BolaSkor.com - Pagelaran SEA Games 2019 telah berakhir. Kontingen Indonesia membawa pulang 267 medali dari SEA Games 2019. Koleksi tersebut terdiri dari 72 medali emas, 82 perak, dan 111 perunggu.

Berkat pencapaian tersebut, Indonesia menempati posisi empat. Sementara di posisi pertama dipegang oleh sang tuan rumah, Filipina.

Dari sekian banyak penerima medali emas atlet Tanah Air, banyak yang berstatus atlet wanita. Lebih dari itu, beberapa orang bahkan meraih lebih dari satu emas.

Berkaitan dengan atlet wanita, berikut ini BolaSkor.com telah merangkum sejumlah atlet cantik yang berhasil mendapatkan medali emas pada SEA Games 2019.

Baca Juga:

Hari Ini, Atlet Peraih Medali SEA Games 2019 Terima Buku Tabungan Berisi Bonus

Setelah 264 Jam, Obor SEA Games 2019 di Filipina Resmi Dipadamkan

Emilia Nova
Emilia Nova (Istimewa)

1. Emilia Nova (Atletik)

Emilia Nova berhasil merebut medali emas dari nomor lari 100 meter Gawang Putri, dalam perlombaan di New Clark Athletics Stadium, Filipina, pada Senin, 9 Desember 2019.

Meskipun sempat terbelit cedera dan harus istirahat dua bulan selama masa persiapan jelang SEA Games 2019, Emilia tetap mampu membuktikan keunggulannya di nomor 100 meter Gawang Putri.

2. Medina Aulia (Catur)

Nomor catur cepat merupakan salah satu nomor bergengsi di cabang olahraga catur, tak terkecuali pada ajang SEA Games 2019. Menariknya Indonesia berhasil sapu bersih medali emas dari nomor catur cepat.

Medina Aulia
Medina Aulia (Istimewa)

Jika emas catur cepat putra jadi milik Susanto Megaranto, di bagian putri, prestasi terbaik direngkuh Medina Warda Aulia. Dari otak cemerlangnya yang berhasil membaca langkah pecatur Thailand, WFM Sarocha Chuemsakul, ia pun membawa pulang emas.

3. Krisda Aprillia (Karate)

Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan gadis cantik asal Makassar. Ya, Krisda Aprilia sukses menyumbang satu medali emas dari cabor bela diri karate pada nomor Women's Individual Kata.

Krisda Aprilia
Krisda Aprilia (Istimewa)

Pada saat di final, Krisda berhasil mengalahkan Nguyen Thi Phuong dari Vietnam, sehingga sang lawan harus puas mendapatkan perak. Sementara untuk medali perunggu didapat oleh wakil Filipina, Sarah Panglinan dan Monsicha Tararattanakul asal Thailand.

4. Aldila Sutjiadi (Tenis)

Aldila Sutjiadi merupakan salah satu atlet wanita yang meraih dua medali emas dari SEA Games 2019. Emas pertama diraihnya pada nomor bergengsi, tunggal putri. Sementara emas kedua didapat dari sektor ganda campuran.

Aldila
Aldila Sutjiadi (Istimewa)

Layaknya saat meraih emas ganda campuran Asian Games 2018, di SEA Games 2019, ia kembali berpasangan dengan Christopher Rungkat. Duo Aldila/Christo mengalahkan pasangan senior asal Thailand.

5. Aldila Indryati (Boling)

Total raihan medali timnas boling Indonesia di SEA Games 2019 adalah empat medali emas, dua medali perak, dan satu perunggu. Alhasil boling berstatus salah satu cabor yang sukses melampaui target yang dibebankan pemerintah.

Aldila Indryati
Aldila Indryati (Istimewa)

Salah satu emas boling dipersembahkan atlet wanita, Aldila Indryati. Dia jadi terbaik pada nomor ganda campuran bersama peboling senior Indonesia, Ryan Lalisang.

6. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)

Atlet senam putri, Rifda Irfanaluthfi menyumbangkan medali emas ke-12 bagi Indonesia pada perhelatan SEA Games 2019. Rifda memperlihatkan penampilan terbaik di nomor vault atau meja lompat senam artistik.

Rifda
Rifda Irfanaluthfi (Istimewa)

Sayangnya Rifda harus merelakan medali emas nomor senam lantai yang jatuh ke tangan sang rival asal Malaysia, Farah Ann Abdul Hadi.

7. Vidya Rafika Toyyib (Menembak)

Vidya Rafika layak ditahbiskan sebagai salah satu atlet Indonesia dengan performa terbaik selama SEA Games 2019. Bagaimana tidak, turun di cabor menembak, ia menyumbang dua medali emas untuk Indonesia.

Vidya
Vidya Rafika (Istimewa)

Emas pertama diperoleh Vidya Rafika di nomor 10 M Air Rifle Women, sementara emas kedua berhasil diperolehnya dalam kategori 10 M Air Rifle Mix berpasangan dengan Fatur Gustafian.* (Alexander Matthew)