BolaSkor.com - Belanda dan Senegal memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kepastian ini didapat usai melakoni pertandingan terakhir Grup A.

Belanda menang atas tuan rumah Qatar 2-0 di Al Bayt Stadium, Selasa (29/11) malam WIB. Dua gol kemenangan Oranje dilesakkan Cody Gakpo (26') dan Frenkie De Jong (49').

Sementara itu, pada pertandingan lainnya, Senegal mengalahkan Ekuador 2-1 di Khalifa International Stadium, Selasa (29/11) malam WIB. Dua gol Senegal dicetak Ismaïla Sarr (44' penalti) dan Kalidou Koulibaly (70'), sedangkan gol Ekuador dilesakkan Moises Caicedo (67').

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Akhir Grup A Piala Dunia 2022: Belanda Tertinggi, Senegal Mendampingi

Bintang Laga Portugal Vs Uruguay: Sinar Terang Bruno Fernandes

Federasi Portugal Siap Buktikan Gol Pertama Lawan Uruguay Milik Cristiano Ronaldo

Belanda
Belanda lolos sebagai juara Grup A. (Twitter FIFA)

Hasil ini membuat Belanda memuncaki Grup A dengan 7 poin dari 3 laga. Senegal menjadi runner up dengan 6 poin dari 3 laga. Ekuador (3 poin) menyusul Qatar (0 poin) angkat koper.

Belanda menunggu lawan dari runner-up Grup B di babak 16 besar. Sedangkan Senegal akan berhadapan dengan juara Grup B.

Keberhasilan Belanda dan Senegal ke babak 16 besar melahirkan fakta menarik. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang disusun BolaSkor.com dari berbagai sumber:

1. Belanda untuk kesembilan kalinya lolos dari penyisihan grup Piala Dunia. Bahkan terakhir kali langkah Oranje sampai semifinal (2014).

2. Belanda tak pernah kalah dalam 17 laga penyisihan grup Piala Dunia. Rinciannya 13 menang dan 4 imbang.

3. Senegal untuk pertama kalinya sejak 2002 lolos ke babak 16 besar Piala Dunia.

4. Senegal wakil pertama Afrika di Piala Dunia 2022 yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia.

5. Aliou Cissé jadi orang pertama Senegal yang membawa negaranya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia sebagai pemain (2002) dan pelatih (2022).

6. Cody Gakpo jadi pemain kedua yang mencetak gol di tiga laga grup Piala Dunia setelah Alessandro Altobelli dari Italia (1986).

7. Cody Gakpo menyamai perolehan legenda Belanda Johan Cruyff mencetak tiga gol di Piala Dunia.