BolaSkor.com - Bergulirnya Piala Menpora ibarat oase bagi sepak bola Indonesia. Sejak pandemi merebak, tak ada lagi pertandingan sepak bola yang bisa dinikmati khalayak luas.

Kompetisi dihentikan seiring tidak turunnya izin keamanan dari pihak kepolisian. Oleh karenanya, turnamen pramusim ini seperti pelepas dahaga bagi semua orang yang terlibat di industri sepak bola tanah air.

Selain itu, Piala Menpora juga bisa dibilang berkah bagi para pemain muda. Tanpa kompetisi, banyak pemain asing berbondong-bondong cabut dari Indonesia demi menyelamatkan kariernya dan akhirnya banyak klub mengandalkan pemain lokal dan pemain muda di turnamen ini.

PSIS Semarang yang menggunakan kombinasi pemain senior dan junior lokal, berhasil mengangkangi tiga klub lainnya untuk menggapai tiket ke delapan besar dengan status juara Grup A. Sementara di Grup C, Persebaya Surabaya juga berhasil lolos ke fase selanjutnya dengan skuad yang serupa.

Baca Juga:

Persebaya Masih Berjuang di Piala Menpora, Abu Rizal Pilih Mundur

7 Fakta Menarik Usai Fase Grup Piala Menpora 2021 Rampung

Berikut enam pemain muda debutan yang mampu mencuri perhatian di Piala Menpora 2021:

1. Pratama Arhan (PSIS)

Bek PSIS Pratama Arhan selebrasi. (Media PSIS)

Melejit bersama Timnas Indonesia U-19, membuat jajaran pelatih tak lagi ragu memainkannya sebagai starter. Kepercayaan tersebut dibayar lunas dengan penampilan cemerlang. Kepiawaian Arhan tak hanya melemparkan bola lemparan ke dalam dengan sangat jauh, torehan dua gol dan satu assist dalam tiga laga babak grup menjadi janji Arhan bahwa dirinya akan terus berkembang di kemudian hari.

2. M. Bayu Fiqri (Persib)

Bayu Mochamad Fiqri. (Media Persib)

Walaupun baru diturunkan sekali saat menghadapi Persita Tangerang, penggawa Timnas Indonesia U-19 ini bermain apik selama 90 menit. Bahkan banyak dukungan mengarah kepadanya usai penampilannya tersebut. Tampil di posisi bek kanan, Bayu bermain lugas di pertahanan dan agresif saat membantu serangan. Satu assist yang diberikan kepada Ezra Walian menjadi bukti kualitasnya.

3. Farrel Arya (PSIS)

Farrel Arya Trisandika selebrasi gol dalam laga melawan TIRA-Persikabo. (Media PSIS)

Tanpa pemain asingnya, PSIS mengandalkan banyak pemain muda di turnamen pramusim ini. Fandi Eko mungkin menjadi penampil utama dengan penampilan cemerlangnya sepanjang babak grup tapi Farrel Arya juga tak kalah brilian. Tampil sebagai ujung tombak di laga kontra Persikabo, dirinya menginspirasi kemenangan timnya dengan torehan satu gol dan satu assist.

4. Alif Jaelani (Barito Putera)

Alif Jaelani. (Instagram Barito Putera)

Barito Putera juga tak kalah soal penampilan pemain muda. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Alif Jaelani. Jebolan Garuda Select 2019-2020 di Inggris tersebut berhasil menampilkan permainan terbaiknya saat Laskar Antasari menaklukkan Arema FC. Di laga tersebut, Alif terlibat dalam dua gol kemenangan Barito Putera.

5. Akbar (Persela)

Akbar. (Instagram Persela)

Persela yang telah lama dikenal dengan gudang pemain muda, juga tak mau tertinggal dalam hal ini. Walaupun belum pernah meraih kemenangan dalam tiga laga awal, satu nama berhasil naik ke permukaan. Akbar berhasil menjadi satu-satunya pemain lokal yang mencetak gol bagi Laskar Joko Tingkir di turnamen ini. Pemain asal Makassar tersebut melakukannya saat menyelamatkan Persela dari kekalahan atas Madura United.

6. M. Firli (Barito Putera)

M. Firli. (Instagram Barito Putera)

Barito Putera memang kebobolan hingga enam gol di tiga pertandingan Piala Menpora 2021. Tetapi ada satu nama pemain muda yang sejatinya tampil apik dalam menghalau serangan lawan. M. Firli yang diberi kesempatan sejak pertandingan perdana, berhasil menampilkan performa brilian di tengah buruknya pertahanan timnya. Peran krusialnya hadir saat menciptakan gol penyeimbang ke gawang Persikabo pada laga pamungkas jelang bubaran. Hasil imbang 2-2 akhirnya mengantarkan timnya ke delapan besar dan bakal menghadapi Persija Jakarta, Sabtu (10/4) malam WIB. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Madura)