7 Aksi Dunia Sepak Bola untuk Hentikan Perang Rusia Vs Ukraina

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 25 Februari 2022
7 Aksi Dunia Sepak Bola untuk Hentikan Perang Rusia Vs Ukraina
Ruslan Malinovskyi (Twitter)

BolaSkor.com - Dunia sepak bola ikut menyuarakan penghentian perang antara Rusia melawan Ukraina. Sejumlah insan sepak bola mengirimkan pesan mereka lewat aksi yang beragam.

Rusia memulai agresinya ke Ukraina sebagai respons dari sejumlah konflik yang terjadi belakangan ini. Ingin melindungi diri, Ukraina pun membalas tindakan militer Rusia.

Namun, perang tersebut bukanlah hal yang diinginkan dunia secara luas. Bahkan, beberapa insan sepak bola turut menyuarakan agar perang dihentikan.

Berikut ini adalah beberapa aksi dari dunia sepak bola untuk menghentikan perang Rusia melawan Ukraina.

Selebrasi Penuh Makna Roman Yaremchuk

Pemain asal Ukraina, Roman Yaremchuk, turut mengambil tindakan atas penyerangan Rusia kepada kampung halamannya. Pemain Benfica itu memberikan dukungan kepada negaranya pada duel melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions.

Roman Yaremchuk mencetak gol penyeimbang Benfica melawan Ajax pada menit ke-72. Dalam selebrasinya, striker 26 tahun itu membuka jersey dan menunjukkan kaus bergambar trisula Ukraina. Aksi tersebut merupakan bentuk dukungan untuk Ukraina yang sedang berjuang melawan Rusia.

Selebrasi Berkelas Ruslan Malinovskyi

Seperti Yaremchuk, Ruslan Malinovskyi tidak mau ketinggalan memberikan dukungan untuk negaranya, Ukraina. Malinovskyi menuliskan pesan mendalam dalam kausnya.

Malinovskyi tampil gemilang ketika Atalanta menumbangkan Olympiacos tiga gol tanpa balas pada leg kedua babak play off 16 besar Liga Europa 2021-2022. Sang gelandang mencetak dua gol.

Ruslan Malinovskyi mengambil kesempatan pada laga tersebut untuk meminta menghentikan invasi Rusia ke negaranya. Dalam selebrasinya, Ruslan Malinovskyi membuka jersey dan menunjukkan tulisan "Tidak ada perang di Ukraina".

Pesan Heroik Andriy Shevchenko

Aksi berikutnya datang dari legenda sepak bola Ukraina, Andriy Shevchenko. Mantan pemain AC Milan itu meminta rakyat Ukraina untuk tetap bersatu.

Perang Rusia melawan Ukraina sangat mengusik Andriy Shevchenko. Sheva mengungkapkan jika perang tersebut mengancam keluarganya.

Oleh karena itu, Sheva meminta dukungan dari dunia untuk menghentikan tindakan Rusia. Ia menegaskan jika Ukraina ingin kedamaian.

"Pagi-pagi sekali, perang dengan kekuatan penuh dimulai oleh Rusia. Orang-orangku dan keluargaku dalam bahaya," tulis Sheva di Instagram.

"Ukraina dan rakyatnya menginginkan perdamaian dan integritas teritorial. Tolong, saya meminta Anda mendukung negara kami dan meminta pemerintah Rusia untuk menghentikan agresi dan pelanggaran hukum yang dilakukan."

"Kami hanya ingin perdamaian. Perang tidak diperlukan. Perang bukan jawaban," tutupnya.

Napoli dan Barcelona Bersatu

Duel Napoli melawan Barcelona pada leg kedua babak play off 16 besar Liga Europa 2021-2022, di Stadion Diego Maradona, juga disisipi pesan menghentikan perang. Kedua klub saling merangkul untuk memberikan pesan damai.

Sebelum pertandingan, para pemain Barcelona dan Napoli saling berfoto bersama dengan memegang spanduk bertuliskan hentikan perang. Aksi tersebut merupakan sinyal tegas jika sepak bola tidak setuju dengan kekerasan.

Kartu Merah dari Mesut Ozil

Mantan pemain Arsenal, Mesut Ozil, turut buka suara terkait perang Rusia melawan Ukraina. Sang gelandang mengunggah gambar penuh pesan pada media sosialnya.

Melalui Twitternya, Ozil mengunggah gambar seorang tentara yang mendapatkan kartu merah dari anak yang mengenakan jersey Ozil. Pemain yang dikenal vokal pada beberapa isu sosial itu dengan jelas meminta perang dihentikan.

Oleksandr Zinchenko Ikut Aksi

Pemain Manchester City, Oleksandr Zinchenko, turun ke jalan untuk menolak perang Rusia versus Ukraina. Sang pemain ingin Rusia menyetop serangan yang dilakukan ke negaranya.

Oleksandr Zinchenko merupakan pemain yang berasal dari Ukraina. Ia juga menjadi langganan tim nasional Zhovto-Blakytni.

Menurut laporan yang beredar di Inggris, Zinchenko hadir di lapangan St Peter's Square untuk memprotes invasi Rusia ke Ukraina.

Schalke 04 Rombak Jersey

Klub asal Jerman, Schalke 04, memberikan dukungan kepada Ukraina yang sedang diserbu tentara Rusia. Schalke memastikan akan mencopot nama perusahaan gas asal Rusia, Gazprom, yang melekat di jersey.

"Mengingat peristiwa, perkembangan, dan eskalasi beberapa hari terakhir, FC Schalke 04 memutuskan menghapus logo sponsor utama, Gazprom dari jersey tim," tulis pernyataan Schalke.

Tindakan tersebut terbilang berani. Sebab, Gazprom sudah menjadi sponsor klub sejak 2007.

Ruslan Malinovskyi Trivia Sepak Bola FC Schalke Barcelona Napoli Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.359

Bagikan