BolaSkor.com - Tahun 2020 menjadi tahun yang sulit untuk para pemain sepak bola di Indonesia. Kompetisi masih belum bisa ditentukan kapan akan kembali digelar. Hal ini membuat banyak pemain kehilangan penghasilan dan sentuhan dalam bermain bola.

Dengan tidak adanya kompetisi tersebut, banyak pemain yang kini sedang mencoba peruntungan untuk bermain di luar negeri. Tidak hanya mencari untuk mendapatkan penghasilan, tapi mereka juga mencari pengalaman baru untuk bisa menjadi yang lebih baik lagi.

Sebenarnya beberapa pemain Indonesia sudah terlebih dahulu bermain di luar negeri. Mereka ada Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica), dan dua pemain keturunan Elkan Baggott (Ipswich Town) dan Kelana Noah Mahessa (Bonner SC).

Baca Juga:


BolaSkor.com menghitung setidaknya ada enam pemain Timnas Indonesia yang saat ini mencoba peruntungan di luar negeri. Luar biasanya dari enam pemain tersebut semuanya masih berusia sangat muda dan memiliki prospek kedepan yang cukup baik, berikut penjelasannya:

1. Asnawi Mangkualam

Kabar mengejutkan datang dari bek sayap PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar. Di luar dugaan penggawa Timnas Indonesia U-23 ini direkrut klub kasta kedua kompetisi Korea Selatan (Korsel), K League 2, Ansan Greeners FC. Ia dikontrak selama satu musim dengan perpanjangan 12 bulan.

Kepindahan Asnawi ke Korea Selatan ini juga merupakan andil besar dari manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu merekomendasikan kepada manajemen Ansan Greeners untuk bisa mendatangkan Asnawi.

Asnawi Mangkualam. (Intagram)



2. Amiruddin Bagus Kahfi

Amiruddin Bagus Kahfi memang sudah menjadi perbincangan besar ketika dirinya ingin memperkuat FC Utrecht. Namun kepindahan Bagus Kahfi ke FC Utrecht itu menuai banyak drama. Namun pada akhirnya, Bagus Kahfi berhasil pindah ke Belanda.

Sebelum bermain di tim utama, adik kandung dari Amiruddin Bagas Kaffa ini terlebih dahulu bermain di FC Utrecht U-18. Rencananya Bagus Kahfi akan dikontrak oleh FC Utrecht sampai dengan pertengahan tahun 2022 mendatang.

Amiruddin Bagus Kahfi. (FC Utrecht)



3. Brylian Aldama

Sebenarnya dari pemain Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama lah yang terlebih dahulu mendapatkan tawaran bermain di luar negeri. Pemain asal Surabaya ini, akan berseragam klub Kroasia, HNK Rijeka pada tahun 2021. Brylian dikontrak dengan durasi selama 18 bulan.

Proses kepindahan Brylian sudah rampung, tapi sampai sekarang mantan pemain Persebaya Surabaya U-20 ini masih menunggu visa kerja yang belum rampung untuk bisa segera berangkat ke Kroasia.

Brylian Aldama. (PSSI)



4. Ryuji Utomo

Ryuji Utomo resmi dipinjamkan Persija ke Penang FC.Ryuji akan berada di Penang FC selama semusim, hingga Desember 2021 mendatang. Ini bukan pertama kalinya Ryuji berkarier di luar negeri, sebelumnya ia juga pernah bermain untuk klub Bahrain Al Najma serta tim Thailand PTT Rayong.

Penang FC merupakan klub promosi di musim ini yang sebelumnya menjadi juara Malaysia Premier League 2020 (kasta kedua Liga Malaysia). Di ajang lain, Penang juga memiliki catatan empat kali juara Malaysia Cup, dan satu Malaysia FA Cup.

Ryuji Utomo. (Media Persija)



5. Todd Rivaldo Ferre

Persipura Jayapura akhirnya melepas salah satu talenta terbaiknya, Todd Rivaldo Ferre, ke klub Liga 2 Thailand, Lampang FC. Todd Rivaldo Ferre dilepas dengan status pinjaman.

Todd Rivaldo Ferre memang sudah dikabarkan akan direkrut oleh Lampang FC dengan status pinjaman. Maklum saja, Liga 1 2020 ditunda hingga Februari 2021. Pemain Timnas Indonesia U-23 itu akan dipinjam oleh Lampang FC hingga Maret 2021 dengan opsi perpanjangan satu bulan.

Todd Rivaldo Ferre. (Instagram)



6. Syahrian Abimanyu

Kepidandahan Syahrian Abimanyu ke Johor Darul Ta'zim (JDT) menjadi perhatian besar pencinta sepak bola Tanah Air. Bagaimana tidak, selama ini Abi tidak pernah terdengar akan pindah ke luar negeri, tapi nyatanya ia pindah ke JDT dengan durasi kontrak tiga tahun.

Meski begitu, Abi tidak langsung bermain di JDT. Pemain asal Banjarnegara ini terlebih dahulu dipinjamkan ke Klub Liga Australia A-League, Newcastle Jets.

Syahrian Abimanyu. (PSSI)