BolaSkor.com - FC Barcelona tidak merekrut nama-nama top di bursa transfer musim panas atau musim ini - hanya Miralem Pjanic dari Juventus. Namun di balik sepinya transfer itu ada hikmah tersendiri dari Barcelona yang diasuh Ronald Koeman.

Koeman (57 tahun) pelatih yang sudah terkenal mengorbitkan pemain muda ke tim utama. Dalam catatan karier kepelatihannya Koeman membantu perkembangan pemain seperti Zlatan Ibrahimovic, Juan Mata, Virgil van Dijk, dan Sadio Mane.

Itu dilanjutkannya kembali di Barcelona saat ini dengan mengorbitkan produk La Masia dan mengembangkan pemain muda yang datang dari klub lain. Setidaknya sudah ada enam pemain yang kini berkembang dan punya potensi jadi tulang punggung Barcelona di masa depan.

Baca Juga:

Ilaix Moriba dan Tendangan Jarak Jauhnya

Hasil Pertandingan: Barcelona Dekati Puncak Klasemen, Juventus Atasi Lazio

Formasi Barcelona jika Hanya Pakai Jebolan La Masia: Icardi Temani Messi

Ilaix Moriba dan Ronald Koeman

"Pemain-pemain seperti Pedri, Ilaix, Riqui, Mingueza dan Araujo menunjukkan bahwa mereka memiliki masa depan yang besar. Sebagai pelatih, saya selalu memberikan kesempatan kepada para pemain muda karena mereka adalah masa depan klub," ucap Koeman.

Usia hanyalah angka di atas kertas. Banyak yang meragukan kelayakan pemain-pemain muda untuk bermain reguler karena mereka minim pengalaman dan jika salah mengasuh mereka, karier mereka bisa hancur. Tapi Koeman tak memedulikannya.

"Tentu saja, lebih mudah untuk mengorbitkan pemain muda ke Belanda karena standar liga tidak seperti di sini, tapi saya pikir Barcelona memiliki banyak talenta," imbuh Koeman. "Mereka pantas mendapatkan kesempatan ini."

"Bermain sebagai pemain muda bukanlah alasan. Kami harus memenangkan banyak hal di sini. Jika Anda bisa melakukannya dengan pemain muda, lebih baik lagi."

"Bagi saya, yang terpenting adalah mereka kompetitif. Usia tidak masalah bagi saya, yang penting adalah apa yang saya lihat di lapangan," tegas dia.

Lantas siapa saja enam pemain muda yang disiapkan Ronald Koeman untuk masa depan Barcelona itu?

1. Ansu Fati

Pemain yang satu ini sedang tidak beruntung dengan cedera. Ansu Fati diorbitkan oleh Ernesto Valverde, eks pelatih Barca, namun Koeman mengembangkannya dengan catatan lima gol dan empat assists dari 10 penampilan.

Baru berusia 18 tahun, Ansu Fati yang berposisi sebagai penyerang sayap punya potensi besar menggantikan Lionel Messi di Barcelona. Sang legenda juga mengakui kualitas pemain berdarah Bissau 31 Oktober 2002 itu.

2. Pedri

Pembelian terbaik Barcelona sejauh ini di musim 2020-2021. Direkrut murah dari Las Palmas, Pedri yang baru berusia 18 tahun bermain bak pemain berumur 25 tahun: tenang, bisa membaca permainan, dan kerap dibandingkan dengan Andres Iniesta.

Kontrol bola Pedri memang mengingatkan fans akan sosok legenda Barcelona itu. Itulah mengapa Pedri jadi andalan Koeman di tengah hingga pemain senior seperti Miralem Pjanic jarang main. Pedri sudah bermain 38 kali dengan catatan tiga gol dan empat assists.

3. Ronald Araujo

Cederanya Gerard Pique dan inkonsistensi bermain Clement Lenglet dan Samuel Umtiti menjadi berkah bagi bek berusia 21 tahun. Ronald Araujo sudah mencetak satu gol sejauh ini dan banyak yang memuji gaya mainnya.

Araujo tampil bagus siapa pun tandemnya dari Pique, Lenglet, hingga Umtiti. Tinggal masalah waktu Araujo semakin matang dalam bermain seiring berjalannya waktu dan mendapatkan pengalaman.

4. Ilaix Moriba

Kerap dibandingkan dengan Paul Pogba karena kekuatan fisik dan punya kemampuan serba bisa sebagai gelandang. Ilaix Moriba (18 tahun) diberi debut oleh Koeman dan baru ini mencetak gol pertama di Barcelona kala melawan Osasuna.

Banyak pemandu bakat yang memantau perkembangan Ilaix Moriba. Prospeknya cukup cerah menjadi gelandang top di masa depan.

5. Oscar Mingueza

Pemain serba bisa yang dapat bermain lebih dari satu posisi selalu jadi idaman pelatih. Oscar Mingueza pun demikian. Bek berusia 21 tahun seyogyanya bek tengah tapi oleh Koeman dijadikan bek kanan yang bahkan menggeser bek kanan asli, Sergino Dest.

Akan tapi pemberian peran baru oleh Koeman itu menjadi berkah tersendiri bagi Mingueza. Tidak hanya bagus di posisi itu dia juga berkembang dari segi pemahaman taktik.

6. Riqui Puig

Sempat diisukan pergi karena Koeman tak masalah membiarkannya pergi dengan status pinjaman. Akan tapi Riqui Puig bertahan dan bahkan unjuk gigi kepada Koeman dengan cara tampil bagus di lapangan pertandingan.

Alhasil pemain berusia 21 tahun perlahan dapat waktu bermain dan sejauh ini sudah tampil 17 kali, mencetak satu gol. Riqui Puig, Moriba, dan Pedri bisa jadi trinitas lini tengah Barca seperti era Xavi, Iniesta, dan Sergio Busquets.