BolaSkor.com - UEFA selaku Federasi Sepak Bola Eropa telah mengundi perempat final dan semifinal Liga Champions 2019-20. Dua laga sudah mempertemukan RB Leipzig kontra Atletico Madrid dan Atalanta melawan PSG (Paris Saint-Germain), sementara laga lainnya masih menanti pemenang dari 16 besar.

Pandemi virus corona menunda liga-liga dan kompetisi di Eropa selama dua bulan lebih. Alhasil beberapa laga di leg dua 16 besar Liga Champions tertunda sperti Juventus kontra Olympique Lyonnais, Manchester City melawan Real Madrid, Barcelona vs Napoli, dan Bayern Munchen kontra Chelsea.

Juventus tertinggal agregat gol 0-1 dari leg pertama, begitu juga Madrid yang kalah 1-2 dari Man City, serta Bayern yang unggul 3-0 kontra Chelsea dan Barcelona serta Napoli yang punya skor sama kuat 1-1.

Baca Juga:

Hasil Undian Perempat Final dan Semifinal Liga Champions 2019-20: Atalanta Uji Ambisi PSG

Serba-serbi Undian Perempat Final & Semifinal Liga Champions dan Liga Europa

5 Pemain yang Sempat Mendapatkan Label Titisan Cristiano Ronaldo dan Nasibnya Kini

Undian delapan besar Liga Champions 2019-20

Perempat final Liga Champions akan dilangsungkan kembali pada Agustus 2020 dan berakhir di final pada tanggal 23 Agustus 2020 di Estadio Da Luz, Lisbon, Portugal. Juara bertahan, Liverpool telah tersingkir prematur di 16 besar oleh Atletico Madrid.

Hasil undian perempat final itu bisa dilihat dari penjabaran di bawah ini:

1. Pemenang laga Manchester City vs Real Madrid melawan pemenang laga Juventus vs Olympique Lyonnais

2. RB Leipzig vs Atletico Madrid

3. Pemenang laga Barcelona vs Napoli melawan pemenang laga Bayern Munchen vs Chelsea

4. Atalanta vs Paris Saint-Germain

Menilik hasil undian tersebut BolaSkor.com menjabarkan tujuh fakta menarik yang dirangkum dari berbagai sumber. Berikut penjelasannya:

1. Dua pertandingan RB Leipzig vs Atletico Madrid dan Atalanta vs PSG menjadi laga baru bagi keempat tim itu. Pasalnya mereka belum pernah bertemu sebelumnya.

2. PSG punya catatan buruk melawan tim asal Italia. Dalam delapan pertemuan terakhir PSG tak pernah menang dengan catatan: enam hasil imbang dan dua kekalahan.

3. Potensi pertemuan Cristiano Ronaldo dengan mantan klubnya, Real Madrid. Ronaldo pergi dari Madrid pada 2018 silam. Madrid dan Juventus sudah bertemu 21 kali di kompetisi Eropa - dua kali di final yang dimenangi Madrid dengan skor 1-0 (1998) dan 4-1 (2017).

4. Atletico terakhir kali menang melawan tim dari Jerman pada fase perempat final terjadi pada Piala UEFA 1979-80 kontra Dynamo Dresden.

5. Ada potensi Bayern jumpa Barcelona di perempat final. Tiap kali kedua tim bertemu di fase gugur maka pemenangnya selalu jadi juara. Contohnya bisa dilihat pada musim 2008-09, 2012-13, dan 2014-15. Barca dua kali juara pada 2009 dan 2015, sementara Bayern pada 2013.

6. Jika Lyon bertemu dengan Man City di perempat final maka mereka punya catatan bagus. Musim lalu Lyon mampu meraih empat poin kala berjumpa tim arahan Pep Guardiola di fase grup: satu kali imbang dan satu kali menang.

7. Potensi kuda hitam di final. Entah nantinya laga final akan mempertemukan dua tim kuda hitam atau satu tim kejutan saja, potensi final kejutan itu berpotensi besar terjadi. Leipzig, Atalanta, Napoli, dan Lyon masih punya peluang ke final.

Akan jadi final yang unik apabila Lyon ke final dan berjumpa dengan Leipzig atau Atalanta di final yang berlangsung di Portugal.