BolaSkor.com - Valencia memutuskan memecat Marcelino Garcia Toral tengah pekan lalu dan menuntuk Albert Celades sebagai pengganti.

Keputusan Valencia memecat Marcelino terbilang mengejutkan. Karena Marcelino adalah pelatih yang berhasil mengembalikan Valencia ke papan atas LaLiga.

Baca Juga:

Lima Tahun Masa Kepemimpinan Pengusaha Singapura di Valencia: Rekrut 52 Pemain

Jasper Cillessen ke Valencia, Barcelona Rekrut Kiper Brasil

Peter Lim (marca)

Marcelino mampu membawa klub yang saat dipegangnya ada di papan tengah hingga bisa meraih tiket Liga Champions. Marcelino berhasil membuat Valencia finis di peringkat keempat dan menjuarai Copa del Rey. Akan tetapi semua pencapaian itu tampaknya tidak berarti.

Pemecatan Marcelino juga bisa menjadi gambaran betapa panasnya kursi pelatih Valencia dan "kejamnya" Peter Lim, sang pemilik klub.

Berikut enam pelatih yang didepak Valencia sejak 2015.

1. Nuno Espirito Santo (2014-2015)

Serupa dengan Marcelino, Nuno Espirito Santo juga sukses membangkitkan Valencia dan membawa klub lolos ke Liga Champions pada 2015. Sayang, performa buruk di musim 2015-16 membuat publik tak lagi mendukungnya.

Nuno, yang saat ini membesut Wolverhampton Wanderers, pun akhirnya didepak setelah Valencia hanya bisa duduk di posisi kesembilan klasemen LaLiga.


2. Gary Neville (2015-2016)

Biasa vokal saat menjadi pundit di televisi, Gary Neville seperti tak bertaji saat mengangani Valencia. Neville diberi jabatan pelatih karena kedekatannya dengan Peter Lim. Gary sendiri datang menyusul sang adik Phil yang sudah terlebih dulu menjadi staf pelatih.

Sejak di tangan Gary Neville, Valencia gagal memetik kemenangan dalam 10 laga beruntun. Di klasemen LaLiga, Valencia melorot hingga peringkat ke-15. Di ajang Copa del Rey, langkah Valencia terhenti di semifinal setelah dibantai Barcelona 0-7. Saat LaLiga tersisa delapan laga, Neville akhirnya didepak.

3. Pako Ayestaran (2016)

Pako Ayestaran berhasil menyelamatkan Valencia dari degradasi musim 2015-16. setelah berhasil meraih 10 poin dari delapan laga terakhir pasca-pemecatan Gary Neville. Salah satu kemenangan yang diraih adalah saat membekap Barcelona 2-1, klub yang sebulan sebelumnya membantai mereka 0-7 di ajang Copa del Rey.

Akan tetapi pada musim berikutnya, mantan asisten Rafa Benitez saat di Liverpool itu hanya bertahan satu bulan. Pako dipecat setelah Valencia menelan empat kekalahan beruntun di awal musim 2016-17.


4. Cesare Prandelli (2016)

Setelah melepas Pako Ayestaran, Peter Lim mendatangkan Cesare Prandelli. Akan tetapi mantan pelatih tim nasional Italia itu hanya bertahan dalam 10 laga.

Di tangan Prandelli, Valencia mencatat tiga kemenangan, tiga imbang, dan empat kekalahan.


5. Salvador “Voro” Gonzalez (2016-2017)

Sempat menjadi pelatih caretaker sebelum masuknya Gary Neville, Voro kembali dipanggil untuk memjadi pelatih tetap menggantikan Cesare Prandelli hingga akhir musim 2016-17.

Voro berhasil menyelamatkan Valencia dari sedotan zona degradasi dan finis di posisi ke-12. Meski begitu, Valencia tetap memutuskan untuk mendatangkan pelatih baru musim berikutnya dan melepas Voro

6. Marcelino (2017-2019)

Posisi Voro digantikan oleh Marcelino. Pada musim perdananya, Marcelino membawa Valencia finis di posisi keempat dan tampil pada semifinal Copa del Rey. Pada musim 2018-19, di bawah Marcelino, Valencia kembali finis di peringkat keempat, juara Copa del Rey, dan mencapai semifinal Liga Europa.

Namun pada 11 September 2019, Marcelino didepak oleh Valencia saat baru melakoni tiga laga.