Dinh melawan Viettel, serta Sai Gron menghadapi Becamex Binh Duong.

Puluhan ribu penonton juga dilaporkan hadir dalam satu pertandingan V-League pasca pandemi virus corona. V-League 1 hanya akan dijalankan satu putaran.

6. V-League 2

(VFF)

Kompetisi kasta kedua juga mulai digelar pada 5 Juni. Di hari pertama setelah penyelenggaraan menunggu lama, dua pertandingan digelar masing-masiong mempertemukan Doang Thap melawan XCKT Can Tho serta Pho Hien melawan Binh Phuoc.