6 Pemain yang Pernah Membela Man United dan Man City

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 11 November 2018
6 Pemain yang Pernah Membela Man United dan Man City
Carlos Tevez di Derby Manchester (Zimbio)

BolaSkor.com – Cukup sulit membayangkan pemain bisa pindah dari satu klub ke klub lainnya yang notabene masih berada di satu kota yang sama, khususnya jika kedua klub saling bersaing dalam sebuah laga derby yang sarat gengsi, harga diri, dan pertarungan untuk jadi yang terbaik.

Sorotan pun semakin besar jika itu melibatkan dua klub besar Inggris layaknya Manchester United dan Manchester City. Sejarah sudah membuktikan, kepindahan yang sulit dibayangkan itu pernah terjadi di masa lalu. Mereka yang pernah mengukir sejarah dengan satu klub, secara kontroversial pindah ke klub sekota lainnya.

Setidaknya ada enam pemain yang pernah merasakan Derby Manchester dengan seragam biru muda dan merah. Siapa saja?

1. Denis Law

Sosok legendaris Man United ini dikenang sebagai salah satu trinitas legenda klub. Bersama dengan Sir Bobby Charlton dan George Best, mereka sama-sama menjadikan United sebagai klub Inggris pertama sepanjang masa yang memenangi Piala Eropa (sekarang Liga Champions) di tahun 1968. Momen ketiganya diabadikan dalam bentuk patung yang ada di Old Trafford.

Law mungkin salah satu ‘pembelot’ yang tidak dibenci fans Man United karena kontribusi besarnya di sana pada medio 1962-1973. Terlebih, Man City kala itu bukanlah tim besar seperti sekarang ini.

Law membela Man City selama dua periode pada medio 1960-61 dan 1973-74. Di periode keduanya, golnya ke gawang Man United di laga terakhir Divisi Pertama (format lama sebelum Premier League) mengirim Setan Merah ke kasta kedua. Law tidak merayakan golnya dan ikut sedih karena Man United degradasi.

2. Peter Schmeichel

Kiper legendaris Man United mengukir sejarah di era Sir Alex Ferguson pada periode 1991-1999, dengan momen terbesarnya terjadi ketika menjuarai treble di tahun 1999. Ayah dari Kasper Schmeichel itu baru pindah ke Man City di penghujung kariernya.

Schmeichel pergi ke Man City pada 2002, setelah sebelumnya bermain di Sporting Lisbon (1999-2001) dan Aston Villa (2001-02).

3. Andy Cole

Duetnya dengan Dwight Yorke disegani lawan-lawannya di masa lalu. Man United memanfaatkan baik servisnya hingga berujung treble di tahun 1999.

Sama seperti Schmeichel, Cole menghabiskan sisa kariernya di Man City. Pada usia 33 tahun di musim 2005-06, Cole mencetak sembilan gol dengan Man City. Cukup bagus untuk pemain di usianya tersebut.

Manchester City Manchester United Derby Manchester Breaking News Premier League Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan