BolaSkor.com - Setelah balapan di Prancis, MotoGP 2020 akan kembali ke Spanyol untuk melangsungkan seri selanjutnya. Kali ini, giliran Sirkuit Ciudad del Motor de Aragon, Spanyol, yang menjadi tuan rumah.

Sembilan balapan telah dilangsungkan sepanjang musim 2020. Dari jumlah tersebut, hanya Fabio Quartararo yang mampu tampil konsisten dan memenangi balapan lebih dari sekali.

Akan tetapi, di Aragon Quartararo bakal menghadapi tantangan berat. Sirkuit tersebut terkenal kurang bersahabat dengan Yamaha serta pembalap non Spanyol.

Baca Juga:

Bisa Bangkit di Aragon, Valentino Rossi?

Jungkir Balik Dunia Andrea Iannone

Menilik posisi di klasemen saat ini, Joan Mir merupakan harapan publik Spanyol menjaga hagemoni di MotoGP Aragon. Sayang, Mir belum memenangi satu balapan pun sepanjang musim ini.

Kalau melihat kejayaan Honda di Sirkuit Aragon, bisa jadi Alex Marquez justru meraih kemenangan perdananya di MotoGP. Apalagi, dia baru meraih podium pertama sejak promosi pada balapan di Prancis.

Absennya Marc Marquez membuat jalannya balapan di Sirkuit Aragon menjadi sulit diprediksi. Terlebih, tak ada pembalap yang cukup konsisten di berbagai jenis lintasan.

Terdapat sejumlah fakta menarik terkait balapan di Sirkuit Aragon tersebut. Apa saja? Berikut ini BolaSkor.com merangkum tujuh di antaranya:

  1. Ini akan menjadi balapan ke-11 di Sirkuit Aragon. MotoGP kali pertama digelar pada 2010 dan menjadikannya sirkuit keenam di Spanyol yang menggelar ajang tersebut.
  2. Honda merupakan pabrikan paling sukses di Sirkuit Aragon. Total, mereka tujuh kali meraih kemenangan di sana lewat Casey Stoner (2011), Dani Pedrosa (2012), dan Marc Marquez (2013, 2016 sampai 2019).
  3. Yamah meraih dua kemenangan lewat Jorge Lorenzo di Aragon pada 2014 dan 2015. Sementara itu, Ducati hanya satu kali memenangi balapan di sana pada 2010 berkat Stoner.
  4. Selain ketiga tim tersebut, hanya Suzuki yang pernah meraih podium di MotoGP Aragon. Prestasi itu ditorehkan Andrea Iannone saat menempati posisi ketiga musim 2018.
  5. Di MotoGP, hanya satu pembalap non Spanyol yang memenangi balapan di Aragon. Pembalap tersebut adalah Stoner pada 2010.
  6. Hanya ada dua pembalap yang memenangi MotoGP Aragon setelah memulai dari pole position, yaitu Stoner (2010 dan 2011) serta Marquez (2013, 2016, 2019).
  7. Sirkuit Aragon merupakan satu dari lima sirkuit yang tak pernah dimenangi Valentino Rossi di MotoGP. Empat lainnya adalah Austin, Red Bull Ring, Buriram, dan Istanbul.