BolaSkor.com - Sudah ada 7 Calon Ketua Umum (Ketum) PSSI mundur dari Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11).

Mereka adalah Aven Hinelo, Benhard Limbong, Benny Erwin, Fary Djemi Francis, Sarman El Hakim, Vijaya Fitaryasa, dan Yesayas Oktavianus. Sebelum ketujuh Calon Ketum PSSI tersebut mundur, La Nyalla Mattalitti juga menarik diri dari pencalonan sudah jauh-jauh hari.

Artinya, tinggal tiga nama Calon Ketum PSSI tersisa, yakni Arif Wicaksono, Rahim Soekasah, dan Komjen Pol Mochamad Iriawan.

Benny Erwin menjelaskan, mereka mundur karena PSSI dinilai tertutup dan tidak transparansi dalam menyelenggarakan KLB. Ia menyebut PSSI melanggar statuta, karena seharusnya 30 hari sebelum kongres harus ada electoral count kepada voters dan kandidat. Namun, menurutnya, mereka tidak terima itu.

"Sesuai deklarasi kemarin, kami buat surat untuk diberikan ke FIFA dan AFC bahwa acara ini tak sesuai statuta. Rundown tidak seperti biasa. Hanya itu saja. Tapi kan seolah-olah suasana dibikin seperti ribut," kata Benny Erwin di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11).

Baca Juga:

6 Menyusul Benhard Limbong Mundur, Calon Ketua Umum PSSI Tinggal Tiga Orang

KLB PSSI, Bali United Berharap Pembinaan Usia Muda

"Kami maju ke depan, saling dorong sama security. Yesayas sempat mau pukul-pukulan, saya lihat, tapi saya pisahkan. Di sini kan demokrasi. Posisi kita serba salah.
Perwakilan Pak Fary mau bicara ke FIFA dan AFC, tapi tidak bisa, dijaga dan diusir security."

"Exco juga ada yang keluar. Percuma mau aklamasi atau tidak, tetap akan aklamasi. Lelah juga. Mubazir percuma kami maju, apapun juga, enam bulan persiapan," tambahnya.

Ia menambahkan, pihaknya menduga ada satu Calon Ketum PSSI yang bakal dimenangkan. "Kalau saya lihat sih memang seperti diatur semuanya. Mungkin ada salah satu caketum," katanya.

Kini, tinggal tiga nama Calon Ketum PSSI tersisa, yakni Arif Wicaksono, Rahim Soekasah, dan Komjen Pol Mochamad Iriawan. Selain tiga Calon Ketua Umum, lalu ada 15 calon Waketum PSSI dan 71 Exco. Mereka akan dipilih oleh 86 voters PSSI, yang terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 1 Asosiasi Futsal (FFI), dan 1 Asosiasi Sepak Bola Wanita.

Reporter: Hadi Febriansyah