6 Statistik Menarik Jelang Bergulirnya Kembali Premier League 2019-20

Arief HadiArief Hadi - Senin, 15 Juni 2020
6 Statistik Menarik Jelang Bergulirnya Kembali Premier League 2019-20
Arsenal vs Manchester City (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League menyusul Bundesliga dan LaLiga dalam memulai kembali kompetisi yang sempat terhenti karena pandemi virus corona. Dua laga pembuka Premier League nanti dibuka dengan laga Aston Villa kontra Sheffield United dan Manchester City melawan Arsenal.

Aston Villa menjadi tuan rumah kontra Sheffield, Kamis (18/06) pukul 00.00 dini hari WIB disusul laga Manchester City melawan Arsenal, Kamis (18/06) pukul 02.15 dini hari WIB. Keduanya merupakan laga tunda Premier League.

Menyisakan sembilan laga lagi, berikut BolaSkor.com merangkum sejumlah statistik menjelang bergulirnya Premier League dengan menilik referensi data BBC Sport. Berikut ulasannya:

Baca Juga:

Skenario Juara Liverpool dan Ambisi Pecah Rekor

Demi Tiket Liga Champions, Manchester United Diminta Tak Terlambat Panas

Liverpool Berpeluang Rayakan Gelar Premier League di Tempat Parkir Goodison Park

1. Rekor Liverpool

Liverpool

Liverpool di ambang juara Premier League sejak terakhir meraihnya pada 1990. Seiring berjalannya musim pasukan Jurgen Klopp telah memecahkan rekor awalan liga terbaik, perolehan poin pada periode 38 laga (104) poin, keunggulan jarak terjauh (25 poin), dan kemenangan kandang beruntun (22 kali).

Rekor itu belum berakhir. The Reds masih dapat memecahkan rekor poin terbanyak dalam semusim (100 poin) - kini Liverpool punya 82 poin, kemenangan terbanyak semusim (32 kemenangan) - Liverpool 27 kemenangan, kemenangan kandang terbanyak semusim - Liverpool 15 kali menang dan rekor 18 kali, dan kemenangan tandang terbanyak.

2. Perebutan Zona Eropa

Duel perebutan titel sudah hampir berakhir dengan titel mendarat di Liverpool, namun perebutan zona Eropa - khususnya Liga Champions - masih seru direbutkan tim-tim seperti Chelsea, Manchester United, Arsenal, Wolverhampton Wanderers, dan Sheffield United.

Empat tim yang disebut terakhir memiliki momentum bermain bagus sebelum pandemi virus corona. Dihitung dengan perhitungan BBC Sport yang menganalisis kemenangan, kemampuan ofensif dan defensif dari lima laga yang dimainkan maka klasemennya seperti ini.

Liverpool (12 poin), Man United (11 poin), Arsenal (11 poin), Sheffield United (10 poin), Wolves (sembilan poin), dan Burnley (sembilan poin). Menarik untuk dinanti apakah mereka bisa menjaga konsistensi pasca liga vakum karena corona.

3. Jadwal Tersisa

Dari jadwal-jadwal laga yang tersisa tim yang paling tidak diuntungkan karena relatif bertemu lawan-lawan sulit adalah Burnley. Kendati sudah mapan di papan tengah klasemen, Burnley masih akan melawan Man City, Sheffield, dan Liverpool.

4. Zona Degradasi

Norwich City

Menilik 24 musim terakhir dengan 20 tim di Premier League perolehan 37 poin sudah relatif aman untuk selamat dari zona degradasi. Saat ini masih ada delapan tim yang belum meraihnya dan membutuhkan poin.

Kedelapan tim itu adalah: Newcastle United, Southampton, Brighton & Hove Albion, West Ham United, Watford, Bournemouth, Aston Villa, dan Norwich City. Tiga di antaranya ada di zona degradasi saat ini, yakni Bournemouth (27 poin), Villa (25 poin), dan Norwich (21 poin).

5. Laga Kandang dan Tandang

Keuntungan laga kandang bak fatamorgana di tengah pandemi virus corona. Tanpa ada penonton di dalam stadion maka tak ada bedanya tim tuan rumah atau tandan karena tak ada kehadiran mereka yang memberikan dukungan hingga intimidasi untuk lawan.

Liverpool, Man City, Man United, dan Leicester City dengan tingkat kemenangan yang banyak di kandang bisa kehilangan magis itu kala mereka jadi tuan rumah di 'new normal'.

6. Sepatu Emas Premier League

Jamie Vardy

Striker Leicester City, Jamie Vardy memimpin daftar top skor Premier League dengan torehan 19 gol. Di belakangnya mengekor Pierre-Emerick Aubameyang (17 gol), Sergio Aguero (16 gol), Mohamed Salah (16 gol), dan Danny Ings (15 gol).

Breaking News Trivia Sepak Bola Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan