6 Pemain Bernomor Punggung 7 Man United sebelum Ronaldo Pulang

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 04 September 2021
6 Pemain Bernomor Punggung 7 Man United sebelum Ronaldo Pulang
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Cristiano Ronaldo dipastikan kembali memakai jersey bernomor punggung 7 di Manchester United. Hal ini terakhir kali terjadi pada musim 2008-2009 atau 12 tahun silam.

Ronaldo pertama kali gabung Manchester United pada musim panas 2003. Ia langsung diberi tanggung jawab menggunakan nomor 7 yang sangat keramat bagi Setan Merah.

Uniknya, pemilihan nomor punggung ini merupakan paksaan dari Sir Alex Ferguson. Ronaldo sebenarnya meminta jersey bernomor 28.

Baca Juga:

Sah, Edinson Cavani Relakan Nomor Punggung 7 Digunakan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo Jalani Karantina Tak Biasa Jelang Gabung Man United

Kenang Gol Terbaik Sepanjang Karier, Legenda Milan Sindir Man United

Siapa sangka Ronaldo yang kala itu baru berusia 18 tahun mampu menjawab kepercayaan tersebut. Ia langsung tampil impresif pada laga debutnya kontra Bolton Wanderers.

Ronaldo kemudian menjelma menjadi salah satu pemain bernomor punggung 7 Manchester United paling berpengaruh. Sembilan trofi bergengsi ia persembahkan untuk raksasa Inggris tersebut.

Namun Ronaldo memilih pergi ke Real Madrid pada musim panas 2009. Sejak saat itu, Manchester United kesulitan mencari pengganti yang sepadan.

Sejumlah nama sudah diberi kepercayaan untuk memakainya. Mulai dari pemain muda penuh potensi hingga yang bernama besar.

Namun tidak ada yang mampu minimal mendekati torehan Ronaldo. Jersey bernomor punggung 7 Manchester United justru menjadi semacam kutukan yang bisa meredupkan karier si empunya.

Sejak Ronaldo pergi dan kini kembali ke Old Trafford, ada enam pemain yang pernah mengenakan jersey bernomor punggung 7 Manchester United. Berikut rangkumannya:

1. Michael Owen

Michael Owen secara mengejutkan diberi kepercayaan untuk mengenakan jersey bernomor punggung 7 sepeninggal Ronaldo. Sir Alex Ferguson sendiri yang memberikan wewenang tersebut.

Keputusan ini sempat menimbulkan kontroversi karena latar belakang Owen sebagai produk akademi dan mantan pemain Liverpool. Kedua klub memang memiliki rivalitas yang panas.

Namun Ferguson tampak tak peduli dengan hal itu. Owen tetap memakai nomor punggung 7.

Owen menjawab kepercayaan tersebut dengan koleksi sembilan gol dan dua assist pada musim debutnya. Momen terbaiknya tentu gol kemenangan ke gawang Manchester City pada masa injury time.

Owen tercatat tiga musim memakai nomor punggung 7 Manchester United. Namun dua musim terakhirnya lebih banyak dihabiskan di ruang perawatan.


2. Antonio Valencia

Setelah Owen pergi, nomor punggung 7 berpindah pemilik. Pada musim 2012-2013, Antonio Valencia diberi kepercayaan memakainya.

Valencia datang pada musim panas yang sama dengan Owen. Ia bahkan memang disiapkan untuk mengisi pos sayap kanan yang ditinggalkan Ronaldo.

Valencia awalnya mengenakan jersey bernomor 25. Ia menjadi salah satu sosok kunci dalam skema serangan Manchester United.

Namun penampilannya mulai menurun saat memakai nomor punggung 7. Torehan gol dan assist-nya menurun drastis ketimbang musim sebelumnya.

Valencia mampu mempersembahkan trofi Premier League saat mengenakan nomor punggung 7. Namun ia memilih kembali memakai nomor 25 pada musim depannya.


3. Angel Di Maria

Jersey bernomor punggung 7 sempat tanpa pemilik pada musim 2013-2014. Tidak ada pemain yang berani menggunakannya usai Antonio Valencia beralih ke nomor 25.

Semusim berselang, Angel Di Maria akhirnya diberi kepercayaan mengenakan jersey keramat tersebut. Ia diboyong dari Real Madrid dengan banderol mencapai 75 juta euro.

Sayang, Di Maria gagal menjawab kepercayaan tersebut dengan maksimal. Ia seperti terbebani dengan jersey nomor 7 sehingga performanya tak maksimal.

Karier Di Maria bersama Manchester United bahkan berakhir singkat. Ia memilih pindah ke Paris Saint-Germain di akhir musim.


4. Memphis Depay

Setelah Di Maria hengkang, jersey nomor punggung 7 Manchester United tak butuh waktu lama untuk mencari pemilik baru. Memphis Depaya yang didatangkan dari PSV Eindhoven pada musim panas 2015 diberi tanggung jawab menggunakannya.

Optimisme tinggi pun mengiringi keputusan ini. Depay dianggap punya kapasitas untuk mengikuti jejak Ronaldo karena memiliki skill individu dan naluri gol yang tinggi.

Namun harapan tak selamanya menjadi kenyataan. Depay gagal menjawab ekspektasi tinggi dan tampil tak konsisten.

Depay memperkuat Manchester United selama 1,5 musim saja. Ia kemudian dibuang ke Olympique Lyon pada Januari 2017.


5. Alexis Sanchez

Setelah kepergian Depay, kutukan nomor punggung 7 Manchester United mulai diakui. Terbukti tak ada yang berani mengenakannya selama satu tahun.

Nomor 7 kembali memiliki pemilik setelah Manchester United memboyong Alexis Sanchez pada Januari 2018. Ekspektasi tinggi kembali mengiringi pemain berkebangsaan Chile tersebut.

Sanchez dianggap memiliki kekuatan mental untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Ia sebelumnya berstatus sebagai andalan Arsenal.

Namun Sanchez pada akhirnya gagal mematahkan kutukan ini. Penampilannya menurun drastis hingga akhirnya dilepas ke Inter Milan jelang musim 2019-2020.


6. Edinson Cavani

Jersey bernomor punggung 7 Manchester United kembali tanpa pemilik sepanjang musim 2019-2020. Sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer tampak berhati-hati memberikan tanggung jawab ini.

Edinson Cavani akhirnya diberi kepercayaan untuk mengemban tanggung jawab tersebut semusim berselang. Ia didatangkan dengan status bebas transfer pada deadline transfer musim panas 2020-2021.

Cavani sempat diragukan bisa mengemban tanggung jawab ini. Apalagi usianya sudah tidak muda lagi.

Namun siapa sangka, Cavani menjadi salah satu pemakai nomor punggung 7 terbaik setelah kepergian Ronaldo. Ia seolah mampu mematahkan kutukan yang melekat dengan mencetak 17 gol sepanjang musim lalu.

Torehan tersebut membuat Cavani bisa dibilang sebagai pemakai nomor punggung 7 terbaik selepas kepergian Ronaldo. Ia pun kini rela menyerahkan nomor keramat tersebut kepada pemilik aslinya.

Manchester United Cristiano Ronaldo Memphis Depay Angel Di Maria Antonio Valencia Edinson Cavani Michael owen Alexis Sanchez Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan