7 Fakta Menarik Portugal ke Perempat Final Usai Bantai Swiss 6-1

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 07 Desember 2022
7 Fakta Menarik Portugal ke Perempat Final Usai Bantai Swiss 6-1
Goncalo Ramos merayakan golnya ke gawang Swiss. (Twitter FIFA)

BolaSkor.com - Portugal melaju mulus ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Kepastian ini didapat usai Portugal menang 6-1 atas Swiss, pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Rabu (7/12) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, pelatih Fernando Santos mencadangkan Cristiano Ronaldo. Namun keputusannya berbuah manis.

Sang pengganti, Goncalo Ramos mencetak hat-trick (17', 51', dan 67'). Tiga gol Seleccao lainnya dicetak Pepe (33'), Raphael Guerreiro (55'), dan Rafael Leao (90+2).

Baca Juga:

8 Fakta Menarik Maroko ke Perempat Final Usai Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti

Bintang Laga Portugal Vs Swiss: Goncalo Ramos Jadi Idola Baru

Portugal 6-1 Swiss: Gantikan Peran Cristiano Ronaldo, Goncalo Ramos Jawab dengan Hat-trick

Portugal
Goncalo Ramos merayakan golnya ke gawang Swiss. (Twitter FIFA)

Hasil ini membuat Portugal berjumpa Maroko yang meyingkirkan Spanyol. Laga perempat final ini berlangsung di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12) malam WIB.

Keberhasilan Portugal ke perempat final melahirkan sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang disusun BolaSkor.com dari berbagai sumber:

1. Portugal untuk pertama kalinya melaju ke babak perempat final sejak 2006. Saat itu, Portugal melaju hingga semifinal sebelum dikalahkan Prancis.

2. Goncalo Ramos adalah pemain pertama yang mencetak hat-trick di Piala Dunia pertamanya, sejak Miroslav Klose untuk Jerman pada 2002.

3. Goncalo Ramos mencetak lebih banyak gol untuk Portugal di babak sistem gugur Piala Dunia setelah 17 menit (1), daripada Cristiano Ronaldo dalam 514 menit bermain di babak sistem gugur kompetisi (0).

4. Hat-trick Goncalo Ramos menjadi hat-trick pertama Piala Dunia sejak 128 laga dalam rentang 32 tahun. Penyerang Cekoslowakia Tomas Skuhravy merupakan pemain terakhir yang mencetak hat-trick di fase hidup-mati.

Skuhravy mencetak tiga gol saat negaranya mengalahkan Kosta Rika 4-1 pada laga babak 16 besar Piala Dunia 1990 yang dihelat di Italia.

5. Bek Portugal Pepe menjadi pemain tertua yang mencetak gol dalam pertandingan babak sistem gugur di Piala Dunia (39 tahun 283 hari).

6. Bruno Fernandes terlibat langsung dalam 5 gol dalam 3 pertandingan Portugal di Piala Dunia 2022 (dua gol dan tiga assist). Terbanyak dari pemain Portugal lainnya dalam satu edisi turnamen sejak 1966 (10 Eusebio dan 6 Jose Torres)

7. Cristiano Ronaldo tidak menjadi starter untuk Portugal di turnamen besar untuk pertama kalinya sejak 2008 (juga melawan Swiss), mengakhiri rekor 31 pertandingan beruntun.

Trivia Sepak Bola Portugal Timnas Portugal Swiss Timnas Swiss Piala dunia 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.976

Bagikan