BolaSkor.com- Berbicara tentang pembalap paling sukses di ajang grand prix, nama Valentino Rossi tentu lengket di dalamnnya. Rider berjuluk The Doctor tersebut tak hanya memukau di lintasan, tetapi juga memiliki basis penggemar di seluruh dunia.

Tak perlu alasan rumit untuk menyukai Rossi, cukup mengetahui fakta kalau pembalap asal Italia tersebut merupakan peraih sembilan gelar juara dunia. Jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat Rossi masih aktif membalap di usianya yang sudah menginjak 39 tahun.

Berbagai macam dari beragam kelas dan pabrikan sudah pernah dicicipi Rossi. Semua motor yang pernah ditungganginya juga selalu memiliki cerita yang membekas di kenangan para penggila balap.

Total sembilan gelar juara dunia yang diraih Rossi berasal dari tiga titel saat berkiprah di kelas 125cc, 250cc, dan 500cc. Sementara enam gelar lainnya saat sudah berformat MotoGP.

Dalam perjalanan kariernya, Rossi bisa dibilang cukup sering berpindah tim. Sebanyak sembilan motor dari tiga pabrikan yakni Aprilia, Honda, dan Yamaha pernah mengantar The Doctor meraih gelar juara dunia.

Mari kita mengingat jenis motor dari pabrikan mana saja yang pernah membawa Rossi berjaya sebanyak sembilan kali pada balapan grand prix.