BolaSkor.com - Tahun 2021 baru saja berakhir. Sepanjang 12 bulan lamanya, deretan momen menarik dari dunia sepak bola mewarnai pemberitaan.

Berbagai event dan kompetisi sepak bola memang mampu bergulir sesuai jadwal. Meskipun masa pandemi virus corona belum berakhir.

Pada periode ini, suporter juga diizinkan kembali ke tribun stadion. Hal itu tak lepas dari mulai terkendalinya virus corona dan tingkat vaksinasi yang cukup tinggi.

Baca Juga:

Kaleidoskop Sepak Bola Internasional 2021

10 Rising Star 2021 di Eropa

6 Bintang yang Kariernya Pasang Surut Sepanjang 2021

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dunia sepak bola kerap diwarnai momen-momen mengejutkan. Hal ini seolah menegaskan peribahasa 'Bola itu Bundar'.

BolaSkor.com telah merangkum enam momen mengejutkan sekaligus mengesankan sepanjang 2021. Berikut ini rangkumannya:

1. Lille Patahkan Dominasi PSG

Reputasi Paris Saint-Germain sebagai tim terbaik Prancis tercoreng usai gagal menjuarai Ligue 1 2020-2021. Les Parisiens harus mengakui kehebatan Lille yang unggul satu poin di klasemen akhir.

Lille sukses menghentikan dominasi PSG yang sudah menjuarai Ligue 1 dalam tiga musim sebelumnya secara beruntun. Hal ini menjadi bukti skuat bertabur bintang tidak menjamin gelar juara.


2. Sensasi Thomas Tuchel di Chelsea

Thomas Tuchel membuktikan tangan dinginnya usai membawa Chelsea juara Liga Champions 2020-2021. Padahal ia datang di pertengahan musim menggantikan Frank Lampard yang dipecat.

Saat Tuchel tiba, Chelsea dalam kondisi yang carut marut. Banyak bintang berharga mahal yang disorot karena performa tak maksimal.

Tuchel secara perlahan mampu membenahi masalah tersebut. Chelsea kemudian menjelma menjadi tim yang efektif hingga merebut status raja Eropa.


3. Argentina Patahkan Kutukan Copa America

Kesuksesan Argentina menjuarai Copa America 2021 merupakan sebuah kejutan. Itu tak lepas dari kutukan Tim Tango di laga final.

Argentina terakhir kali menjuarai Copa America pada edisi 1993. Setelah itu mereka empat kali masuk final dan selalu berujung tragis.

Wajar jika Argentina kurang diunggulkan jelang final dimulai. Apalagi lawannya Brasil yang berstatus juara bertahan dan tuan rumah.

Namun Lionel Messi dan kawan-kawan terbukti mampu menjawab keraguan. Ini menjadi gelar perdana bagi La Pulga dan angkatannya di timnas senior.


4. Italia Juara Piala Eropa

Italia memang menjuarai Piala Eropa 2020 dengan relatif mulus. Namun tidak banyak yang menjagokan mereka sebelum turnamen dimulai.

Italia datang ke Piala Eropa 2020 dengan bayang-bayang kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018. Namun Roberto Mancini mengubah mentalitas Gli Azzurri dengan cepat.

Italia melewati fase grup dengan poin sempurna dan tanpa kebobolan. Setelah itu, mereka mampu melewati hadangan tim-tim kuat seperti Belgia, Spanyol, hingga Inggris.


5. Lionel Messi Tinggalkan Barcelona

Bursa transfer musim panas dikejutkan dengan kepergian Lionel Messi dari Barcelona. Padahal kedua pihak sepakat untuk memperpanjang ikatan kerja sama.

Regulasi LaLiga terkait batas beban gaji menjadi alasan utama Barcelona gagal memperpanjang kontrak Messi. Blaugrana memang tengah dilanda krisis finansial yang akut dan utang segunung pada periode tersebut.

Messi kemudian menyeberang ke Paris Saint-Germain setelah diperebutkan banyak klub. Raksasa Prancis itu menjadi klub kedua yang dibela dalam karier profesionalnya.


6. Cristiano Ronaldo Pulang ke Manchester United

Seolah tak mau ketinggalan, Cristiano Ronaldo juga membuat gempar penghujung bursa transfer musim panas. Ia memilih pulang ke Manchester United usai meminta pergi dari Juventus.

Manchester United hanya mengeluarkan dana sekitar 15 juta euro untuk memulangkan Ronaldo. CR7 juga sempat dikaitkan dengan Manchester City.

Sayang kepulangan Ronaldo tak otomatis menjadikan Manchester United sebagai penantang gelar juara. Setan Merah kini masih kesulitan untuk sekadar menembus empat besar.