BolaSkor.com - Cerita tersingkirnya Juventus dari delapan besar Liga Champions oleh Real Madrid masih dibahas sampai saat ini. Bukannya apa-apa, bagi fans netral, pertandingan di Santiago Bernabeu berlangsung seru sampai menjelang akhir laga, sebelum wasit asal Inggris, Michael Oliver, membuat satu keputusan kontroversial yang sangat krusial.

Dalam kondisi Juventus unggul 3-0 atas Madrid melalui dua gol Mario Mandzukic dan Blaise Matuidi, kedudukan agregat gol pun sama kuat 3-3. Laga tampaknya akan berlanjut sampai babak tambahan dan potensi drama adu penalti. Namun, Oliver melihat adanya pelanggaran yang dilakukan Medhi Benatia kepada Lucas Vazquez, hingga, hadiah penalti diberikan kepada Madrid yang sukses dieksekusi oleh Cristiano Ronaldo. Madrid lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat gol 4-3.

Kala momen itu terjadi, kiper sekaligus kapten Juventus, Gianluigi Buffon, melakukan protes keras kepada Oliver hingga akhirnya ia menerima kartu merah. Ironisnya, itu kartu merah pertama Buffon dalam 117 laganya di Liga Champions. Pada usianya yang kini berumur 40 tahun, bisa jadi kartu merah itu menandai momen terakhir Buffon di Liga Champions.

Buffon memang belum menyatakan pensiun. Tapi jika benar demikian, perpisahan dengan Liga Champions akan sangat menyedihkan untuk kiper yang sudah bermain sejak tahun 1995 itu.

"Pada beberapa poin, ada waktunya untuk memutuskan (pensiun). Saya takkan menanggapi berlebihan apa yang telah terjadi. Karier Buffon tidak dinilai karena kartu merah atau karena dia tidak memenangi Liga Champions. Dia juara dunia dan kiper kelas dunia. Ini hal-hal yang dihitung," tutur eks kiper legendaris Jerman, Oliver Kahn.

Kapan pensiunnya Buffon hanya dirinya yang tahu. Tapi jika benar pensiun dengan kartu merah tersebut, maka momen itu akan dikenang sepanjang sejarah. Buffon bukan satu-satunya kalau begitu. Masih ada enam legenda sepak bola lainnya, yang "berpisah" dengan cara yang menyedihkan.